05 December 2022
4 menit baca

Potensi Industri FnB di Indonesia!

4 menit baca

 

Industri food and beverages merupakan salah satu industri penting di tanah air, industri ini juga selalu melakukan inovasi dari waktu ke waktu untuk beradaptasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sebenarnya, apapun yang berkaitan dengan pembuatan bahan makanan, pengemasan, cara pendistribusian, dan cara penyajian makanan minuman hingga sampai ke tangan konsumen, merupakan usaha di industri food and beverages. Restoran, kafetaria, kafe, kedai, makanan cepat saji, pub, toko makanan, catering merupakan beberapa contoh bidang usaha di Industri ini. 

 

Tantangan Industri FnB

Pada 2020 lalu, Industri F&B merupakan industri yang paling terdampak akibat pandemi virus corona atau Covid-19 yang di tanah air. Merangkum dari portal berita bisnis.com, industri FnB di 13 kota di Indonesia mengalami penurunan pendapatan harian yang signifikan. Hal tersebut membuat banyak pelaku usaha di industri memutar otak, menerapkan strategi baru, dan pivot bisnis bila diperlukan demi bertahan. 

 

Kini, banyak bidang usaha sudah beradaptasi dan menyesuaikan strategi setelah adanya pandemi Covid-19, ditambah keadaan pandemi mulai mereda juga. Bahkan, walaupun ada desas-desus resesi di 2023, industri FnB Indonesia disebut oleh pakar bisnis sebagai salah satu industri yang mampu bertahan. 

 

Potensi Bisnis FnB

Food and beverage adalah salah satu industri yang mulai berkembang sejak lama. Ada alasan kenapa bisnis F&B akan terus bertahan, bahkan memiliki perkembangan seiring dengan berkembangnya zaman. 

 

Berkaitan dengan Kebutuhan Dasar Manusia

Makanan dan minuman pada dasarnya sudah jadi kebutuhan dasar bagi manusia untuk bertahan hidup. Alasan inilah yang menjadikan makanan dan minuman sulit  terlewatkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. 

 

Selain kebutuhan akan makanan dan minuman, manusia juga butuh sosialisasi serta berinteraksi dengan keluarga, rekan-rekan, maupun relasi. Nah, Bisnis yang bergerak di sektor F&B seperti restoran dan cafe menjadi pilihan untuk menjadi tempat yang tepat untuk berkumpul. Bahkan, saat ini banyak digunakan untuk tempat rapat, mengerjakan tugas, hingga bekerja.

 

Beradaptasi dengan Perubahan Tren

Industri F&B bisa dikatakan mampu beradaptasi dengan perubahan tren yang terjadi. Contoh nyatanya ketika di masa pandemi lalu, di mana ada pembatasan kegiatan berkumpul masyarakat demi mengutamakan kesehatan. Banyak pelaku usaha di industri FnB menyiasatinya dengan cara delivery atau menggunakan order secara online. 

 

Terhubung dengan Industri Lain

Industri F&B tentu memiliki koneksi dengan beragam industri lain. Contohnya saja dari sektor pariwisata, pasti membutuhkan tempat untuk makan. Lalu ada sektor infrastruktur, seperti pembangunan jalan tol yang dibarengi pembuatan rest area, sebagian besar usaha yang mengisi rest area yaitu usaha di bidang F&B. Keterkaitan industri F&B dengan industri lain ini lah yang menjadi salah satu alasan bisnis F&B akan terus meningkat.

 

Bisnis FnB di Bizhare

Dalam rangka memeriahkan Pasar Sekunder Bizhare yang dimulai tanggal 05-16 Desember, Bizhare ingin menginformasikan bisnis FnB yang sahamnya bisa Anda miliki di periode Pasar Sekunder kali ini. 

 

Djakarta Cafe Sarinah

Berada di pusat kota Jakarta yang penuh kesibukan dan keramaian, menjadi daya tarik tersendiri bagi investor Djakarta Cafe Sarinah. Terlebih, cafe ini menyediakan berbagai macam menu mulai dari makanan Indonesia hingga western, sehingga Djakarta Cafe cocok untuk dijadikan tempat meeting, arisan, dinner, maupun nongkrong bersama teman-teman tercinta.

 

Kopi Oey Purwokerto

Kopi Oey merupakan bisnis yang didirikan oleh Almarhum Bapak Bondan Maknyus dengan konsep untuk melestarikan kuliner nusantara. Menu yang paling populer adalah singkong sambel roa dan juga menu kuliner nusantara lainnya yang menggugah selera. 

 

Lamak Coffee Holding

Mengusung konsep Coffee Shop yang ramah di kantong untuk masyarakat Padang, Outlet Lamak Coffee ini merupakan Holding Investment. Saat ini Lamak Coffee sudah ada 4 outlet existing. Sebagian besar outlet Lamak Coffee ini berada dekat dengan kampus, di mana target pasarnya adalah mahasiswa dan masyarakat sekitar. Target pasar tersebut sangat cocok dengan konsep kehadiran bisnis ini yang menyediakan berbagai varian minuman dan cemilan yang “ramah” di  kantong.

 

Sour Sally Green Sedayu Mall

Sour Sally merupakan salah satu brand yang memperkenalkan yoghurt rendah lemak, jadi sangat disukai masyarakat Indonesia yang memang concern untuk jaga kesehatan tanpa takut kehilangan cita rasa dan kelezatan yoghurt. Outlet Sour Sally ini berada di Green Sedayu Mall, tepatnya di Jalan Taman Palem Lestari no 1.  Mall ini terintegrasi dengan hotel dan Apartemen Green Sedayu Mall Jakarta Barat. 

 

Penyetan Cok Plaza Festival Kuningan

Penyetan Cok Plaza Festival Mall Kuningan berada di Jalan H. R. Rasuna Said yang merupakan lokasi yang sangat strategis karena berada di kawasan “elit” Rasuna Said Kuningan. Penyetan merupakan makanan yang iconic di Indonesia, hampir di seluruh Indonesia mengenal makanan ini dan dapat dijumpai dimanapun Anda berada.

 

Lets Toast Holding

Bisnis FnB ini merupakan bisnis yang menyajikan olahan roti seperti Egg Sandwich dengan berbagai menu isian, dinaungi oleh PT Roti Indonesia Satu sebagai penerbit. Buat Anda yang belum tahu, Let’s Toast kini telah memiliki total 21 outlet di Jakarta yang berlokasi sangat strategis dekat dengan lingkungan perkantoran, kampus, apartemen, dan urban area.

 

Kopi Oey Pekanbaru

Outlet ini berlokasi di Pekanbaru Riau tepatnya berada di Jalan Soekarno Hatta no 679, sangat strategis karena berada di jalur perdagangan internasional Selat Malaka dan berada di segitiga pertumbuhan ekonomi tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Kopi Oey ini berada di bawah naungan PT Medan Berkah Sesami suatu perseroan terbatas yang ruang lingkup kegiatan usahanya adalah Aktivitas Makanan dan Minuman.

 

Bagaimana? Anda tertarik untuk memiliki salah satu bisnis FnB di atas? Well, bisnis F&B merupakan salah satu bisnis dengan potensi yang sangat menjanjikan. Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis FnB, bisa berinvestasi ke bisnis yang ada di Bizhare ya, apalagi saat ini sedang ada Pasar Sekunder. Ini saat yang tepat bagi Anda untuk menjemput bisnis impian!

627 Reads
Author: Whisnu Kristianto
43 Suka