17 May 2023
6 menit baca

9 Bisnis Franchise Murah dengan Sistem Crowdfunding

6 menit baca

 

Bisnis waralaba atau franchise adalah model bisnis yang telah terbukti berhasil di berbagai sektor industri. Namun, modal yang diperlukan untuk memulai bisnis waralaba terkadang menjadi kendala bagi banyak orang. Untungnya, dengan adanya sistem crowdfunding, kini semakin banyak peluang bagi individu untuk memiliki bisnis waralaba tanpa harus mengeluarkan modal besar. 

 

Rekomendasi Bisnis Franchise Murah dan Terlaris

 

Di bawah ini, ada beberapa bisnis franchise yang laris dan murah meriah dengan menggunakan skema crowdfunding atau urun dana. Berikut daftar selengkapnya!

 

  1. Sour Sally

Sour Sally adalah franchise minuman black yoghurt yang telah terbukti sukses dan populer di Indonesia. Kelebihan dari franchise ini adalah produk yang sehat dan lezat dengan beragam varian rasa yang menarik. 

 

Selain itu, Sour Sally juga memiliki branding yang kuat dan strategi pemasaran yang efektif. Pendirian satu gerai sendiri dibanderol dengan harga Rp230 juta dan Rp75 juta untuk franchise fee selama 5 tahun. 

 

Beruntungnya, Anda bisa memiliki franchise Sour Sally mulai dari Rp1 juta saja melalui Bizhare. Ketahui info ketersediaan bisnisnya pada button di bawah ini.

 

Cek Detail Bisnis

 

  1. Alfamart

Alfamart adalah salah satu jaringan minimarket terbesar di Indonesia. Kelebihan dari franchise Alfamart adalah brand yang sudah terkenal dan memiliki sistem operasional yang teruji. 

 

Dengan membuka franchise Alfamart, Anda akan mendapatkan dukungan penuh dalam hal manajemen stok, promosi, dan pengelolaan keuangan. Meskipun begitu, harus diakui biaya pendiriannya cukup besar, yakni Rp300-800 juta tergantung paket yang Anda pilih.

 

Beruntungnya, Anda bisa memiliki franchise Alfamart mulai dari Rp1 juta saja melalui Bizhare. Ketahui info ketersediaan bisnisnya pada button di bawah ini. 

 

Cek Detail Bisnis

  1. Alfamidi

Selain Alfamart, Alfamidi juga merupakan salah satu jaringan minimarket yang populer di Indonesia. Kelebihan dari franchise Alfamidi adalah konsep toko yang lebih kecil dan lebih fleksibel dalam penempatan lokasi. 

 

Selain itu, Alfamidi juga menawarkan produk-produk kebutuhan sehari-hari dengan harga yang kompetitif. Hanya saja, untuk membuka franchise Alfamidi, biaya termurah yang harus dikeluarkan adalah Rp750 juta.

 

Tenang, jangan berkecil hati. Di Bizhare, Anda bisa memiliki franchise Alfamidi mulai dari Rp1 juta saja tanpa perlu membayar biaya tambahan lainnya, loh. Ketahui info ketersediaan bisnisnya pada button di bawah ini.  

 

Cek Detail Bisnis

 

  1. BAM Cargo

Jika Anda tertarik dalam bisnis logistik dan pengiriman barang, franchise ekspedisi BAM Cargo dapat menjadi pilihan yang menarik. Kelebihan dari franchise ini adalah dukungan sistem manajemen logistik yang handal, jaringan distribusi yang luas, dan layanan pengiriman yang cepat dan aman.

 

BAM Cargo menetapkan sistematika mitra kerja yang ketat. Secara garis besar, seluruh biaya operasional dan pendirian cabang ditanggung oleh mitra. Mitra hanya perlu membayar biaya registrasi mulai dari Rp1,5-3 juta. 

 

Nah, daripada mengeluarkan uang banyak, Anda bisa memilik cabang ekspedisi BAM Cargo mulai dari Rp1 juta saja melalui Bizhare. Ketahui info ketersediaan bisnisnya pada button di bawah ini.

 

Cek Detail Bisnis

 

  1. Foresthree

Franchise Foresthree adalah bisnis coffee shop dan tempat makan yang menawarkan pengalaman unik dalam menikmati kopi dan makanan. Kelebihan dari franchise ini adalah suasana kedai yang nyaman dengan desain yang menarik dan nuansa alam yang menyegarkan.

 

Untuk membuka franchise Foresthree Coffee, manajemen menawarkan paket dengan harga yang berbeda, dari Rp95-125 juta. Perbedaan ini mungkin tergantung konsep dan luas lokasi yang ingin digunakan.

 

Tentu saja, tidak semua orang bisa merogoh kocek sebanyak ini. Namun tenang, Anda bisa memiliki franchise Foresthree mulai dari Rp1 juta saja melalui Bizhare. Ketahui info ketersediaan bisnisnya pada button di bawah ini. 

 

Cek Detail Bisnis

 

  1. Pempek Farina

Jika Anda tertarik dalam bisnis kuliner, franchise Pempek Farina bisa menjadi pilihan yang menarik. Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung sagu. 

 

Kelebihan dari franchise ini adalah produk yang lezat dan unik, dengan berbagai varian pempek dan saus yang menggugah selera. Lokasinya pun kebanyakan berdiri di tempat-tempat strategis yang terjangkau konsumen.

Biaya kemitraan franchise Pempek Farina adalah Rp315 juta, namun Anda bisa memiliki franchise Pempek Farina mulai dari Rp1 juta saja melalui Bizhare. Ketahui info ketersediaan bisnisnya pada button di bawah ini. 

 

Cek Detail Bisnis

 

  1. Bakmi Naga

Bakmi Naga adalah franchise yang menghadirkan hidangan mie yang lezat dan khas. Kelebihan dari franchise ini adalah resep mie yang telah teruji dan populer selama puluhan tahun, serta suasana restoran yang nyaman dan menarik. 

 

Bakmi Naga juga menawarkan menu-varian yang beragam, termasuk mie goreng, mie kuah, dan hidangan lainnya. Tak heran, restoran ini menjadi primadona lintas generasi.

 

Sebagai informasi, franchise Bakmi Naga dibanderol dengan harga Rp250 juta per 5 tahun. Lalu, untuk Bakmi Naga Express seharga Rp200 juta per 5 tahun. Sementara itu, Bakmi Naga Ngebooth punya harga yang relatif lebih murah, yaitu Rp95 juta per 5 tahun. Ketiga kemitraan ini belum termasuk dengan PPN, loh. 

 

Tentu, biaya sebesar ini akan memberatkan para karyawan, mahasiswa, pelajar, ataupun ibu rumah tangga yang hanya memiliki modal minim. Namun tenang saja, Anda bisa memiliki franchise Bakmi Naga mulai dari Rp1 juta saja melalui Bizhare. Ketahui info ketersediaan bisnisnya pada button di bawah ini. 

 

Baca Detail Bisnis

 

  1. Zenbu

Jika Anda tertarik dalam bisnis makanan Jepang, franchise Zenbu bisa menjadi pilihan yang menarik. Zenbu adalah restoran Jepang yang menghadirkan berbagai hidangan seperti sushi, sashimi, ramen, hingga Mozaru. 

 

Kelebihan dari franchise ini adalah kualitas bahan baku yang segar dan autentik, serta pengalaman makan yang berkesan. Hal inilah yang membuat Zenbu selalu ramai dan meraup keuntungan besar per tahunnya.

 

Dilansir beberapa sumber, biaya kemitraan franchise Zenbu Resto adalah Rp500 juta per cabang, di mana biaya royaltinya sebesar 5% dalam jangka waktu bermitra selama 5 tahun. 

 

Disebutkan pula, biaya investasi awal Zenbu Resto adalah Rp2,7 miliar, belum termasuk biaya sewa lokasi serta variable cost bulanan seperti operasional, gaji karyawan, dan pembelian bahan baku. 

 

Beruntungnya, Anda bisa memiliki franchise Zenbu mulai dari Rp1 juta saja melalui Bizhare. Ketahui info ketersediaan bisnisnya pada button di bawah ini. 

 

Cek Detail Bisnis

 

  1. Coffee Toffee

Coffee Toffee adalah franchise kopi yang telah dikenal di Indonesia. Kelebihan dari franchise ini adalah kualitas kopi terbaik yang diambil dari berbagai wilayah di Indonesia, ditambah berbagai pilihan menu kopi yang menggugah selera. 

 

Prospek pasar untuk bisnis kopi selalu menjanjikan, karena minuman kopi merupakan minuman favorit banyak orang dan budaya minum kopi semakin berkembang di Indonesia. 

 

Dengan Rp800 juta, Anda bisa memiliki satu gerai coffee shop. Biaya tersebut sudah termasuk license fee seharga Rp150 juta untuk 5 tahun. Nah, mitra atau franchise yang tertarik berbisnis Coffee Toffee harus menyetor deposit sebesar Rp50 juta.

 

Beruntungnya, Anda bisa memiliki franchise Coffee Toffee mulai dari Rp1 juta saja melalui Bizhare. Ketahui info ketersediaan bisnisnya  pada button di bawah ini. 

 

Cek Detail Bisnis

 

Cara Memiliki Bisnis Franchise dengan Sistem Crowdfunding

 

Jika Anda tertarik memiliki bisnis franchise dengan sistem crowdfunding, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

 

  • Menentukan Jenis Bisnis Franchise yang Diinginkan

Pertama, tentukan jenis bisnis franchise yang sesuai dengan minat, passion, dan potensi pasar. Lakukan riset tentang tren industri, permintaan pasar, dan merek franchise yang populer.

 

  • Mencari Platform Crowdfunding yang Tepat

Selanjutnya, cari platform crowdfunding yang cocok untuk bisnis franchise Anda. Pilihlah platform yang memiliki reputasi baik, memiliki jumlah pengguna yang banyak, dan menyediakan dukungan serta keamanan yang memadai.

 

Salah satu platform terbaik yang bisa Anda coba adalah Bizhare. Berdiri sejak tahun 2018, Bizhare berkomitmen untuk menjadi platform securities crowdfunding terkemuka di Indonesia. 

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

  • Memahami Proses dan Persyaratan dalam Crowdfunding Bisnis Franchise

Pelajari dengan baik proses dan persyaratan yang terkait dengan crowdfunding bisnis franchise. Setiap platform crowdfunding memiliki aturan yang berbeda, termasuk target pendanaan, waktu kampanye, dan pembagian keuntungan dengan pendana. Di Bizhare sendiri, Anda bisa membaca panduannya di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Alur Analisis Terhadap Bisnis yang Mengajukan Pendanaan di Bizhare

 

  • Menyusun Rencana Bisnis yang Menarik

Siapkan rencana bisnis yang komprehensif dan menarik untuk menarik minat investor. Jelaskan potensi keuntungan, strategi pemasaran, dan bagaimana bisnis franchise Anda akan bersaing di pasar.

 

  • Melakukan Kampanye Crowdfunding

Setelah semua persiapan selesai, lakukan kampanye crowdfunding dengan memanfaatkan platform yang Anda pilih. Gunakan media sosial, website, dan saluran komunikasi lainnya untuk mempromosikan kampanye Anda kepada calon investor.

 

Baca Juga: 7 Media Promosi Bisnis Online Paling Efektif Tahun 2023

 

  • Mengelola Bisnis Franchise Setelah Didanai melalui Crowdfunding

Setelah berhasil mengumpulkan dana, mulailah mengelola bisnis franchise Anda dengan baik. Pastikan Anda mematuhi persyaratan kontrak franchise dan terus berinovasi untuk memperluas dan mempertahankan basis pelanggan.

 

Keuntungan Membeli Bisnis Waralaba dengan Sistem Crowdfunding

 

Setelah membaca uraian di atas, pastinya sudah terbesit berbagai keuntungan yang ditawarkan sistem crowdfunding, bukan? Untuk lebih jelasnya, berikut kelebihan yang akan Anda dapatkan saat membeli franchise dengan skema urun dana.

 

  • Keterjangkauan dan Aksesibilitas yang Lebih Tinggi

Dengan adanya sistem crowdfunding, investasi dalam bisnis waralaba menjadi lebih terjangkau bagi individu yang tidak memiliki modal besar. Sebagai investor kecil, Anda dapat bergabung dengan investasi kolektif dan memperoleh manfaat dari bisnis waralaba yang telah teruji.

 

  • Risiko Keuangan yang Lebih Rendah

Dalam bisnis waralaba, risiko keuangan seringkali menjadi hambatan bagi calon franchisee. Namun, dengan membeli bisnis waralaba melalui crowdfunding, risiko keuangan dapat dikurangi. Anda dapat berbagi beban modal dengan investor lain, sehingga risiko yang ditanggung lebih terukur.

 

  • Dukungan dan Keahlian Bersama

Melalui sistem crowdfunding, Anda tidak hanya menjadi pemilik bisnis waralaba, tetapi juga mendapatkan dukungan dan keahlian dari para investor lainnya. Anda dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya dengan komunitas investor yang memiliki minat yang sama. Ini memberikan Anda akses ke jaringan dan dukungan yang lebih luas dalam menjalankan bisnis waralaba.

 

  • Peluang bagi Investor Kecil

Sistem crowdfunding membuka peluang bagi investor kecil untuk berpartisipasi dalam bisnis waralaba yang sebelumnya hanya dapat diakses oleh investor besar. Ini memberikan kesempatan yang lebih adil bagi individu yang ingin terlibat dalam industri waralaba.

 

Baca Juga: Mengenal Sistem Investasi Urun Dana, Bantu UMKM Seluruh Indonesia

 

Melalui sistem crowdfunding, memiliki bisnis waralaba kini menjadi lebih terjangkau dan dapat diakses oleh individu dengan modal terbatas. 

 

Keuntungan dari membeli bisnis waralaba melalui crowdfunding termasuk keterjangkauan yang lebih tinggi, risiko keuangan yang lebih rendah, dukungan dan keahlian bersama, serta peluang menarik bagi investor kecil seperti mahasiswa dan ibu rumah tangga. 

2009 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
245 Suka