23 February 2024
4 menit baca

Cara Investasi Emas yang Benar untuk Pemula, Dijamin Untung!

4 menit baca

 

Investasi emas sudah ada sejak lama dan telah terbukti sebagai salah satu bentuk investasi yang stabil. Meskipun harga emas dapat berfluktuasi, nilai emas cenderung naik seiring waktu. Selain itu, investasi emas juga relatif mudah dilakukan dan dapat diakses oleh semua orang. Berikut ulasan lengkap mengenai investasi logam mulia ini!

 

Keuntungan Investasi Emas

 

Emas adalah aset yang dapat diandalkan dan telah digunakan sebagai alat perdagangan selama berabad-abad. Selain itu, emas dapat menjadi investasi terbaik untuk melindungi kekayaan Anda dari inflasi atau ketidakpastian ekonomi.

 

  • Nilai Investasi yang Tinggi

Emas adalah salah satu aset yang nilainya cenderung stabil dan tidak terlalu fluktuatif dibandingkan dengan investasi lain seperti saham. Hal ini membuat investasi emas menjadi salah satu pilihan yang baik bagi mereka yang ingin melindungi kekayaan mereka dari volatilitas pasar.

 

  • Perlindungan dari Inflasi

Emas dapat berfungsi sebagai asuransi nilai, karena nilainya cenderung bertahan atau meningkat ketika nilai mata uang turun. Seiring dengan meningkatnya inflasi, nilai emas cenderung meningkat. Oleh karena itu, investasi emas dapat membantu melindungi kekayaan Anda dari inflasi.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Investasi emas dapat membantu mengurangi risiko portofolio Anda, karena tidak berkorelasi dengan investasi lain seperti saham atau obligasi. Dengan menambahkan investasi emas dalam portofolio Anda, Anda dapat mencapai diversifikasi yang lebih baik.

 

  • Likuiditas yang Tinggi

Emas adalah salah satu aset yang sangat likuid, artinya mudah untuk membeli atau menjual emas. Anda dapat dengan mudah menjual emas Anda untuk memperoleh uang tunai ketika Anda membutuhkannya.

 

Keuntungan Emas dalam 1 Tahun 

 

Berdasarkan data per tanggal 11 April 2023, grafik harga emas cenderung mengalami kenaikan hingga menyentuh harga Rp1.023.175 per gram. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan bagi para investor logam mulia untuk memperoleh keuntungan investasi emas dalam setahun hingga 11,77% dalam setahun terakhir.

 

Tren emas sendiri selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tanggal 24 Maret 2021 misalnya, harga emas antam menunjukkan harga Rp921.000 per gram. Tanggal 9 Maret 2022, aset logam mulia ini tembus ke harga Rp1.036.000 per gram.

 

Meski mengalami sedikit penurunan, harga logam mulia masih lebih tinggi daripada satu tahun sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk memilih aset ini aman sebagai instrumen investasi jangka panjang.

 

Jika Anda mulai berinvestasi produk ini sekarang, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dalam jangka waktu 5–10 tahun ke depan karena nilainya cenderung selalu naik setiap tahunnya. Dengan kata lain, investasi ini sangat cocok untuk jangka panjang.

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang dan Tips Memulainya

 

Kerugian Investasi Emas

 

Emas mungkin memiliki banyak keuntungan, tetapi seperti investasi lainnya, ada juga risiko kerugian. Beberapa kerugian yang mungkin terjadi ketika melakukan investasi emas antara lain:

 

  • Pergerakan Harga yang Tidak Menentu

 

Harga emas bisa sangat fluktuatif dan berubah secara tiba-tiba. Bahkan dengan analisis pasar yang mendalam, tidak ada jaminan bahwa harga akan naik. Harga emas bisa turun tajam dalam waktu singkat, sehingga investor harus bersiap menghadapi kemungkinan ini.

 

  • Tidak Ada Penghasilan Pasif

 

Emas tidak menghasilkan pendapatan pasif seperti dividen yang diterima dari investasi saham. Investasi emas hanya menghasilkan keuntungan jika harga emas naik saat dijual. Jika harga tidak naik, investor tidak akan mendapatkan keuntungan apa pun.

 

  • Biaya yang Tinggi

 

Investasi emas seringkali memerlukan biaya yang cukup besar untuk membeli emas fisik atau menggunakan layanan perantara untuk membeli emas. Biaya penyimpanan juga bisa menjadi masalah, terutama jika investor memutuskan untuk menyimpan emas fisik di brankas atau tempat penyimpanan khusus.

 

  • Potensi Kecurangan

 

Investasi ini juga rentan terhadap penipuan dan pemalsuan. Emas palsu dapat ditemukan di pasar, sehingga investor harus sangat berhati-hati dalam memilih tempat pembelian dan memverifikasi keaslian emas yang dibeli.

 

Tips Cara Investasi Emas untuk Pemula

 

Emas memang sangat menjanjikan untuk dijadikan instrumen investasi. Agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan.

 

  • Pilih Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, Anda harus mempertimbangkan jenis investasi emas yang akan Anda pilih. Ada beberapa jenis investasi emas, seperti emas fisik seperti perhiasan atau koin emas, atau bisa membeli emas dalam bentuk logam mulia atau reksadana emas. Pilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

 

  • Perhatikan Fluktuasi Harga Emas

Harga emas fluktuatif dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, perhatikan harga emas yang sedang berlaku di pasar sebelum membelinya. Jangan terburu-buru membeli emas saat harga sedang tinggi. Sebaiknya tunggu hingga harga stabil atau turun untuk membeli emas.

 

  • Pilih Tempat Pembelian Emas yang Aman dan Terpercaya

Cara investasi emas selanjutnya adalah pergi ke toko emas. Pastikan Anda membelinya dari tempat yang terpercaya dan aman. Pilihlah toko emas yang memiliki reputasi baik dan memperoleh sertifikat keaslian emas tersebut. Anda juga bisa membeli emas di bank atau lembaga keuangan resmi yang memiliki izin dari Bank Indonesia.

 

  • Simpan di Tempat yang Aman

Setelah membeli emas, pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman dan terpercaya. Sebaiknya simpan emas Anda di brankas atau bank agar terhindar dari risiko pencurian atau kehilangan.

 

  • Jangan Terlalu Sering Memantau Harga Emas

Pergerakan harga emas bisa sangat fluktuatif dan cenderung volatil. Jangan terlalu sering memantau harga emas karena bisa membuat Anda terlalu khawatir atau terlalu euforia. Anda bisa memantau harga emas secara berkala, misalnya setiap beberapa bulan sekali.

 

Investasi Patungan Saham, Alternatif Investasi Emas

 

Investasi patungan saham adalah salah satu alternatif investasi yang bisa menjadi pilihan bagi pemula yang ingin mencoba berinvestasi. Investasi ini dianggap memiliki potensi keuntungan yang besar, meskipun risikonya tidak kecil.

 

Skema patungan atau urun dana sendiri adalah investasi di mana investor memberikan pendanaan pada bisnis modal kecil, seperti UMKM dan startup. Pendanaan ini diselenggarakan oleh platform securities crowdfunding yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan mendapat izin untuk melakukan urun dana.

 

Nah, salah satu platform investasi patungan terbaik yang bisa Anda coba adalah Bizhare. Berdiri sejak tahun 2018, Bizhare berkomitmen untuk menjadi platform securities crowdfunding terkemuka di Indonesia. 

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis UMKM pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini.  

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa investasi emas merupakan salah satu pilihan terbaik yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi para investor. 

 

Namun, Teman Bizharian sebaiknya berhati-hati saat melakukan investasi ini karena tetap menyimpan risikonya sendiri. Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu, memilih jenis investasi yang sesuai, hingga memahami risiko yang terkait dengan logam mulia.

993 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
188 Suka