08 January 2024
5 menit baca

Mengapa Investasi Penting? Berikut 10 Alasannya!

5 menit baca

mengapa investasi penting

 

Investasi adalah langkah cerdas yang dapat Anda ambil untuk mencapai keberhasilan finansial dalam jangka panjang. Meskipun begitu, masih banyak orang yang bertanya-tanya, kenapa sih harus investasi? Seberapa pentingnya investasi? Nah, berikut daftar alasan mengapa investasi menjadi bagian integral dari perencanaan keuangan Anda.

 

  • Meningkatkan Nilai Keuangan Anda

 

Investasi adalah kunci untuk meningkatkan nilai keuangan Anda. Ketika Anda meletakkan uang dalam instrumen investasi yang tepat, misalnya saham, obligasi, atau properti, Anda memberikan peluang bagi uang untuk tumbuh secara signifikan. 

 

Salah satu alasan utama mengapa investasi penting adalah karena kemampuannya untuk memberikan pengembalian yang lebih tinggi daripada menabung di bank. Ketika Anda menaruh uang Anda di bawah kasur, nilainya akan tetap sama atau bahkan berkurang seiring berjalannya waktu karena efek inflasi. 

 

Namun, dengan berinvestasi, Anda dapat mengharapkan pengembalian yang dapat mengalahkan laju inflasi, yang berarti Anda akan memiliki lebih banyak uang di masa depan daripada yang Anda miliki saat ini.

 

  • Mencegah Inflasi

 

Inflasi adalah fenomena ekonomi di mana harga barang dan jasa cenderung meningkat seiring berjalannya waktu. Artinya, uang Anda akan kehilangan daya belinya seiring berjalannya waktu jika Anda hanya menabung dalam bentuk uang tunai. 

 

Itu sebabnya, salah satu alasan kuat untuk berinvestasi adalah untuk melawan efek negatif dari inflasi. Dengan berinvestasi dalam instrumen yang memiliki potensi pengembalian yang lebih tinggi daripada tingkat inflasi, Anda dapat memastikan bahwa kondisi finansial tetap stabil untuk jangka panjang. 

 

Baca Juga: Apa itu Inflasi? Simak Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

 

  • Amankan Masa Depan Anda

 

Investasi juga merupakan cara yang efektif untuk mengamankan masa depan finansial Anda. Dengan berinvestasi secara bijak, Anda dapat membangun dana darurat yang dapat digunakan dalam situasi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau masalah kesehatan. 

 

Selain itu, investasi jangka panjang seperti dana pensiun dapat memberikan Anda keamanan finansial saat memasuki masa purna. Anda tidak perlu khawatir tentang mencari sumber pendapatan saat Anda tidak lagi bekerja.

 

Baca Juga: Kenapa Anda Harus Mempersiapkan Dana Pensiun dari Sekarang?

 

  • Mencapai Tujuan Keuangan Anda

 

Setiap orang memiliki tujuan keuangan yang berbeda. Beberapa orang bermimpi memiliki rumah impian, sementara yang lain ingin merencanakan pensiun yang nyaman. Investasi adalah alat yang kuat untuk mencapai tujuan ini. 

 

Dengan merencanakan investasi yang sesuai dengan tujuan Anda, Anda dapat membuat progres yang signifikan menuju mencapainya. Misalnya, jika Anda bermimpi memiliki rumah sendiri, berinvestasi dalam properti dapat membantu Anda mewujudkannya.

 

Baca Juga: Tujuan Keuangan: Pengertian, Jenis, & Cara Menentukannya

 

  • Diversifikasi Portofolio

 

Salah satu prinsip penting dalam investasi adalah diversifikasi portofolio. Dengan berinvestasi dalam berbagai instrumen seperti saham, obligasi, dan properti, Anda dapat mengurangi risiko yang terkait dengan fluktuasi pasar. 

 

Ketika Anda hanya menginvestasikan dana dalam satu jenis aset saja, Anda akan sangat rentan terhadap perubahan dalam aset tersebut. Namun, dengan diversifikasi, jika satu aset mengalami penurunan nilainya, yang lain mungkin tetap stabil atau bahkan naik.

 

Baca Juga: Pentingnya Diversifikasi Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

  • Menciptakan Passive Income

 

Salah satu alasan mengapa investasi begitu penting adalah kemampuannya untuk menciptakan penghasilan pasif. Dengan investasi yang cerdas, Anda dapat mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja secara aktif. 

 

Misalnya, jika Anda memiliki investasi dalam bentuk saham, Anda dapat menerima dividen secara berkala tanpa melakukan apa pun. Ini memberi Anda kebebasan finansial dan lebih banyak waktu untuk mengejar hal-hal yang Anda nikmati.

 

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Anda Wajib Punya Passive Income dari Sekarang

 

  • Meningkatkan Literasi Keuangan

 

Investasi juga merupakan cara yang baik untuk memahami dunia keuangan dengan lebih baik. Hal ini melibatkan partisipasi Anda secara aktif dalam pengelolaan keuangan Anda, membuat lebih sadar tentang berbagai instrumen investasi dan cara pasar beroperasi. 

 

Wawasan akan literasi keuangan ini dapat membantu Anda membuat keputusan finansial yang lebih cerdas dan mengelola risiko dengan lebih baik. Dengan demikian, Anda bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

  • Mengatasi Tantangan Keuangan

 

Tantangan keuangan seperti kehilangan pekerjaan atau masalah kesehatan dapat datang tanpa peringatan. Investasi yang telah Anda bangun dapat menjadi penyelamat dalam situasi-situasi ini. 

 

Dengan memiliki dana darurat atau investasi yang dapat dicairkan dengan cepat, Anda dapat menghadapi tantangan-tantangan ini dengan lebih tenang dan menghindari stres keuangan yang tidak perlu.

 

  • Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

 

Perkembangan teknologi telah membuka pintu bagi berbagai jenis investasi baru. Cryptocurrency, misalnya, adalah tren investasi yang signifikan. Meskipun berisiko tinggi, potensi keuntungannya juga besar. 

 

Selain itu, investasi online semakin populer, memungkinkan Anda mengelola portofolio Anda dengan lebih efisien dan mudah. Tentu saja, Anda harus berhati-hati dengan segala jenis bentuk investasi mencurigakan, apalagi yang menawarkan iming-iming return tinggi secara instan. 

 

  • Memberikan Warisan

 

Terakhir, investasi dapat menjadi cara yang baik untuk meninggalkan warisan bagi generasi mendatang. Dengan merencanakan investasi dengan bijak, Anda dapat memastikan bahwa anak cucu Anda akan memiliki keamanan finansial. 

 

Dengan kata lain, investasi sangatlah penting karena melindungi generasi di bawah atau atas Anda terhadap fenomena sandwich generation. Selain itu, investasi mampu mewujudkan cita-cita seluruh generasi untuk mencapai financial freedom

 

Baca Juga: Apa Itu Financial Freedom? Berikut Panduan untuk Mencapainya!

 

Amankan Masa Depan Anda dengan Investasi di Securities Crowdfunding Bizhare

 

Investasi sangat penting dilakukan sedini mungkin. Alasannya, selain yang disebutkan di atas, adalah kemampuannya dalam mengamankan masa depan finansial Anda. Maka dari itu, berinvestasi kini adalah sebuah kewajiban.

 

Nah, ada banyak pilihan instrumen yang bisa Anda gunakan untuk berinvestasi. Salah satunya yang paling populer adalah dengan berinvestasi di platform securities crowdfunding.

 

Kenapa Anda dianjurkan untuk investasi di securities crowdfunding di tahun 2023 ini? Alasannya, skema crowdfunding atau urun dana menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Kesimpulannya, investasi adalah kunci untuk mencapai keberhasilan finansial jangka panjang. Dengan berinvestasi, Anda dapat meningkatkan nilai keuangan Anda, melawan inflasi, mengamankan masa depan Anda, dan mencapai berbagai tujuan keuangan Anda. Jadi, mulailah berinvestasi sekarang untuk membangun masa depan keuangan yang lebih cerah.

1168 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
221 Suka