22 March 2024
3 menit baca

Investasi Emas Digital: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Membelinya

3 menit baca

emas digital

 

Investasi emas digital merupakan salah satu bentuk investasi yang semakin populer di era modern sekarang ini. Melalui platform investasi yang terpercaya, Anda dapat memiliki dan berinvestasi dalam emas tanpa perlu membeli secara fisik.

 

Apa itu Emas Digital?

 

Emas digital adalah bentuk investasi yang memungkinkan individu untuk memiliki dan berinvestasi dalam emas secara virtual. 

 

Dalam era digital ini, emas digital telah menjadi alternatif populer bagi mereka yang tertarik untuk memiliki emas tanpa harus membeli dan menyimpannya secara fisik. 

 

Investasi ini dilakukan melalui platform investasi yang menyediakan kemudahan dalam pembelian, penjualan, dan penyimpanan emas secara digital.

 

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Benar untuk Pemula, Dijamin Untung!

 

Keuntungan Berinvestasi di Emas Digital

 

Berinvestasi di emas digital memiliki beberapa keuntungan yang menarik. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan!

 

  • Aksesibilitas Tinggi

Salah satu keuntungan utama dari emas digital adalah aksesibilitas yang tinggi. Anda dapat melakukan investasi dalam emas digital kapan saja dan di mana saja, hanya dengan koneksi internet. Tidak perlu lagi mengunjungi toko emas fisik atau memiliki tempat penyimpanan khusus untuk emas.

 

  • Likuiditas

Emas digital dapat dengan mudah diperjualbelikan. Anda dapat membeli dan menjual emas digital sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini memberikan tingkat likuiditas yang tinggi dan fleksibilitas dalam mengelola investasi Anda.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Investasi emas digital dapat menjadi tambahan yang baik untuk diversifikasi portofolio Anda. Dengan memiliki aset yang berbeda, Anda dapat mengurangi risiko investasi Anda. Emas digital dapat memberikan kestabilan nilai dalam portofolio Anda, terutama dalam kondisi pasar yang fluktuatif.

 

Baca Juga: Pentingnya Diversifikasi Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

  • Perlindungan Nilai 

Emas telah lama diakui sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakstabilan ekonomi. Investasi emas digital dapat memberikan perlindungan nilai yang serupa. Nilai emas cenderung tetap stabil atau bahkan meningkat seiring waktu, menjadikannya pilihan yang baik dalam jangka panjang.

 

Perbedaan Emas Digital dan Emas Batangan

 

Meskipun emas digital dan emas batangan memiliki nilai emas yang sama, ada perbedaan signifikan antara keduanya. Berikut adalah perbedaan utama antara emas digital dan emas batangan!

 

  • Bentuk Kepemilikan

Emas batangan adalah bentuk kepemilikan fisik. Anda benar-benar memiliki emas fisik yang perlu disimpan dengan aman. Di sisi lain, emas digital adalah kepemilikan virtual. Anda memiliki sejumlah emas yang direpresentasikan secara digital dan disimpan dalam platform investasi.

 

  • Kemudahan Transaksi

Transaksi emas batangan melibatkan kunjungan ke toko emas fisik dan proses penyerahan fisik. Ini bisa memakan waktu dan biaya tambahan. Dalam emas digital, transaksi dilakukan secara online melalui platform investasi. Prosesnya lebih cepat dan lebih efisien.

 

  • Pemecahan Unit

Emas batangan umumnya memiliki ukuran standar tertentu, seperti gram atau ons. Jika Anda ingin membeli emas batangan, Anda harus membeli dalam jumlah tersebut. Emas digital memungkinkan Anda untuk membeli dalam jumlah yang lebih kecil sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat berinvestasi dengan jumlah yang lebih fleksibel.

 

Cara Membeli Emas Digital

 

Membeli emas digital sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

 

  • Pilih Platform Investasi

Cari platform investasi yang menyediakan layanan pembelian emas digital. Pastikan platform tersebut memiliki reputasi yang baik dan diakui oleh banyak orang.

 

  • Daftar dan Buat Akun

Daftar di platform investasi yang Anda pilih dan buat akun. Anda mungkin perlu memberikan informasi pribadi dan melakukan verifikasi identitas.

 

  • Pendanaan Akun

Setelah akun Anda dibuat, Anda perlu mendanai akun tersebut. Transfer dana dari rekening bank Anda ke akun investasi Anda. Pastikan untuk memeriksa metode dan kebijakan pendanaan yang tersedia di platform.

 

  • Pilih Emas Digital

Setelah akun Anda terisi, jelajahi pilihan emas digital yang tersedia di platform. Perhatikan faktor-faktor seperti harga, kualitas, dan keandalan produsen emas tersebut. Pilih emas digital yang sesuai dengan preferensi Anda.

 

  • Lakukan Pembelian

Setelah Anda memilih emas digital yang ingin dibeli, ikuti instruksi di platform untuk menyelesaikan proses pembelian. Anda mungkin perlu mengonfirmasi jumlah yang ingin Anda beli dan mengonfirmasi pesanan Anda sebelum melakukan pembayaran.

 

  • Penyimpanan Emas Digital

Emas digital yang Anda beli akan disimpan dalam akun investasi Anda. Anda dapat melihat saldo emas digital Anda dan memantau kinerja investasi Anda melalui platform tersebut. Pastikan untuk mengamankan informasi login dan kata sandi Anda dengan baik.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

Investasi emas digital adalah alternatif menarik bagi mereka yang ingin berinvestasi dalam emas dengan mudah dan fleksibel. Dengan keuntungan aksesibilitas tinggi, likuiditas, dan perlindungan nilai yang ditawarkannya, emas digital dapat menjadi bagian yang berharga dalam portofolio investasi Anda. Pastikan untuk menggunakan platform investasi yang tepercaya dan memahami risiko dan manfaat yang terkait dengan investasi ini.

931 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
182 Suka