28 October 2023
4 menit baca

10 Cara Mengelola Keuangan untuk Kaum Pemuda

4 menit baca

mengelola keuangan pemuda

 

Setiap tanggal 28 Oktober, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Momen bersejarah ini selalu mengingatkan pada semangat juang para pemuda yang bersatu dalam menjunjung tinggi bahasa, negara, dan bangsa yang satu, yakni Indonesia.

 

Nah, semangat perjuangan pemuda tidak hanya terbatas pada sejarah masa lalu, melainkan juga berlanjut hingga saat ini, dengan fokus pada perjuangan mencapai kemerdekaan finansial. Di artikel ini, Bizhare akan memberikan panduan lengkap untuk membantu pemuda Indonesia dalam mengelola keuangan dengan baik. 

 

  • Membuat Anggaran

 

Langkah pertama yang penting dalam mengelola keuangan adalah membuat anggaran. Perencanaan anggaran adalah alat yang kuat untuk memantau pendapatan dan pengeluaran Anda. Dengan membuat anggaran, Anda dapat melihat dengan jelas seberapa banyak uang yang masuk dan keluar setiap bulan. Hal ini bisa membantu Anda mengidentifikasi area di mana Anda dapat menghemat atau berinvestasi.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi, Bisa Untuk Jangka Panjang!

 

  • Prioritaskan Tabungan

 

Tabungan adalah pondasi dari kestabilan keuangan. Cobalah untuk mengalokasikan sebagian dari pendapatan Anda untuk ditabung sebelum menghabiskan uang untuk hal-hal lain. Ini akan membantu Anda dalam merencanakan masa depan Anda dan menghadapi kejutan finansial yang mungkin muncul.

 

  • Belajar Literasi Keuangan

 

Literasi keuangan adalah kunci untuk pengelolaan finansial yang bijak. Luangkan waktu untuk memahami konsep dasar keuangan seperti bunga, investasi, dan manajemen risiko. Anda bisa mengikuti kursus online, membaca buku, atau menghadiri seminar tentang keuangan. Pengetahuan ini akan membantu Anda membuat keputusan finansial yang lebih cerdas.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

  • Hindari Utang yang Tidak Perlu

 

Utang bisa menjadi beban finansial yang berat, terutama jika Anda meminjam uang untuk barang-barang yang tidak benar-benar penting. Cobalah untuk menghindari utang yang tidak perlu dan selalu pertimbangkan apakah utang tersebut merupakan investasi yang masuk akal.

 

  • Pertimbangkan Asuransi

 

Asuransi merupakan alat perlindungan finansial yang penting. Dengan memiliki asuransi, Anda dapat melindungi diri dari beban finansial yang mungkin muncul akibat penyakit, kecelakaan, atau kerusakan properti. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

 

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

 

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

 

Ketepatan membayar tagihan adalah hal penting dalam mengelola keuangan. Jika Anda terlambat membayar tagihan, Anda mungkin harus membayar denda atau bunga tambahan. Selain itu, hal ini dapat berdampak negatif pada skor kredit Anda.

 

  • Selalu Simpan Uang Darurat

 

Hidup selalu dipenuhi dengan ketidakpastian. Untuk menghadapi situasi darurat, penting untuk memiliki tabungan darurat yang mencukupi. Simpan uang dalam akun yang mudah diakses untuk digunakan ketika Anda menghadapi masalah tak terduga seperti kehilangan pekerjaan atau pengeluaran medis yang mendesak.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkannya

 

  • Evaluasi dan Revisi Rencana Keuangan

 

Saat Anda mengalami perubahan dalam kehidupan Anda, seperti mendapatkan pekerjaan baru atau menikah, penting untuk mengevaluasi dan, jika perlu, merevisi rencana keuangan Anda. Rencana keuangan yang efektif harus selalu disesuaikan dengan situasi Anda.

 

  • Cari Pekerjaan Sampingan

 

Salah satu cara mengelola keuangan untuk kaum pemuda adalah mencari pekerjaan sampingan. Side jobs merupakan langkah efektif untuk meningkatkan pendapatan Anda, terutama jika Anda memiliki waktu luang di luar pekerjaan utama atau kuliah. Anda dapat mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda, seperti menjadi freelancer, pengajar les privat, atau bahkan berjualan secara online.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2023

 

  • Alokasikan Dana untuk Investasi

 

Pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian dari uang Anda untuk investasi jangka panjang. Ini bisa berupa investasi dalam saham, obligasi, properti, atau reksa dana. Ingatlah bahwa investasi selalu melibatkan risiko, jadi pastikan untuk melakukan riset yang cermat sebelum berinvestasi.

 

Investasi dengan bijak dapat membantu mengembangkan kekayaan Anda seiring berjalannya waktu. Salah satunya yang sedang viral saat ini adalah investasi dari platform securities crowdfunding.

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dalam mengelola keuangan untuk pemuda, kesadaran dan disiplin finansial adalah kunci. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membangun fondasi yang kuat untuk keuangan Anda dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. 

 

Ingatlah bahwa pengelolaan keuangan adalah proses yang berkelanjutan, jadi tetapkan tujuan dan kerjakan rencana Anda secara berkala untuk mencapai keberhasilan finansial.

518 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
145 Suka