28 February 2023
3 menit baca

Mengenal Sistem Investasi Urun Dana, Bantu UMKM Seluruh Indonesia

3 menit baca

 

Pernah mendengar layanan urun dana? Skema investasi ini sedang berkembang pesat di Indonesia dan banyak digunakan untuk pendanaan pada bisnis modal kecil, mulai dari startup hingga UMKM. Lalu, apa yang membedakannya dengan pinjaman online? Kemudian bagaimana cara memilih platform investasi urun dana yang tepat? Berikut ulasan selengkapnya!

 

Apa Itu Investasi Urun Dana?

 

Urun dana adalah suatu skema investasi di mana investor memberikan pendanaan pada bisnis modal kecil, seperti UMKM dan startup. Layanan ini juga dikenal dengan nama equity crowdfunding atau securities crowdfunding.

 

Sebenarnya, skema urun dana bukanlah hal baru di dunia ekonomi. Berawal dari abad ke-18, muncul sebuah skema pendanaan publik di Eropa bernama crowdsourcing.  Nah, skema ini mulai merambah ke ranah internet mulai tahun 2000-an.

 

Puncaknya, urun dana untuk kebutuhan investasi mulai hadir di tahun 2010. Tujuannya mencocokkan startup kepada calon investor sebagai modal ventura dan pendanaan tahap awal. 

 

Tenang saja, skema urun dana sudah secara diatur secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, sehingga terjamin legalitas dan keamanannya. 

 

Jenis-Jenis Urun Dana

 

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa investasi urun dana melibatkan berbagai pihak untuk menyumbang uang. Dalam penerapannya, sistem urun dana memiliki berbagai jenis. Berikut daftarnya.

 

1. Urun Dana Pinjaman

Urun dana berbasis pinjaman atau social lending dijalankan dengan mengumpulkan sejumlah dana lewat suatu platform digital untuk tujuan sosial. Skema ini sangat erat kaitannya dengan peer-to-peer lending, yakni pengumpulan dana yang bentuknya adalah pinjaman. 

 

2. Urun Dana Donasi

Urun dana berbasis donasi atau donation crowdfunding adalah bentuk galang dana di mana sang donatur memberi sejumlah uang tanpa imbalan apapun. Skema ini biasanya dilangsungkan oleh organisasi non-profit, organisasi sosial, tim bantuan bencana, atau juga tim kampanye politik.

 

3. Urun Dana Ekuitas

Equity crowdfunding atau urun dana berbasis ekuitas memiliki konsep yang mirip dengan saham, di mana terdapat bagian kepemilikan atas perusahaan dan imbalan berbentuk dividen.

 

4. Urun Dana Hadiah

Dalam urun dana berbasis hadiah atau reward crowdfunding, investor pada suatu proyek mengharapkan imbalan non-finansial sebagai gantinya, seperti jasa atau barang. Biasanya, jenis urun dana ini menawarkan produk baru bagi investor di awal.

 

Perbedaan Urun Dana dengan Pinjaman Online

 

Sekilas, investasi urun dana dan pinjaman online memiliki skema pendanaan yang sama, yakni melalui pinjaman. Namun, terdapat perbedaan yang krusial di antara keduanya, yakni mekanisme pendanaan yang dijalankan. 

 

Dalam kasus pinjaman online, pihak peminjam akan melibatkan perusahaan finansial teknologi sebagai penyelenggara, kemudian dari sana, debitur dan kreditur dihubungkan untuk melakukan peminjaman. 

 

Hal berbeda akan ditemukan pada skema urun dana, di mana pihak-pihak yang bertemu adalah bisnis penerbit yang menerbitkan saham, penyelenggara yang mengantongi izin OJK, dan investor itu sendiri.

 

Cara Memilih Platform Investasi Layanan Urun Dana Terbaik

 

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memilih layanan urun dana adalah mengecek legalitas dari platform penyelenggara. Perhatikan statusnya, apakah platform tersebut memiliki legalitas yang lengkap dan sudah berizin OJK kah? Dari sana, Anda baru bisa memulai investasi bisnis dengan aman dan nyaman.

 

Setelah itu, Anda harus melihat rekam jejak dari platform tersebut, apakah portofolionya sudah baik? Cek juga berapa banyak bisnis yang sudah berhasil mereka terbitkan sejak awal berdiri. Makin banyak bisnis yang berhasil funded, platform tersebut akan makin terpercaya dan punya reputasi bagus.

 

Salah satu platform investasi urun dana terbaik yang bisa Anda coba adalah Bizhare. Berdiri sejak tahun 2018, Bizhare berkomitmen untuk menjadi platform securities crowdfunding terkemuka di Indonesia. 

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis UMKM pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini

2229 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
468 Suka