08 March 2024
5 menit baca

10 Jenis Investasi untuk Pemula, Aman & Cuan!

5 menit baca

jenis investasi pemula

 

Investasi merupakan langkah bijak yang dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk pemula. Dengan berinvestasi, Anda dapat mengembangkan dana Anda secara stabil dan bahkan meraih keuntungan yang signifikan. Namun, sebagai pemula, penting untuk memahami berbagai jenis investasi yang ada agar dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko Anda. Berikut adalah daftar jenis instrumen investasi yang aman dan menguntungkan untuk pemula.

 

  • Deposito

 

Deposito adalah produk perbankan di mana Anda menyetorkan sejumlah uang ke bank atau lembaga keuangan tertentu untuk jangka waktu tertentu. Uang yang Anda setorkan ini akan diberikan kembali kepada Anda setelah jangka waktu tertentu tersebut berakhir. Selama jangka waktu ini, bank akan memberikan bunga kepada Anda sesuai dengan tingkat suku bunga yang telah disepakati.

 

Investasi deposito sangat cocok untuk pemula karena memiliki risiko yang rendah dan tingkat pengembalian yang pasti. Jangka waktu deposito bisa bervariasi, mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun. Setelah jangka waktu berakhir, Anda dapat menarik dana beserta bunga yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Baca Juga: Apa itu Deposito? Pahami Pengertian, Kelebihan, dan Tips Memilih Deposito Terbaik

 

  • Reksa Dana

 

Reksa dana adalah tipe investasi di mana Anda menitipkan uang untuk dikelola oleh pihak ketiga. Pihak ini biasa disebut sebagai manajer investasi, di mana tugas dan wewenangnya mendapat pengawasan penuh dari bank.

 

Manfaat berinvestasi dalam reksa dana adalah diversifikasi risiko, karena dana Anda akan diinvestasikan dalam berbagai instrumen keuangan. Reksa dana juga dikelola oleh manajer investasi yang ahli, sehingga cocok bagi pemula yang belum memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar modal.

 

Baca Juga: Reksa Dana: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Risikonya

 

  • Investasi Emas

 

Investasi yang cocok untuk pemula lainnya adalah emas. Anda dapat membeli emas fisik atau melalui produk investasi emas lainnya, seperti emas digital atau perhiasan, walau tidak dianjurkan. 

 

Emas dianggap sebagai investasi yang aman karena nilainya cenderung stabil atau bahkan meningkat seiring waktu. Emas juga dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakstabilan ekonomi. Bagi pemula, investasi emas bisa menjadi pilihan yang menarik untuk memulai diversifikasi portofolio mereka.

 

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Benar untuk Pemula, Dijamin Untung!

 

  • Obligasi

 

Obligasi adalah surat berharga yang merupakan bukti utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Penerbit obligasi dapat berupa pemerintah, perusahaan, atau lembaga keuangan. 

 

Obligasi memberikan imbal hasil berupa bunga yang tetap atau mengambang, serta jatuh tempo tertentu di mana penerbit obligasi akan mengembalikan pokok utang kepada pemegang obligasi. Obligasi cocok bagi pemula yang menginginkan investasi dengan risiko yang lebih rendah dibandingkan saham namun tetap memberikan imbal hasil yang stabil.

 

  • Surat Berharga Negara (SBN)

 

Surat Berharga Negara (SBN) adalah instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah untuk meminjam dana dari masyarakat. SBN memiliki berbagai jenis, seperti obligasi negara dan sukuk negara, yang masing-masing memiliki karakteristik dan tingkat pengembalian yang berbeda. 

 

Keuntungan berinvestasi dalam SBN adalah tingkat keamanan yang tinggi karena dijamin oleh pemerintah. SBN juga memberikan imbal hasil yang kompetitif dibandingkan dengan produk investasi lainnya.

 

Baca Juga: Surat Berharga Negara (SBN): Pengertian dan Jenisnya

 

  • ETF (Exchange-Traded Fund)

 

Exchange-Traded Fund (ETF) adalah sekuritas berbentuk reksa dana yang diperdagangkan di bursa pasar modal layaknya seperti saham. ETF mengikuti kinerja indeks, komoditas, obligasi, atau aset lainnya. 

 

Keuntungan utama ETF adalah kemudahan dalam berinvestasi dan diversifikasi portofolio yang luas. ETF cocok bagi pemula yang ingin berinvestasi dalam berbagai instrumen keuangan namun tidak memiliki modal besar atau pengetahuan yang mendalam tentang pasar modal.

 

  • Investasi Saham

 

Saham adalah bagian kepemilikan dalam sebuah perusahaan yang diperdagangkan di pasar saham. Ketika seseorang membeli saham, artinya mereka memiliki bagian dari perusahaan tersebut. 

 

Nantinya, saham dapat memberikan keuntungan berupa capital gain (keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual saham) dan dividen (bagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham). 

 

Namun, investasi saham juga memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi lainnya, karena harga saham dapat berfluktuasi secara signifikan. Untuk itu, pemula disarankan untuk memahami prinsip dasar investasi saham dan melakukan riset yang matang sebelum berinvestasi.

 

Baca Juga: Apa itu Saham: Pengertian, Risiko, dan Cara Membelinya

 

  • Unit Link

 

Unit Link adalah produk asuransi yang juga memiliki fitur investasi. Dalam Unit Link, sebagian premi yang dibayarkan oleh pemegang polis akan diinvestasikan dalam berbagai instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, atau reksa dana. 

 

Unit Link cocok bagi pemula yang ingin menggabungkan perlindungan asuransi dengan investasi, namun perlu diperhatikan bahwa biaya administrasi dan manajemen dalam Unit Link dapat mengurangi potensi keuntungan investasi.

 

  • Properti

 

Investasi properti adalah investasi dalam bentuk kepemilikan atau pengembangan properti, seperti rumah, apartemen, atau tanah. Investasi properti dapat memberikan keuntungan berupa capital gain (kenaikan nilai properti) dan penghasilan pasif (sewa). 

 

Namun, investasi properti juga memerlukan modal yang besar, serta perencanaan dan manajemen yang baik. Bagi pemula, investasi properti dapat menjadi pilihan yang menarik untuk diversifikasi portofolio mereka dalam jangka panjang.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Dari Nol, Khusus Pemula

 

  • Crowdfunding

 

Di zaman sekarang, Anda bisa menemukan beragam instrumen investasi menarik. Namun, tahukah Anda bahwa investasi di platform securities crowdfunding sangat dianjurkan untuk financial freedom di masa depan?

 

Alasannya, skema crowdfunding atau urun dana menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Sebelum memilih jenis investasi, pastikan untuk memahami risiko dan potensi keuntungannya. Konsultasikan juga dengan financial advisor untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Dengan memilih investasi yang tepat, Anda dapat memulai perjalanan investasi Anda dengan aman dan menguntungkan.

 

Investasi Sekarang dan #AmankanMasaDepanMu

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Kesimpulannya, memiliki passive income adalah hal vital yang harus Anda lakukan mulai sekarang. Dengan demikian, masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang!

321 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
35 Suka