22 August 2023
4 menit baca

Kenapa Anda Harus Mempersiapkan Dana Pensiun dari Sekarang?

4 menit baca

kenapa mempersiapkan dana pensiun

 

Seringkali, orang lupa untuk merencanakan dan mempersiapkan dana pensiun. Padahal,  dana pensiun adalah investasi untuk masa depan yang tenang dan aman. Apalagi, di masa purna bakti, Anda praktis sudah tidak memiliki penghasilan tetap. Nah, artikel ini akan membahas kenapa mempersiapkan dana pensiun sangatlah penting, sekaligus memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana memulainya.

 

Kenapa Anda Wajib Mempersiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin?

 

Kenapa mempersiapkan dana pensiun menjadi sebuah keharusan? Kenapa kesannya dana ini harus dipersiapkan sedini mungkin? Jawabannya bisa Anda temukan di bawah ini. 

 

  • Menjamin Kehidupan yang Nyaman

Pensiun adalah waktu ketika Anda ingin menikmati hidup tanpa harus bekerja keras setiap hari. Mempersiapkan dana pensiun dari sekarang memungkinkan Anda menjalani gaya hidup yang nyaman tanpa kekhawatiran keuangan.

 

  • Memanfaatkan Bunga Majemuk

Salah satu keuntungan besar memulai dana pensiun lebih awal adalah waktu yang lebih lama untuk mengumpulkan bunga majemuk. Dengan berinvestasi sejak muda, uang Anda dapat tumbuh pesat seiring berjalannya waktu.

 

  • Menghindari Ketidakpastian Global

Masa depan selalu penuh ketidakpastian. Dengan dana pensiun yang mencukupi, Anda memiliki perlindungan keuangan yang bisa membantu mengatasi situasi darurat, seperti masalah kesehatan atau kehilangan pekerjaan.

 

  • Tidak Menjadi Beban Finansial Keluarga

Mempersiapkan dana pensiun sedari dini juga merupakan bentuk tanggung jawab finansial kepada keluarga. Alasannya, dana pensiun sangat membantu menunjang kehidupan individu tanpa harus merepotkan anggota keluarga lain. Selain itu, mempersiapkan dana pensiun berperan besar dalam melindungi keluarga dari fenomena sandwich generation.

 

  • Kemerdekaan Finansial

Saat pensiun, Anda akan berhenti bekerja. Praktis, jika Anda tak punya passive income, Anda akan kehilangan pendapatan. Nah, dengan tersedianya dana pensiun, Anda bisa lebih bebas untuk mengejar hobi, perjalanan, atau impian lainnya tanpa harus khawatir tentang uang. Dengan kata lain, Anda akan meraih financial freedom.

 

  • Terhindar dari Inflasi

Biaya hidup cenderung naik seiring berjalannya waktu karena inflasi. Mempersiapkan dana pensiun sejak dini membantu Anda menjaga daya beli uang Anda di masa depan. Selain itu, nilai investasi Anda tidak akan turun karena inflasi, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian.

 

Bagaimana Cara Mempersiapkan Dana Pensiun?

 

Setelah memahami alasan pentingnya mempersiapkan dana pensiun, kini Anda bisa mulai mempelajari langkah demi langkah untuk mengalokasikannya dari sekarang.

 

  • Hitung Dana Pensiun dengan Rumus

Pertama, tentukan berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk pensiun yang nyaman. Pertimbangkan gaya hidup yang diinginkan dan estimasi biaya pensiun Anda. Untuk ulasan lengkap mengenai rumus dana pensiun, silakan baca artikel di bawah ini.

 

Baca Juga: Cara Menghitung & Mempersiapkan Dana Pensiun

 

  • Buat Rencana Keuangan

Bekerja samalah dengan seorang financial advisor yang kompeten untuk membuat rencana keuangan pensiun Anda. Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi target tabungan bulanan dan strategi investasi yang sesuai.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

  • Mulailah Menabung

Setelah Anda membuat perencanaan keuangan dengan matang, mulailah menabung. Manfaatkan program pensiun yang mungkin disediakan oleh perusahaan Anda atau buat akun pensiun individu, salah satunya asuransi.

 

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

 

  • Investasikan dengan Bijak

Jangan biarkan uang Anda terlalu lama di tempat yang tidak profitable. Investasikan dengan bijak dalam instrumen keuangan yang sesuai dengan profil risiko Anda. Ini akan membantu uang Anda tumbuh lebih cepat daripada tabungan biasa.

 

  • Revisi dan Pantau

Ingatlah bahwa perencanaan pensiun akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Anda wajib memeriksanya secara berkala dan menyesuaikannya sesuai dengan perubahan dalam kehidupan Anda, seperti perkawinan, kelahiran anak, atau perubahan karier.

 

  • Disiplin dan Konsisten

Kunci keberhasilan dalam persiapan dana pensiun adalah disiplin dan konsistensi. Tetapkan prioritas keuangan Anda dan tetap berpegang pada rencana Anda seiring berjalannya waktu.

 

Siapkan Dana Pensiun dengan Berinvestasi di Platform Securities Crowdfunding Bizhare

 

Saat ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan dana pensiun. Salah satunya yang paling populer adalah dengan berinvestasi di platform securities crowdfunding.

 

Kenapa Anda dianjurkan untuk investasi di securities crowdfunding di tahun 2023 ini? Alasannya, skema crowdfunding atau urun dana menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Ingatlah, mempersiapkan dana pensiun dari sekarang adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik dan lebih aman. Jangan tunda-tunda lagi, mulailah sekarang juga untuk memastikan pensiun yang tenang dan sejahtera.

442 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
114 Suka