20 November 2023
4 menit baca

Securities Crowdfunding: Arti, Sistem Kerja, & Potensi Keuntungannya

4 menit baca

securities crowdfunding Bizhare

 

Dalam era digital yang semakin berkembang, metode pembiayaan baru seperti securities crowdfunding telah menjadi tren yang signifikan. Berikut penjelasan lengkap mengenai arti, sistem kerja, dan potensi keuntungan yang terkait dengan crowdfunding.

 

Apa Itu Securities Crowdfunding?

 

Dilansir blog OJK, securities crowdfunding adalah metode pengumpulan dana dengan skema patungan yang dilakukan oleh pemilik bisnis atau usaha untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Metode ini melibatkan penawaran investasi dalam bentuk saham, sukuk, atau instrumen keuangan lainnya kepada sejumlah kecil investor melalui platform online. 

 

Konsep dasar dari securities crowdfunding sendiri adalah mengumpulkan dana dari individu atau kelompok kecil untuk mendukung proyek atau usaha tertentu. Tenang saja, skema investasi jenis ini telah dilindungi dan dijamin keamanannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), loh.

 

Dalam securities crowdfunding, investor tidak hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan dari investasi. Mereka dapat memperoleh dividen, bunga, atau potensi keuntungan lainnya sesuai dengan kesepakatan yang ditetapkan dalam penawaran investasi.

 

Menariknya, securities crowdfunding memberikan akses ke investasi yang sebelumnya hanya terbatas pada investor institusi atau pemodal besar. Dengan partisipasi individu, masyarakat dapat berperan dalam mendukung perkembangan bisnis dan proyek yang sesuai dengan minat dan nilai-nilai mereka.

 

Penting untuk mencatat bahwa OJK telah mengatur securities crowdfunding untuk melindungi kepentingan investor. Regulasi ini memastikan bahwa platform crowdfunding dan perusahaan yang mengadakan penawaran investasi mematuhi standar keuangan dan transparansi yang diperlukan.

 

Baca Juga: Perbedaan Securities Crowdfunding dan Equity Crowdfunding

 

Sistem Kerja Securities Crowdfunding

 

Sistem kerja crowdfunding melibatkan beberapa tahapan yang penting dan krusial. Berikut urutan lengkapnya!

 

  • Pengajuan Proposal

Setelah perusahaan atau pengusaha memilih platform crowdfunding yang sesuai, mereka dapat mengajukan proposal proyek atau usaha mereka kepada platform tersebut. 

 

Proposal tersebut berisi informasi tentang proyek, tujuan pendanaan, potensi keuntungan, risiko, dan sebagainya. Proposal ini akan dievaluasi oleh tim platform crowdfunding untuk memastikan kelayakan dan transparansi.

 

  • Penawaran Investasi

Setelah proposal disetujui, perusahaan akan mempublikasikan penawaran investasi di platform crowdfunding. Investor yang tertarik dapat melihat detail proyek dan persyaratan investasi yang ditawarkan. 

 

Mereka dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang perusahaan dan proyek tersebut sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

 

  • Investasi

Setelah investor memilih proyek yang ingin mereka investasikan, mereka dapat melakukan investasi melalui platform crowdfunding. Proses ini biasanya melibatkan pendaftaran sebagai anggota platform, verifikasi identitas, dan mentransfer dana investasi. Setiap investasi memiliki batas minimum dan batas maksimum yang ditetapkan oleh perusahaan.

 

  • Pendanaan Tercapai

Setelah pendanaan mencapai target yang ditentukan dalam jangka waktu yang ditetapkan, perusahaan akan menerima dana yang diperlukan untuk melaksanakan proyek. 

 

Dana ini akan dikelola oleh platform crowdfunding dan akan dilepaskan kepada perusahaan jika target pendanaan tercapai. Jika target pendanaan tidak tercapai dalam batas waktu yang ditetapkan, maka dana yang diinvestasikan akan dikembalikan kepada investor.

 

  • Kepemilikan dan Imbalan

Investor yang berpartisipasi dalam securities crowdfunding akan memiliki kepemilikan saham atau instrumen keuangan lainnya sesuai dengan jumlah investasi mereka. 

 

Sebagai imbalan atas investasi mereka, investor dapat memperoleh dividen, bunga, atau potensi keuntungan lainnya sesuai dengan perjanjian yang ditetapkan dalam penawaran investasi.

 

Keuntungan dan Potensi Securities Crowdfunding

 

Securities crowdfunding menawarkan sejumlah keuntungan bagi investor dan perusahaan. Beberapa di antaranya meliputi:

 

  • Akses ke Investasi Potensial

Securities crowdfunding memberikan kesempatan kepada investor individu untuk berinvestasi dalam proyek atau usaha yang sebelumnya hanya terbatas pada investor institusi atau pemodal besar.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Dengan securities crowdfunding, investor dapat dengan mudah mengalokasikan dana mereka ke beberapa proyek atau usaha yang berbeda. Hal ini membantu dalam diversifikasi portofolio investasi, mengurangi risiko, dan meningkatkan peluang keuntungan.

 

  • Dampak Sosial dan Lingkungan

Banyak platform securities crowdfunding yang fokus pada proyek-proyek dengan dampak sosial atau lingkungan positif. Dengan berinvestasi melalui platform ini, investor dapat mendukung inisiatif-inisiatif yang sejalan dengan nilai-nilai mereka.

 

  • Partisipasi Aktif

Investor dalam securities crowdfunding dapat memainkan peran yang lebih aktif dalam proyek atau usaha yang mereka investasikan. Mereka dapat memberikan masukan, berpartisipasi dalam keputusan strategis, dan berkontribusi pada kesuksesan proyek.

 

Jenis Instrumen Securities Crowdfunding

 

Dalam securities crowdfunding, terdapat beberapa jenis instrumen keuangan yang ditawarkan kepada investor, antara lain:

 

  1. Saham: Memberikan kepemilikan saham dalam perusahaan yang memungkinkan investor mendapatkan dividen dan hak suara dalam rapat perusahaan.
  2. Obligasi: Menawarkan investasi berupa utang yang memberikan bunga tetap dan pengembalian nilai pokok setelah jangka waktu tertentu.
  3. Sukuk: Instrumen keuangan yang memberikan kepemilikan dan pendapatan tetap kepada investor dalam investasi yang berbasis syariah.
  4. Kontrak Investasi: Mengatur perjanjian partisipasi laba, sewa, atau bentuk lainnya dalam investasi.
  5. Instrumen Keuangan Hybrid: Menggabungkan karakteristik saham dan obligasi untuk memberikan keuntungan kombinasi dari pendapatan tetap dan potensi kenaikan nilai.

 

Investasi Saham Skema Crowdfunding di Bizhare

 

Investasi dengan menggunakan skema crowdfunding di Bizhare menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan di tahun 2023. Melalui platform Bizhare, investor dapat memilih proyek bisnis yang menarik dan berkontribusi dengan menjadi pemegang saham maupun sukuk. 

 

Berikut adalah beberapa data penting terkait investasi saham skema crowdfunding di Bizhare:

 

  • Pilihan Investasi

Bizhare menyediakan beragam pilihan investasi dalam berbagai sektor bisnis, seperti properti, teknologi, kuliner, dan banyak lagi. Investor dapat memilih proyek yang sesuai dengan minat dan tujuan investasi mereka.

 

  • Risiko dan Potensi Keuntungan

Sebagai investor, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan investasi saham skema crowdfunding. Bizhare memberikan informasi terperinci tentang proyek bisnis, termasuk laporan keuangan, proyeksi pendapatan, dan analisis risiko. 

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

  • Proses Investasi

Proses investasi saham di Bizhare cukup mudah. Investor dapat mendaftar dan mengakses platform secara online. Setelah memilih proyek yang diinginkan, investor dapat menginvestasikan dana mereka dan menjadi pemegang saham. Bizhare juga menyediakan laporan dan pembaruan berkala mengenai perkembangan proyek kepada investor.

 

  • Kepemilikan dan Hak Investor

Sebagai pemegang saham, investor di Bizhare memiliki hak suara dalam rapat perusahaan dan dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan strategis. Investor juga memiliki potensi mendapatkan dividen dari keuntungan perusahaan

 

  • Transparansi dan Keamanan

Bizhare menjunjung tinggi transparansi dalam pelaporan keuangan dan informasi proyek kepada investor. Selain itu, Bizhare memastikan keamanan data dan transaksi melalui sistem yang terenkripsi.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Penting bagi investor untuk melakukan riset dan analisis yang cermat sebelum mengambil keputusan investasi. Beruntungnya, Bizhare sebagai platform terpercaya telah mendapat perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini memastikan pengalaman investasi yang aman dan transparan bagi para investor.

 

Dengan kata lain, seluruh bisnis Penerbit yang listing di Bizhare sudah terjamin valid, aman, dan untung. Ikuti terus laman kami untuk menemukan info bisnis franchise yang tersedia di Bizhare secara lengkap!

 

Daftar Bizhare Sekarang

 

5248 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
732 Suka