18 April 2024
5 menit baca

Securities Crowdfunding: Arti, Sistem Kerja, & Potensi Keuntungannya

5 menit baca

securities crowdfunding Bizhare

 

Dalam era digital yang semakin berkembang, metode pembiayaan baru seperti securities crowdfunding telah menjadi tren yang signifikan. Berikut penjelasan lengkap mengenai arti, sistem kerja, dan potensi keuntungan yang terkait dengan crowdfunding.

 

Apa Itu Securities Crowdfunding?

 

Dilansir blog OJK, securities crowdfunding adalah metode pengumpulan dana dengan skema patungan yang dilakukan oleh pemilik bisnis atau usaha untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Metode ini melibatkan penawaran investasi dalam bentuk saham, sukuk, atau instrumen keuangan lainnya kepada sejumlah kecil investor melalui platform online. 

 

Konsep dasar dari securities crowdfunding sendiri adalah mengumpulkan dana dari individu atau kelompok kecil untuk mendukung proyek atau usaha tertentu. Tenang saja, skema investasi jenis ini telah dilindungi dan dijamin keamanannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), loh.

 

Dalam securities crowdfunding, investor tidak hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan dari investasi. Mereka dapat memperoleh dividen, bunga, atau potensi keuntungan lainnya sesuai dengan kesepakatan yang ditetapkan dalam penawaran investasi.

 

Menariknya, securities crowdfunding memberikan akses ke investasi yang sebelumnya hanya terbatas pada investor institusi atau pemodal besar. Dengan partisipasi individu, masyarakat dapat berperan dalam mendukung perkembangan bisnis dan proyek yang sesuai dengan minat dan nilai-nilai mereka.

 

Penting untuk mencatat bahwa OJK telah mengatur securities crowdfunding untuk melindungi kepentingan investor. Regulasi ini memastikan bahwa platform securities crowdfunding dan perusahaan yang mengadakan penawaran investasi mematuhi standar keuangan dan transparansi yang diperlukan.

 

Baca Juga: Perbedaan Securities Crowdfunding dan Equity Crowdfunding

 

Sistem Kerja Securities Crowdfunding

 

Sistem kerja crowdfunding melibatkan beberapa tahapan yang penting dan krusial. Berikut urutan lengkapnya!

 

  • Pengajuan Proposal

Setelah perusahaan atau pengusaha memilih platform securities crowdfunding yang sesuai, mereka dapat mengajukan proposal proyek atau usaha mereka kepada platform tersebut. 

 

Proposal tersebut berisi informasi tentang proyek, tujuan pendanaan, potensi keuntungan, risiko, dan sebagainya. Proposal ini akan dievaluasi oleh tim analis dari penyelenggara securities crowdfunding untuk memastikan kelayakan dan transparansi.

 

  • Penawaran Investasi

Setelah proposal disetujui, perusahaan akan mempublikasikan penawaran investasi di platform securities crowdfunding. Investor yang tertarik dapat melihat detail proyek dan persyaratan investasi yang ditawarkan. 

 

Mereka dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang perusahaan dan proyek tersebut sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

 

  • Investasi

Setelah investor memilih proyek yang ingin mereka investasikan, mereka dapat melakukan investasi melalui platform securities crowdfunding. Proses ini biasanya melibatkan pendaftaran sebagai anggota platform, verifikasi identitas, dan mentransfer dana investasi ke rekening escrow. Setiap investasi memiliki batas minimum dan batas maksimum yang ditetapkan oleh perusahaan.

 

Dalam implementasi di platform securities crowdfunding Bizhare, batas minimum pendanaan yang ditetapkan oleh perusahaan dengan nilai maksimal sebesar Rp 10 miliar per penerbit dalam waktu satu tahun. Dana ini akan dikelola oleh platform securities crowdfunding dan akan dilepaskan kepada perusahaan jika target pendanaan tercapai.

 

Jika target pendanaan tidak tercapai dalam batas waktu yang ditetapkan, maka dana yang diinvestasikan akan dikembalikan kepada investor. Dana ini akan dikumpulkan pada rekening escrow, lalu ditransfer ke perusahaan penerbit apabila target pendanaan sudah tercapai dalam kurun waktu maksimal 45 hari sesuai POJK 57/2020. Jika target pendanaan tidak tercapai dalam batas waktu yang ditetapkan, maka dana tersebut akan dikembalikan kepada investor.

 

  • Pendanaan Tercapai

Setelah pendanaan mencapai target yang ditentukan dalam jangka waktu yang ditetapkan, perusahaan akan menerima dana yang diperlukan untuk melaksanakan rencana bisnis atau proyek. Selanjutnya, penerbit berkewajiban untuk mengirimkan laporan realisasi penggunaan dana dan laporan keuangan dan laporan perkembangan bisnis/proyek secara berkala.

 

  • Kepemilikan dan Keuntungan

Investor yang berpartisipasi dalam securities crowdfunding akan memiliki kepemilikan efek berupa saham, obligasi atau sukuk sesuai dengan jumlah investasi mereka. Sebagai bentuk kerja sama penyelenggara dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), maka seluruh instrumen tersebut akan tercatat secara resmi pada KSEI.

Sebagai keuntungan atas investasi mereka, investor dapat memperoleh dividen, bunga, atau bagi hasil sesuai dengan mekanisme yang sudah tercantum pada proposal investasi.

 

Benefit dan Potensi Securities Crowdfunding

 

Securities crowdfunding menawarkan sejumlah benefit bagi investor dan perusahaan. Beberapa di antaranya meliputi:

 

  • Akses ke Investasi Potensial

Securities crowdfunding memberikan kesempatan kepada investor individu untuk berinvestasi dalam proyek atau usaha yang sebelumnya hanya terbatas pada investor institusi atau pemodal besar.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Dengan securities crowdfunding, investor dapat dengan mudah mengalokasikan dana mereka ke beberapa proyek atau usaha yang berbeda. Hal ini membantu dalam diversifikasi portofolio investasi, mengurangi risiko, dan meningkatkan peluang keuntungan.

 

  • Dampak Sosial dan Lingkungan

Banyak platform securities crowdfunding yang fokus pada proyek-proyek dengan dampak sosial atau lingkungan positif. Dengan berinvestasi melalui platform ini, investor dapat mendukung inisiatif-inisiatif yang sejalan dengan nilai-nilai mereka.

 

  • Passive Income

Investor dalam securities crowdfunding tidak perlu harus terlibat dalam kegiatan operasional bisnis atau menjalankan proyek sendiri. Investor hanya tinggal mendapatkan laporan keuangan, laporan kegiatan operasional, hingga dividen secara berkala. Meskipun begitu, akan lebih baik jika investor juga tetap dapat ikut mempromosikan usaha yang diinvestasikan dengan tujuan menambah potensi pendapatan dari penerbit.

 

Jenis Instrumen Securities Crowdfunding

 

Dalam securities crowdfunding, terdapat beberapa jenis instrumen keuangan yang ditawarkan kepada investor, antara lain:

 

  1. Saham: Memberikan kepemilikan saham dalam perusahaan yang memungkinkan investor mendapatkan dividen dan hak suara dalam rapat perusahaan.
  2. Obligasi: Menawarkan investasi berupa utang yang memberikan bunga tetap dan pengembalian nilai pokok setelah jangka waktu tertentu.
  3. Sukuk: Instrumen keuangan yang memberikan kepemilikan dan pendapatan tetap kepada investor dalam investasi yang berbasis syariah.

 

Investasi Saham Skema Crowdfunding di Bizhare

 

Investasi dengan menggunakan skema crowdfunding di Bizhare menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan di tahun 2024. Melalui platform Bizhare, investor dapat memilih proyek bisnis yang menarik dan berkontribusi dengan menjadi pemegang saham maupun sukuk. 

 

Berikut adalah beberapa data penting terkait investasi saham skema crowdfunding di Bizhare:

 

  • Pilihan Investasi yang Beragam

Bizhare menyediakan beragam pilihan investasi dalam berbagai sektor bisnis, seperti kuliner, ritel, logistik, konstruksi, kesehatan, film, dan banyak lagi. Investor dapat memilih jenis bisnis dan proyek yang sesuai dengan preferensi dan tujuan investasi mereka.

 

  • Risiko dan Potensi Keuntungan

Sebagai investor, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan investasi, baik berupa saham, obligasi, maupun sukuk dalam skema crowdfunding. Bizhare selalu memberikan informasi terinci tentang penerbit, termasuk latar belakang usaha, rekam jejak pemilik usaha, produk/jasa yang ditawarkan, rencana pengembangan binis, kebutuhan dana, laporan keuangan, hingga analisis risiko sebagai pertimbangan bagi investor sebelum berinvestasi.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

  • Proses Investasi

Proses investasi saham di Bizhare sangatlah mudah. Investor dapat mendaftar dan mengakses platform secara online, baik melalui website www.bizhare.id atau melalui aplikasi di Google Play atau App Store. Setelah memilih bisnis atau proyek yang diinginkan, investor dapat menginvestasikan dana mereka dan menjadi pemegang efek, baik saham, obligasi, maupun sukuk. Bizhare juga menyediakan laporan keuangan dan kegiatan operasional penerbit secara berkala mengenai perkembangan proyek kepada investor.

 

  • Kepemilikan dan Hak Investor

Sebagai pemegang saham/efek bersifat ekuitas (EBE) dan efek bersifat utang/sukuk (EBUS), investor di Bizhare memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham/obligasi/sukuk, serta dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan strategis sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Investor juga memiliki potensi mendapatkan dividen atau imbal hasil sesuai dengan perjanjian.

 

  • Transparansi dan Keamanan

Bizhare menjunjung tinggi transparansi dalam pelaporan keuangan penerbit dan informasi perkembangan bisnis/proyek kepada investor. Selain itu, Bizhare memastikan keamanan data dan transaksi melalui sistem yang terenkripsi, sesuai standar sistem keamanan informasi ISO 27001:2013 yang diaudit setiap tahunnya.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Penting bagi investor untuk melakukan riset dan analisis yang cermat sebelum mengambil keputusan investasi. Namun, tenang saja, Bizhare sebagai platform terpercaya telah mendapat izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2019 sebagai Equity Crowdfunding, lalu diperluas menjadi Securities Crowdfunding pada tahun 2021. Hal ini memastikan pengalaman investasi yang aman dan transparan bagi para investor.

 

Dengan kata lain, seluruh bisnis Penerbit yang listing di Bizhare sudah terkurasi dengan baik, aman, dan menguntungkan. Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Ikuti terus laman kami untuk menemukan info bisnis UKM, franchise, dan proyek terbaik di Indonesia yang tersedia di Bizhare secara lengkap!

 

Daftar Bizhare Sekarang

 

6231 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
852 Suka