16 March 2023
4 menit baca

Apa Itu Financial Freedom? Berikut Panduan untuk Mencapainya!

4 menit baca

 

Setiap orang pasti ingin mencapai financial freedom. Tidak perlu lagi khawatir dengan tagihan bulanan, cicilan rumah, atau biaya pendidikan anak. Namun sayangnya, hanya sedikit orang yang mampu merdeka secara finansial. Maka, apa itu financial freedom dan bagaimana cara mencapainya? 

 

Apa itu Financial Freedom?

 

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang sudah memiliki simpanan uang yang cukup, terbebas dari segala utang, memiliki investasi, serta mampu mencukupi gaya hidup yang diinginkan sampai jangka waktu yang relatif lama.

 

Tak hanya itu, seseorang yang mencapai kemerdekaan finansial memiliki penghasilan pasif yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam kata lain, Anda tidak lagi terlalu bergantung pada gaji bulanan atau penghasilan dari pekerjaan aktif. 

 

Saat mencapai financial freedom atau kemerdekaan finansial, Anda bisa menentukan pilihan hidup kamu tanpa terbebani oleh faktor keuangan. Anda bisa mengambil pekerjaan yang kamu sukai, melakukan hobi yang dicintai, atau berlibur ke tempat yang diimpikan tanpa harus khawatir tentang biaya.

 

Manfaat Mencapai Financial Freedom

 

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mencapai financial freedom, mulai dari bebas dari stres, meningkatkan kualitas hidup, hingga mampu memberikan keamanan finansial. Berikut ulasannya!

 

  1. Mencapai Kemerdekaan Finansial 

Dengan financial freedom, seseorang memiliki kebebasan finansial untuk mengambil keputusan tentang hidupnya tanpa terbebani oleh faktor keuangan. Hal ini memungkinkan seseorang untuk melakukan hal-hal yang benar-benar diinginkannya dan mengejar impian hidupnya tanpa harus khawatir.

 

  1. Mengurangi Stres 

Tidak memiliki masalah keuangan adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres. Dengan financial freedom, seseorang tidak lagi merasa tertekan dengan tagihan bulanan atau cicilan rumah. Hal ini memungkinkan seseorang untuk hidup dengan tenang dan lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam hidupnya.

 

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup

Saat seseorang bebas secara finansial, seseorang memiliki kemampuan untuk melakukan apapun yang diinginkan dan mengejar impian hidupnya tanpa harus terhalang oleh faktor keuangan. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan memberikan rasa puas dan kebahagiaan yang lebih besar.

 

4. Memberikan Keamanan Finansial

Financial freedom juga memberikan keamanan finansial. Dalam kondisi ini, seseorang memiliki dana darurat yang cukup untuk menangani situasi yang tidak diinginkan, seperti kehilangan pekerjaan atau terkena musibah. Hal ini memberikan rasa tenang dan keamanan yang lebih besar.

 

5. Memberikan Kebebasan Waktu Lebih Fleksibel

Kebebasan finansial memampukan seseorang untuk mengatur waktu dan melakukan apapun yang diinginkan. Tak hanya itu, seseorang juga jadi lebih fleksibel dalam mengambil pekerjaan tanpa terpaku pada expected salary.

 

Cara Mencapai Financial Freedom

 

Harus diakui tidak mudah untuk mencapai kemerdekaan finansial, apalagi bagi Anda yang masih berada dalam zona sandwich generation. Namun, bukan berarti tidak mungkin untuk diraih, ya. Berikut beberapa cara jitu untuk mencapai financial freedom.

 

1. Buat Tujuan Keuangan yang Jelas

Setelah Anda memahami apa itu financial freedom, langkah selanjutnya adalah membuat tujuan keuangan yang jelas dan realistis. Tujuan keuangan yang baik harus terukur dan memiliki jangka waktu tertentu. 

 

Misalnya, tujuan keuangan Anda adalah memiliki tabungan darurat sebesar 6 kali gaji pokok, membayar utang dalam waktu 3 tahun, atau untuk merencanakan biaya pensiun di masa depan.

 

2. Buat Perencanaan Keuangan

Setelah memiliki tujuan keuangan yang jelas, silakan buat catatan perencanaan keuangan. Catatan ini akan sangat membantu Anda mencapai tujuan finansial dengan lebih cepat dan efektif. 

 

Nantinya, catatan rencana keuangan Anda harus mencakup pengeluaran bulanan rutin, jumlah tabungan, total investasi, hingga pengurangan utang. Semua harus dicatat secara detail dan rinci.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi, Bisa Untuk Jangka Panjang!

 

3. Kurangi Pengeluaran Bulanan 

Salah satu cara terbaik untuk mencapai kemerdekaan finansial adalah dengan mengurangi pengeluaran bulanan Anda. Identifikasi rincian pengeluaran yang tidak perlu. Setelah itu, kurangi atau bahkan hilangkan pengeluaran tersebut. 

 

Contohnya, jika Anda selalu memesan kopi di coffee shop kekinian, cobalah untuk membeli bubuk atau biji kopi sendiri di supermarket. Setelah itu, Anda bisa membuatnya di rumah dengan peralatan yang ada. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi jajan kopi dan membuang-buang uang.

 

4. Tingkatkan Penghasilan Anda

Selain mengurangi pengeluaran bulanan, meningkatkan penghasilan juga dapat membantu Anda mencapai financial freedom lebih cepat. Dengan demikian, beban Anda bisa ditopang oleh passive income.

 

Cari cara untuk meningkatkan penghasilan Anda, seperti dengan mengambil pekerjaan paruh waktu, memulai bisnis sampingan, atau mengembangkan keterampilan baru yang dapat meningkatkan peluang karir Anda.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2023

 

5. Mulai Berinvestasi

Investasi dapat membantu Anda mencapai financial freedom lebih cepat. Alokasikan dana Anda ke dalam berbagai instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Jangan lupa lakukan diversifikasi investasi agar mendapat keuntungan maksimal dengan risiko seminimal mungkin.

 

Contohnya, Anda bisa melakukan investasi di platform securities crowdfunding Bizhare. Tak hanya mendapat imbal hasil yang menjanjikan, Anda bisa membantu pendanaan pendanaan pada bisnis-bisnis UMKM yang terdaftar di sini.

 

Bizhare sendiri sudah dipercaya lebih dari 200 ribu investor dan berhasil membantu mengembangkan ribuan UMKM di Indonesia. Tenang saja, Bizhare sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga Anda bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman.

 

6. Bayar Utang Anda

Utang dapat menjadi penghambat besar dalam mencapai financial freedom. Bayar utang Anda secara agresif dengan membayar lebih dari minimum pembayaran setiap bulan. Selain itu, hindari membeli barang yang tidak diperlukan dengan kartu kredit atau Paylater.

 

Dengan membayar utang tepat waktu, Anda tidak hanya mencapai kemerdekaan finansial, tapi juga menjaga skor kredit Anda tetap bagus. Sehingga, ketika hendak mengurus KPR, Anda tidak akan dipersulit atau malah ditolak karena skornya jelek.

 

7. Konsultasi dengan Financial Advisor

Anda bisa menggunakan layanan financial advisor untuk membantu mencapai financial freedom yang diinginkan. Secara khusus, apabila Anda butuh pemahaman yang lebih kompleks tentang dunia finansial, jasa ini bisa sangat membantu.

 

Harapannya, Anda bisa mengambil keputusan yang tidak merugikan diri Anda sendiri. Seorang financial advisor mampu memberi insight yang sangat bermanfaat, khususnya jika Anda belum bisa mengendalikan income dan expense secara seimbang.

 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat Sesuai Kebutuhan

 

Mencapai financial freedom memang memerlukan kedisiplinan dan pengorbanan yang tidak sedikit. Namun harapannya, dengan mencapai kemerdekaan finansial, seseorang dapat merencanakan masa depannya dengan lebih baik, seperti mengambil cuti panjang atau pensiun lebih awal, memulai bisnis sendiri, atau melakukan bakti sosial kepada mereka yang membutuhkan.

 

Semoga setelah membaca artikel ini, Teman Bizharian bisa mencapai kemerdekaan finansial hingga akhirnya, Anda mampu meraih impian dan tujuan hidup sebanyak-banyaknya.

 

100 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
14 Suka