22 August 2023
4 menit baca

10 Alasan Kenapa Anda Wajib Punya Passive Income dari Sekarang

4 menit baca

wajib punya passive income

 

Dalam dunia yang semakin dinamis dan tidak terduga, memiliki passive income menjadi satu-satunya opsi yang wajib Anda lakukan. Passive income adalah pendapatan yang Anda peroleh tanpa harus bekerja keras secara terus-menerus. Berikut alasan-alasan kuat mengapa Anda wajib punya passive income sekarang juga.

 

  • Kebebasan Finansial

 

Kebebasan finansial adalah impian bagi banyak orang. Ketika Anda memiliki passive income yang stabil, Anda tidak lagi terjebak dalam siklus hidup gaji per gaji. Anda memiliki kebebasan untuk mengatur keuangan Anda sesuai dengan keinginan Anda. 

 

Tak hanya itu, Anda dapat mengejar impian-impian yang sebelumnya terasa jauh dari jangkauan, seperti membeli rumah idaman atau merencanakan liburan keluarga yang lama dinantikan.

 

Baca Juga: Apa Itu Financial Freedom? Berikut Panduan untuk Mencapainya!

 

  • Mengurangi Financial Stress

 

Financial stress adalah masalah serius yang dapat memengaruhi kesejahteraan fisik dan mental Anda. Dengan passive income yang stabil, Anda dapat mengurangi faktor ini dan lebih dapat bernapas dengan lega.

 

Ketika keuangan Anda stabil, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang membayar tagihan bulanan atau menghadapi ketidakpastian finansial. Ini memberi Anda kedamaian pikiran dan memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal lain dalam hidup yang lebih penting.

 

  • Punya Waktu Luang untuk Mengejar Hobi

 

Banyak dari kita memiliki hobi atau minat khusus yang sering kali terbengkalai karena kesibukan sehari-hari. Salah satu manfaat besar memiliki passive income adalah bahwa Anda memiliki lebih banyak waktu luang. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk mengejar hobi-hobi Anda yang mungkin telah Anda abaikan sebelumnya. 

 

Sebagai contoh, mungkin Anda ingin belajar bermain alat musik, menjelajahi alam, atau memasak makanan lezat. Passive income memungkinkan Anda untuk menjalani hidup yang lebih kaya dan memenuhi hasrat-hasrat kreatif Anda.

 

  • Kesempatan Berinvestasi Lebih Besar

 

Dengan passive income yang stabil, Anda memiliki kesempatan untuk berinvestasi lebih banyak. Investasi yang bijak dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak passive income atau bahkan pertumbuhan modal yang signifikan. 

 

Kesempatan ini menjadi langkah yang bijak untuk memastikan masa depan keuangan yang lebih baik. Anda dapat berinvestasi dalam saham, properti, atau bisnis, yang semuanya dapat membawa hasil yang menguntungkan.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

  • Keamanan Finansial

 

Keamanan finansial adalah hal yang penting, terutama dalam situasi ekonomi yang tidak pasti. Passive income adalah benteng keuangan yang kuat. Jika Anda kehilangan pekerjaan atau menghadapi krisis finansial, passive income dapat menjadi penopang yang andal. 

 

Anda tidak perlu merasa cemas tentang bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan dasar Anda ketika Anda memiliki pendapatan pasif yang stabil. Yang penting, Anda tidak akan merepotkan orang lain jika terjadi hal-hal tidak terduga seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) mendadak.

 

  • Peluang Menjadi Digital Nomad

 

Salah satu keuntungan besar memiliki passive income adalah Anda tidak terikat pada lokasi fisik tertentu. Anda dapat bekerja dari mana saja di dunia. Inilah yang disebut sebagai “digital nomad“. Ini membuka peluang besar untuk menjalani gaya hidup yang lebih fleksibel. Anda dapat bekerja dari kafe di Bali atau dari rumah impian Anda di pedesaan, selama Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

 

  • Peluang Bisnis Lebih Besar

 

Dengan passive income yang stabil, Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk mengejar peluang bisnis yang lebih besar. Anda tidak lagi tergantung pada gaji bulanan Anda, yang berarti Anda bisa lebih berani dalam mengambil risiko dan mencoba ide-ide baru. Anda dapat memulai bisnis sampingan atau mengembangkan bisnis Anda yang sudah ada dengan lebih percaya diri.

 

  • Masa Pensiun yang Lebih Damai

 

Saat Anda memiliki passive income yang cukup, Anda dapat mencapai masa pensiun yang lebih menyenangkan. Anda tidak perlu lagi bekerja keras setelah pensiun untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda. 

 

Selain itu, Anda dapat fokus pada mengejar hobi, bepergian, atau menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman. Bayangkanlah semua itu terjadi dalam diri Anda, menyenangkan sekali bukan?

 

Baca Juga: Cara Menghitung & Mempersiapkan Dana Pensiun, Yuk Mulai dari Sekarang!

 

  • Mendukung Pendidikan Anak

 

Pendidikan anak-anak adalah prioritas bagi banyak orangtua. Dengan passive income, Anda dapat lebih mudah mendukung pendidikan anak-anak Anda. Biaya pendidikan yang tinggi tidak lagi menjadi hambatan besar, dan Anda dapat memberikan pendidikan terbaik bagi mereka tanpa khawatir tentang keuangan.

 

Baca Juga: 5 Langkah Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak, Dari TK sampai Kuliah!

 

  • Warisan untuk Generasi Berikutnya

 

Terakhir, passive income dapat menjadi warisan berharga untuk generasi berikutnya. Dengan mengatur keuangan Anda dengan bijak, Anda dapat meninggalkan aset dan sumber pendapatan yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi keluarga Anda. 

 

Ini menjadi cara untuk memberikan keamanan finansial kepada anak cucu Anda dan memastikan bahwa mereka memiliki peluang yang lebih baik dalam hidup. Dengan demikian, keluarga Anda terhindar dari ancaman sandwich generation yang saat ini sedang melanda keluarga-keluarga di Indonesia.

 

Baca Juga: Pengertian Sandwich Generation dan Cara Keluar dari Zona Ini

 

Miliki Passive Income dengan Berinvestasi di Platform Securities Crowdfunding Bizhare

 

Saat ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meraih passive income. Salah satunya yang paling populer adalah dengan berinvestasi di platform securities crowdfunding.

 

Kenapa Anda dianjurkan untuk investasi di securities crowdfunding di tahun 2023 ini? Alasannya, skema crowdfunding atau urun dana menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Kesimpulannya, memiliki passive income adalah sebuah kewajiban yang harus Anda mulai dari sekarang. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, mulai dari financial freedom, bebas dari financial stress, punya waktu untuk mengejar hobi, kesempatan investasi, keamanan finansial, dan banyak lagi. 

 

Jadi, tunggu apalagi? Mari memulai perjalanan gemilang menuju passive income sekarang juga. Anda akan membangun fondasi keuangan yang lebih kuat untuk masa depan lebih cerah.

1095 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
198 Suka