28 March 2023
3 menit baca

Alur Analisis Terhadap Bisnis yang Mengajukan Pendanaan di Bizhare

3 menit baca

 

Pastinya banyak dari Anda yang bertanya-tanya, bagaimana proses atau tahapan analisis sebuah bisnis Penerbit yang akan listing di Bizhare? Tenang saja, di bawah ini, Bizhare sajikan alur dan prosedur lengkapnya dari awal hingga akhir. Siapa tahu, Anda jadi tertarik melistingkan bisnis juga di Bizhare!

 

  • Acquisition & Pitching

 

Langkah pertama yang dilakukan tim Akuisisi Bizhare adalah melakukan tahapan Acquisition & Pitching. Di tahap ini, tim melakukan kurasi tahap awal terhadap bisnis yang mengajukan pendanaan di Bizhare.

 

Nantinya, terdapat panduan berupa initial documents check list yang harus dilengkapi oleh calon Penerbit. Setelah seluruh persyaratan dokumen dilengkapi, maka tim akuisisi akan mengirimkan data untuk diolah oleh tim Analisis.

 

Tim Analisis akan mengupas tentang selling point dari bisnis tersebut. Selain itu, mereka juga menganalisis kemampuan membayar kembali saat jatuh tempo atau saat jadwal pembayaran imbal hasil.

 

Setelah semuanya selesai, maka diadakan diskusi dalam Pre-IC Meeting, di mana selain kedua tim di atas, terdapat beberapa divisi lain yang wajib hadir, yakni tim BA Analisis, tim Marketing, tim Ops, dan tim BS. Tahapan Acquisition & Pitching ini biasanya berlangsung selama 3-5 hari kerja.

 

  • Analysis & Deepening

 

Bisnis Penerbit yang telah lolos pada Pre-IC Meeting akan melalui serangkaian proses Due-Diligence. Tahap yang berlangsung selama 14 hari kerja ini sangat penting karena menentukan apakah bisnis tersebut layak listing atau tidak. Tahapannya adalah sebagai berikut.

 

  1. Analisa laporan keuangan sesuai standar PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) minimal 1 tahun terakhir, termasuk rekening koran.
  2. Sistem Credit Scoring, dengan pendekatan 5C (Character, Capacity, Capability, Condition, dan Collateral). Di dalamnya terdapat verifikasi melalui PEFINDO dan verifikasi SPK/PO (jika sukuk) ke Payor.
  3. Analisa rasio keuangan berdasarkan neraca dan laporan laba rugi.
  4. Opini DPS (Dewan Pengawas Syariah).
  5. Survey lokasi untuk verifikasi kegiatan bisnis dan verifikasi jaminan.

 

Baca Juga: Mitigasi Risiko Sukuk yang Telat Bayar Imbal Hasil atau Pokok di Bizhare

 

  • Review & Approval

 

Setelah seluruh tahapan di atas selesai, kini tim akan melakukan proses Review & Approval atas hasil analisis laporan keuangan, termasuk proyeksi keuntungan di masa yang akan datang.

 

Dalam tahapan yang akan berlangsung selama 14 hari kerja  ini, akan dilakukan review atas RAB dan timeline penggunaan dana sesuai pengajuan awal. Setelah itu, tim akan melakukan review terhadap kelayakan lokasi tempat usaha atau kelayakan Payor dalam kasus sukuk.

 

Kemudian, tim akan memberikan approval apabila skema bagi hasil telah sesuai dengan kemampuan bayar dari bisnis calon Penerbit. Pemberian approval inipun baru bisa diberikan apabila jaminan telah divalidasi dengan nilai minimal 125% dari pendanaan.

 

Akhirnya, tim akan memberikan approval apabila dari aspek legal, semua persyaratan telah dipenuhi bisnis Penerbit, termasuk di dalamnya pengikatan jaminan. Jadi, Bizhare berusaha memastikan seluruh Penerbit memang layak untuk pendanaan.

 

  • Publishing

 

Tahapan terakhir yang akan dilalui para bisnis Penerbit adalah Publishing. Tahapan ini akan berlangsung selama maksimal 45 hari kerja. Di sini, proposal bisnis yang telah lolos IC Meeting akan melalui proses designing untuk fine tuning.

 

Proposal yang listing di platform Bizhare dipastikan sudah memiliki lampiran berupa surat pernyataan dan jaminan keabsahan dari Penerbit. Tujuannya adalah memastikan semua data dan dokumen yang telah diberikan dan tercantum pada proposal bisnis adalah benar dan valid.

 

Nantinya, apabila proposal yang sudah listing tidak mencapai angka minimum untuk funded, maka bisnis tersebut akan di-adjust untuk RAB sesuai kesepakatan dengan Penerbit. Sementara itu, jika proposal bisnis fully funded, maka dana akan dicairkan ke Penerbit 8 hari setelah dinyatakan terpenuhi pendanaannya.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Itulah penjelasan mengenai proses analisis bisnis terkait Penerbit yang akan listing di Bizhare. Jika Anda masih ingin bertanya seputar bisnis dan proyek yang sudah diinvestasikan, silakan hubungi Support Relation Bizhare di aplikasi maupun WA Official di sini. Anda juga bisa membaca di opsi Frequently Asked Questions (FAQ) berikut.

 

Bizhare FAQ 

717 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
156 Suka