11 December 2023
5 menit baca

10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2024

5 menit baca

 

Tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis sampingan di tahun 2024. Apalagi, usaha tersebut mampu menambah passive income, cocok untuk membantu memenuhi kebutuhan atau bahkan upaya memperbanyak tabungan. Ide bisnis ini sangat cocok untuk karyawan, ibu rumah tangga, pelajar, dan mahasiswa yang butuh penghasilan tambahan.

 

Apa Itu Bisnis Sampingan?

 

Bisnis sampingan adalah suatu kegiatan yang dilakukan di sela-sela pekerjaan utama. Tujuannya adalah menghasilkan pemasukan tambahan tanpa mengabaikan pekerjaan utama. Kerennya, bisnis ini bisa dilakukan siapa saja, mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, hingga karyawan swasta atau sipil (PNS). 

 

Ide Bisnis Sampingan di Rumah

 

Usaha sampingan memang selalu diawali dari bisnis skala kecil. Hal tersebut sesuai dengan tujuan awal pendiriannya, yakni sebagai sarana untuk mendapat penghasilan tambahan saja. Namun, jika dijalani dengan sungguh-sungguh, usaha Anda bisa berkembang dan menghasilkan banyak uang, loh. 

 

Jika Anda membutuhkan rekomendasi jenis usaha sampingan di rumah bagi pemula, berikut Bizhare berikan referensi lengkapnya.

 

  • Coffee Shop

Warung kopi atau coffee shop menjadi contoh ide usaha sampingan yang bisa Anda buka di mana saja, baik di rumah maupun toko sendiri. Kerennya, bisnis ini sedang tren di seluruh Indonesia, khususnya di kawasan kampus, perkantoran, hingga industri.

 

Untuk usaha coffee shop, Anda bisa memulainya dengan modal minim mulai dari Rp10-25 juta. Biaya ini sudah termasuk untuk membeli sejumlah peralatan seperti gelas, sendok, kursi, meja, hingga gaji barista. Namun, jika Anda hendak membeli coffee maker, Anda harus menyiapkan budget di atas Rp50 juta karena mahal.

 

Bizhare sarankan Anda membuka bisnis ini pada sore hingga malam hari. Alasannya, kebanyakan orang memiliki jam kerja dari pagi hingga sore, sehingga mereka biasanya baru nongkrong di malam hari. Selain itu, Anda juga dapat memantau usaha tersebut secara intens. 

 

Baca Juga: Potensi Cuan Industri FnB di Indonesia di Tahun 2024

 

  • Laundry Kiloan

Membuka bisnis laundry kiloan merupakan opsi yang sangat tepat khususnya di kota-kota besar. Hal ini terjadi karena biasanya, orang-orang sudah terlalu sibuk bekerja sampai tidak sempat mencuci pakaian sendiri.  “Daripada tenaga dan waktu habis untuk mencuci baju, lebih baik laundry saja”, begitu pikirnya.

 

Tak heran, bisnis laundry begitu menjamur di sekitar kampus maupun perkantoran. Jika Anda hendak membuka bisnis sampingan ini, Anda harus membukanya di tempat-tempat yang terdapat banyak mahasiswa, karyawan swasta, ataupun Pegawai Negeri Sipil. 

 

Lalu kira-kira, berapa modal yang diperlukan untuk membuat bisnis laundry? Berdasarkan beberapa sumber, Anda cukup menyiapkan modal Rp7,5-8 juta saja. Uang tersebut sudah termasuk untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, plastik, setrika, hingga gaji pegawai. 

 

  • Toko Kelontong

Toko kelontong menjadi salah satu bisnis offline yang masih bertahan di tengah era digitalisasi seperti sekarang. Bisnis ini juga paling mudah balik modal karena biasanya, orang-orang akan lebih memilih membeli dari toko kelontong daripada harus pergi jauh-jauh ke supermarket.

 

Faktor kesuksesan juga akan semakin besar selama barang-barang di toko Anda berkualitas tinggi dan dibutuhkan oleh warga sekitar. Jangan lupa, keramahan Anda sebagai pemilik toko juga sangat diperhitungkan. Siapa yang mau pergi ke toko yang pemilik atau penjaganya galak?

 

Sebagai salah satu usaha sampingan modal kecil, Anda bisa memulai bisnis toko kelontong dengan investasi awal Rp6-7 juta. Biaya ini sudah termasuk untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok, rak, lemari, hingga gaji pegawai jika ingin toko Anda buka 24 jam.

 

  • Cuci Motor atau Mobil 

Ide bisnis sampingan untuk karyawan satu ini masih sangat menguntungkan di tahun 2023. Apalagi, makin banyak orang yang membeli kendaraan bermotor sebagai alat mobilitasnya ke mana-mana.

 

Faktor cuaca juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha ini, baik hujan maupun kering, mengingat kendaraan bermotor jika sering digunakan akan sering kotor. Sifat korosif pada debu atau air hujan memaksa penggunanya rutin mencuci kendaraan bermotor.

 

Bagi Anda yang tertarik, Anda hanya perlu menyiapkan modal kecil sekitar Rp2 juta untuk jasa cuci motor sederhana atau Rp10 juta untuk jasa cuci motor profesional. Harganya sangat bergantung pada peralatan yang digunakan untuk mencuci kendaraan bermotor. Selain itu, jangan lupa siapkan biaya operasional termasuk gaji pegawai.

 

  • Jastip Barang Luar Negeri

Usaha sampingan yang paling sering dilakukan mahasiswa adalah jasa titip (jastip) beli barang luar negeri. Biasanya, bisnis ini dilakukan secara online, di mana penjual membuat akun khusus jastip di media sosial, lalu para pembeli akan mengakses akun ini untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan.

 

Usaha yang dikenal juga dengan istilah personal shopper ini menyasar negara-negara yang barangnya sudah terkenal, contohnya Turki, Prancis, Italia, Arab Saudi, Jerman, hingga Amerika Serikat.

 

Menariknya, modal yang dibutuhkan pun relatif kecil. Bahkan, Anda bisa memulainya tanpa modal sama sekali. Hal itu terjadi karena biasanya pembeli sudah menyetorkan biayanya pada penjual ditambah ongkos kirim dan biaya jasa. Itu sebabnya, omzet yang diterima sangat besar hingga menyentuh jutaan Rupiah.

 

  • Agen Asuransi

Pernah terpikir untuk menjadikan agen asuransi sebagai profesi sampingan? Bisa, loh! Saat ini, banyak karyawan swasta yang juga bekerja sebagai agen asuransi. Alasannya, bisnis ini tidak mengikat, tidak butuh modal, namun memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam program asuransi. 

 

Tentu saja, jika Anda ingin mendapat penghasilan besar sebagai agen asuransi, maka Anda harus mampu bekerja keras dan berhasil menjual produk asuransi dalam jumlah besar sampai memenuhi target.

 

Bagi yang ingin berbisnis sampingan sebagai agen asuransi, Anda bakal melalui beberapa tahap pelatihan. Tujuannya selain mengetahui wawasan produk, Anda juga mampu menarik calon nasabah dengan kemampuan persuasi yang baik.

 

  • Guru Les Privat

Butuh ide usaha sampingan di rumah? Jadi guru les saja! Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah atau kampus seringkali ditawarkan kepada mahasiswa atau pelajar. Tentu saja, tujuannya agar mereka mampu mendapatkan nilai bagus dan lulus dengan predikat memuaskan. Mata pelajaran yang paling diincar adalah Matematika, Fisika, dan Kimia.

 

Selain pelajaran sekolah, bahasa asing dan bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah penghasilan, khususnya bagi Anda yang memiliki skill sesuai materi yang hendak diampu.

 

Biasanya sebagai guru les, Anda akan mendatangi rumah murid satu persatu. Namun jika punya modal lebih, Anda bisa membuka tempat les privat sendiri di rumah. Jika dihitung secara kasar, modal yang harus dikeluarkan hanya sebesar Rp1 juta saja.

 

  • YouTuber atau Content Creator

Usaha sampingan bagi pemula yang bisa dicoba adalah menjadi YouTuber atau content creator. Bisnis ini bisa dilakukan siapa saja, mau laki-laki atau perempuan. Cukup bermodal smartphone, akses internet, dan akun media sosial, Anda sudah bisa menjalani bisnis tersebut.

 

Anda bisa melakoni usaha ini setelah selesai kerja atau waktu luang di kantor, asalkan tidak mengganggu dan tetap profesional. Agar bisa menjadi seorang influencer media sosial, Anda harus konsisten mengunggah konten yang tren di pasar.

 

Namun, jika tidak nyaman mengikuti tren, Anda bisa rajin-rajin mengunggah konten yang sesuai dengan minat atau passion Anda, baik soal kuliner, makeup, fashion, musik, dan sebagainya. Bila konten Anda menarik, bukan tidak mungkin jumlah follower dan subscriber Anda naik secara signifikan.

 

Nah, jumlah pengikut yang banyak akan membuka peluang brand-brand ternama melirik Anda dan menawari jasa endorsement. Penghasilannya lumayan, loh, bahkan bisa mencapai jutaan Rupiah!

 

  • Catering atau Bisnis Camilan

Catering atau bisnis camilan bisa jadi salah satu ide bisnis sampingan yang berpotensi cuan di tahun 2022 dan 2023. Usaha ini sangat diandalkan untuk acara-acara besar yang membutuhkan konsumsi massal, contohnya seperti pernikahan dan khitanan.

 

Secara khusus, bisnis catering ataupun camilan sangat cocok untuk Anda yang punya hobi memasak dan berkreasi di bidang kuliner. Aneka jajanan seperti brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan kue cucur sangat laris di pasaran dan biasanya langsung habis dalam sehari.

 

Jika Anda konsisten dengan usaha ini, bukan tidak mungkin bisnis makanan ini akan berkembang dan punya nama di kota Anda. Bahkan, jika sudah makin besar, Anda bisa menjual saham bisnis Anda di Pasar Sekunder Bizhare, loh!

 

  • Investasi di Platform Crowdfunding

Tidak punya waktu untuk mengurus bisnis sampingan tapi ingin memiliki penghasilan tambahan? Jangan khawatir, Anda tetap bisa “mengurus” bisnis sampingan dengan modal kecil. Caranya adalah dengan menginvestasikan pendapatan Anda di platform crowdfunding seperti Bizhare.

 

Nantinya, Anda bisa memilih aneka jenis bisnis yang tersedia di sini. Setelah itu, Anda bisa membeli saham usaha yang dirasa paling menjanjikan profitnya. Keuntungannya, Anda tidak perlu terjun langsung untuk mengelola bisnisnya. Cukup pantau perkembangannya kapanpun dan di manapun dari aplikasi Bizhare.

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bisnis sampingan adalah “rahasia” untuk menghasilkan dan meningkatkan passive income yang mampu menjaga masa depan Anda. Passive income adalah pondasi penting dalam memastikan kestabilan finansial Anda.

 

Anda ingin tahu rahasia cara paling ampuh untuk meraih masa depan yang terjamin? Klik button di bawah ini dan mulailah petualangan finansial Anda!

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang!

27644 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
701 Suka