05 September 2023
3 menit baca

7 Media Promosi Bisnis Online Paling Efektif Tahun 2023

3 menit baca

 

Ingin memperluas jangkauan bisnis dan menarik pelanggan baru? Gunakan media promosi bisnis online! Apalagi, di era digital ini, media online memiliki potensi besar dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan lebih tepat sasaran. Berikut jenis-jenis media yang bisa digunakan secara masif.

 

  1. TikTok Ads

 

Nama TikTok semakin melambung dengan jumlah pengguna yang bertambah di dunia. Itu sebabnya, semakin banyak yang menggunakan platform ini sebagai media promosi online. Dalam TikTok Ads terdapat berbagai macam jenis iklan, seperti in-feed ads, brand takeover, hashtag challenge, dan masih banyak lagi.

 

Hanya saja dalam beriklan di TikTok, Anda harus menyiapkan budget minimum sebesar Rp200.000 per harinya. Biaya ini disebut sebagai Ad Group Budget Optimization (ABO), dan TikTok sendiri tidak akan menerima kurang dari budget tersebut.

 

  1. Facebook Ads

 

Indonesia memiliki jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia. Hal ini membuat Facebook Ads menjadi media promosi online yang paling efektif untuk pemasaran produk bisnis.

 

Di sini, Anda bisa menentukan target iklan dengan spesifik. Menariknya, iklan yang dipasang di Facebook juga bisa muncul di website lain yang bekerja sama dengan platform ini.

 

Untuk biayanya sendiri, Facebook Ads mematok fee yang cukup murah, yakni mulai dari 50 USD – 50.000 USD per minggu. Jika dikonversikan ke dalam Rupiah, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 per hari.

 

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Waralaba yang Murah dan Mudah, Cepat Balik Modal!

 

  1. Instagram Ads

 

Instagram dan Facebook adalah perusahaan yang sama. Dulu, untuk mempromosikan produk di Instagram, seseorang harus memasang iklan melalui Facebook Ads terlebih dahulu. 

 

Beruntungnya, sekarang Anda bisa memasang iklan langsung melalui aplikasi Instagram. Biaya pemasangannya juga tergolong ringan, mulai dari 0,20 USD – 2 USD dalam sistem cost per click (CPC). Dengan demikian, Anda bisa memasarkan produk bisnis di platform ini dengan budget yang terjangkau.

 

  1. Google Ads

 

Google Ads menawarkan beragam pilihan campaign untuk promosi online. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, pilihlah platform Google sebagai campaign yang relevan untukmu.

 

Di sini, iklan yang ditampilkan mencakup gambar produk, harga, dan tautan menuju toko online milik Anda. Informasi spesifik ini sangat cocok untuk audiens yang siap berbelanja. Nantinya, Anda harus membuat akun Google Ads yang terhubung dengan Google Shopping dan Google Merchant Center.

 

Besaran fee yang diterapkan sangat bergantung pada keyword yang Anda pilih. Semakin tinggi keyword value tersebut, semakin tinggi fee yang harus Anda bayar.

 

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Paling Efektif dan Menguntungkan di Tahun 2023

 

  1. Twitter Ads

 

Twitter Ads dapat dimanfaatkan sebagai media promosi bisnis online yang efektif. Terdapat beberapa jenis iklan di Twitter, antara lain Promoted Tweet, Promoted Accounts, dan Promoted Trends. Jenis iklan yang beragam ini dapat dijadikan referensi untuk memperluas jangkauan promosi online Anda.

 

Sayangnya, platform media sosial ini mematok ads fee yang sangat mahal. Biaya Twitter Ads adalah Rp400.000 per hari. Hal ini yang membuat banyak bisnis jarang beriklan di Twitter karena terlalu mahal. Mereka biasa menyiasatinya dengan membuat gimmick tuitan endorsement secara manual atau organik. 

 

  1. Marketplace

 

Marketplace tidak hanya berfungsi sebagai kanal berjualan, tapi juga dapat membantu bisnis agar semakin dikenal. Masing-masing marketplace biasanya telah menyediakan fitur iklan yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online. 

 

Memanfaatkan marketplace sebagai media promosi online bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya, dengan membuat katalog yang bagus dan rapi, sehingga informasi terkait produk bisa disalurkan dengan baik. Pastikan deskripsi produk yang dibuat cukup detail untuk menarik minat calon pembeli.

 

Baca Juga: Investasi Pakai Uang Dingin: Dapatkan Cuan Tanpa Risiko!

 

  1. Endorsement

 

Selain menggunakan fitur iklan di media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan Twitter sebagai media promosi online, Anda juga bisa menggunakan jasa endorsement untuk memasarkan produk. Endorsement sendiri dilakukan oleh para influencer yang memiliki banyak followers.

 

Di sini, Anda harus cermat dalam memilih influencer. Pasalnya, fee yang dipasang masing-masing influencer tidak sama, tergantung dari jumlah followers mereka dan jenis konten yang dipromosikan.

 

Pastikan untuk memilih influencer yang sesuai dengan target pasar. Pastikan juga mereka dapat menyampaikan pesan produk dengan baik. Jika ingin memulai dengan biaya yang lebih rendah, kamu bisa mencoba menggunakan jasa micro influencer terlebih dahulu.

 

Media promosi bisnis online merupakan kunci untuk membangun merek dan meningkatkan penjualan dalam era digital saat ini. Supaya berhasil, ingatlah untuk membuat konten berkualitas tinggi dan memantau hasil kampanye promosi Anda secara teratur.

3273 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
312 Suka