28 June 2024
5 menit baca

Berapakah Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun?

5 menit baca

Berapakah Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun?

 

Investasi emas telah menjadi pilihan favorit bagi banyak orang karena potensi keuntungannya yang signifikan. Tak hanya itu, emas punya ketahanan yang sangat kuat terhadap berbagai gejolak ekonomi, termasuk inflasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas berapa keuntungan investasi emas dalam setahun, serta faktor-faktor yang memengaruhinya. 

 

Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun

 

Ada berbagai keuntungan yang ditawarkan emas dibanding instrumen investasi lainnya. Di sini, Anda akan mempelajari secara mendalam tentang emas dan kelebihannya dalam jangka panjang.

 

Mengapa Memilih Investasi Emas?

Investasi emas telah menjadi pilihan populer selama bertahun-tahun. Emas dianggap sebagai aset yang aman dan stabil, terutama dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi dan inflasi. Selain itu, emas memiliki nilai intrinsik yang tidak tergantung pada kebijakan moneter atau kondisi ekonomi suatu negara.

 

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Benar untuk Pemula, Dijamin Untung!

 

Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun

 

Harus diakui, emas bukan instrumen yang mudah cair. Emas pun lebih cocok digunakan untuk investasi jangka panjang karena pertumbuhan nilainya yang lambat. Meskipun begitu, emas menyimpan potensi keuntungan yang sangat menarik.

 

  • Nilai yang Relatif Stabil

Emas dikenal sebagai aset dengan nilai yang relatif stabil dibandingkan dengan aset lainnya. Ketika kondisi ekonomi global tidak menentu, harga emas cenderung bertahan atau bahkan naik. Ini karena emas dianggap sebagai penyimpan nilai yang andal selama ketidakpastian ekonomi. Investor sering memilih emas sebagai bentuk perlindungan untuk portofolio mereka, menghindari fluktuasi tajam yang biasa terjadi pada pasar saham atau obligasi.

 

  • Potensi Kenaikan Harga

Selain stabilitas, emas juga memiliki potensi kenaikan harga yang signifikan. Dalam jangka panjang, harga emas cenderung meningkat karena permintaan yang terus tumbuh sementara pasokan relatif terbatas. Faktor-faktor seperti inflasi, suku bunga, dan kebijakan moneter juga dapat mempengaruhi harga emas, memberikan peluang bagi investor untuk meraih keuntungan yang lebih tinggi dari investasi mereka.

 

  • Likuiditas Tinggi

Emas merupakan aset yang sangat likuid, artinya dapat dengan mudah dijual atau ditukar dengan uang tunai kapan saja. Pasar emas global beroperasi 24 jam sehari, memungkinkan investor untuk melakukan transaksi kapan saja mereka inginkan. Likuiditas yang tinggi ini memberikan fleksibilitas bagi investor untuk mengelola portofolio mereka sesuai dengan kebutuhan dan situasi pasar yang ada.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Investasi emas dapat menjadi alat diversifikasi yang efektif dalam portofolio investasi. Dengan menambahkan emas ke dalam portofolio, investor dapat mengurangi risiko keseluruhan karena emas seringkali bergerak berlawanan arah dengan aset keuangan lainnya seperti saham dan obligasi. Diversifikasi ini membantu melindungi nilai portofolio saat pasar keuangan mengalami volatilitas.

 

  • Keamanan Investasi

Emas dianggap sebagai aset safe haven, yang berarti dianggap aman terutama pada masa krisis ekonomi atau ketidakpastian geopolitik. Investor sering beralih ke emas untuk melindungi kekayaan mereka ketika pasar keuangan lainnya menunjukkan tanda-tanda ketidakstabilan. Keamanan yang ditawarkan oleh emas membuatnya menjadi pilihan investasi yang menarik bagi mereka yang mencari perlindungan jangka panjang.

 

  • Pelindung dari Inflasi

Emas sering digunakan sebagai pelindung dari inflasi. Ketika tingkat inflasi meningkat, nilai mata uang biasanya menurun, tetapi nilai emas cenderung meningkat. Ini karena emas mempertahankan daya belinya seiring waktu. Sebagai hasilnya, investor yang memegang emas dapat melindungi aset mereka dari dampak negatif inflasi, menjaga kekayaan mereka tetap utuh.

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang dan Tips Memulainya

 

Cara Memaksimalkan Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun

 

Investasi emas adalah salah satu pilihan investasi yang aman dan menguntungkan. Namun, untuk memaksimalkan keuntungan dalam setahun, diperlukan strategi yang tepat. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi emas Anda.

 

  • Memilih Waktu yang Tepat untuk Membeli dan Menjual

Membeli dan menjual emas pada waktu yang tepat adalah kunci utama dalam investasi emas. Fluktuasi harga emas dapat sangat mempengaruhi keuntungan yang Anda peroleh. 

 

Amati tren pasar emas untuk menentukan waktu terbaik membeli emas ketika harganya rendah dan menjualnya ketika harga naik. Analisis historis harga emas dan prediksi dari para ahli dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dalam setahun.

 

  • Diversifikasi Investasi

Diversifikasi adalah strategi penting dalam investasi untuk mengurangi risiko. Hal ini juga berlaku dalam investasi emas. Jangan hanya berinvestasi dalam bentuk emas batangan saja. 

 

Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam bentuk koin emas, perhiasan, atau bahkan reksa dana emas. Diversifikasi jenis investasi emas dapat membantu melindungi portofolio Anda dari fluktuasi harga yang tajam dan meningkatkan peluang mendapatkan keuntungan.

 

  • Memanfaatkan Teknologi dan Platform Investasi Online

Teknologi telah mempermudah akses investasi emas. Memanfaatkan platform online dapat memberikan keuntungan lebih dalam investasi emas. Gunakan platform investasi emas online yang terpercaya untuk membeli dan menjual emas. 

 

Platform ini sering kali menawarkan harga yang lebih kompetitif dan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan membeli secara fisik. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti notifikasi harga dan analisis pasar untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan investasi.

 

  • Memperhatikan Faktor Ekonomi Global

Kondisi ekonomi global sangat mempengaruhi harga emas. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan perkembangan ekonomi dunia. Faktor-faktor seperti inflasi, suku bunga, dan kebijakan moneter dari bank sentral dapat mempengaruhi harga emas. 

 

Memantau berita dan analisis ekonomi dapat membantu Anda memprediksi pergerakan harga emas dan mengambil keputusan investasi yang lebih baik. Dengan demikian, Anda bisa meraih keuntungan yang lebih besar dalam setahun.

 

  • Mengikuti Edukasi dan Pelatihan Investasi Emas

Pengetahuan dan keterampilan dalam investasi emas adalah aset yang sangat berharga. Edukasi dan pelatihan dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam berinvestasi. 

 

Ikuti kursus, seminar, atau baca buku tentang investasi emas untuk memperdalam pengetahuan Anda. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pasar emas dan strategi investasi, Anda akan lebih siap dalam mengambil keputusan yang tepat dan memaksimalkan keuntungan dari investasi emas Anda.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

Contoh Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun

 

Untuk mengetahui keuntungan investasi emas dalam setahun, kita perlu melihat harga emas pada tahun lalu dan membandingkannya dengan harga emas hari ini.

 

Menurut berbagai sumber, pada Juni 2023, harga emas batangan per gramnya adalah Rp1.037.000. Sementara itu, per 24 Juni 2024, harga emas batangan 24 karat Antam naik menjadi Rp1.349.000 per gram​.

 

Dari data ini, terlihat ada kenaikan sekitar Rp312.000 per gram dalam setahun. Jika dihitung, kenaikan tersebut sekitar 30% year-on-year.

 

Meskipun kenaikan ini cukup signifikan, perlu diingat bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan dalam jangka panjang. Para ahli menyarankan untuk menyimpan investasi emas setidaknya 5 hingga 10 tahun untuk mendapatkan keuntungan yang lebih optimal. Dalam periode ini, kenaikan harga emas bisa mencapai dua kali lipat atau lebih, sehingga potensi keuntungan yang didapat akan lebih besar.

 

Investasi emas memang menunjukkan kecenderungan harga yang terus naik dari tahun ke tahun, meskipun terkadang kenaikannya terlihat kecil dalam jangka pendek. Oleh karena itu, investasi emas tetap dianggap sebagai pilihan yang stabil dan menguntungkan dalam jangka panjang.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

145 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
30 Suka