23 February 2024
4 menit baca

Apa itu Saham: Pengertian, Risiko, dan Cara Membelinya

4 menit baca

 

Salah satu jenis investasi yang populer dan memiliki potensi keuntungan yang tinggi adalah investasi saham. Dalam dunia keuangan, saham merupakan instrumen yang menarik perhatian banyak investor karena memberikan peluang bagi mereka untuk menjadi pemilik sebagian dari perusahaan dan berpartisipasi dalam keuntungan perusahaan tersebut. Namun kira-kira, apa itu saham sebenarnya?

 

Pengertian Saham

 

Saham adalah bagian kepemilikan dalam sebuah perusahaan yang diperdagangkan di pasar saham. Ketika seseorang membeli saham, artinya mereka memiliki bagian dari perusahaan tersebut. 

 

Saham dijual dalam bentuk unit-unit kecil yang dikenal sebagai lot atau lembar saham. Masing-masing lembar saham mewakili sejumlah kecil kepemilikan dalam perusahaan.

 

Secara umum, ketika seseorang membeli saham, mereka memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham perusahaan dan berhak mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen. 

 

Saham juga memberikan kesempatan bagi para investor untuk mendapatkan keuntungan melalui kenaikan nilai saham tersebut. Jika harga saham meningkat, maka nilai kepemilikan mereka juga akan naik.

 

Jenis-jenis Saham

 

Ada beberapa jenis saham yang perlu Anda ketahui sebelum memulai investasi. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  • Saham Biasa

Saham biasa adalah jenis saham yang memberikan hak suara kepada pemiliknya dalam rapat umum pemegang saham perusahaan. Pemilik saham biasa juga berhak mendapatkan dividen jika perusahaan membagikan keuntungan kepada pemegang saham.

 

  • Saham Preferen

Saham preferen adalah jenis saham yang memberikan hak-hak istimewa kepada pemiliknya. Pemilik saham preferen biasanya mendapatkan dividen tetap dan memiliki hak klaim lebih tinggi terhadap aset perusahaan jika terjadi likuidasi.

 

  • Saham Blue Chip

Saham blue chip adalah saham dari perusahaan yang terkenal, mapan, dan memiliki reputasi yang baik. Saham blue chip umumnya dianggap sebagai investasi yang stabil dan memiliki potensi keuntungan jangka panjang.

 

Baca Juga: Daftar Saham Blue Chip Terbaik di Indonesia 2024 dan Cara Membelinya

 

Keuntungan Saham

 

Investasi saham dapat memberikan sejumlah keuntungan kepada para investor. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diketahui mengenai keuntungan saham:

 

  1. Potensi Keuntungan: Investasi saham dapat memberikan keuntungan yang tinggi dalam jangka panjang. Jika Anda memilih saham yang berkembang dengan baik, Anda dapat melihat nilai investasi Anda meningkat secara signifikan.
  2. Dividen: Jika Anda membeli saham biasa, Anda berhak mendapatkan dividen jika perusahaan membagikan keuntungan kepada pemegang saham. Dividen dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi para investor.
  3. Diversifikasi Portofolio: Investasi saham memungkinkan Anda untuk memvariasikan portofolio investasi Anda. Dengan memiliki saham dari berbagai perusahaan di berbagai sektor, Anda dapat mengurangi risiko investasi Anda.

 

Baca Juga: Pentingnya Diversifikasi Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

Risiko Saham

 

Meskipun investasi saham memiliki potensi keuntungan yang tinggi, ada juga risiko yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa poin penting mengenai risiko saham.

 

  1. Risiko Pasar: Harga saham dapat berfluktuasi secara signifikan tergantung pada kondisi pasar. Perubahan dalam faktor ekonomi, politik, atau sosial dapat mempengaruhi nilai saham Anda.
  2. Risiko Perusahaan: Investasi saham membawa risiko terhadap kinerja perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Jika perusahaan mengalami kesulitan keuangan atau menghadapi masalah operasional, nilai saham Anda dapat turun.
  3. Risiko Likuiditas: Saham mungkin sulit untuk dijual dengan cepat jika terjadi kebutuhan mendesak. Likuiditas yang rendah dapat menyulitkan Anda untuk mengambil keputusan investasi yang tepat.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

Cara Membeli Saham

 

Membeli saham dapat dilakukan melalui beberapa langkah yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah cara membeli saham:

 

  1. Tentukan Tujuan dan Rencana Investasi: Tentukan tujuan investasi Anda dan rencanakan berapa banyak uang yang ingin Anda investasikan dalam saham.
  2. Pilih Broker Saham: Cari dan pilih broker saham yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Broker akan membantu Anda dalam proses pembelian dan penjualan saham.
  3. Buka Rekening Saham: Buka rekening saham dengan broker pilihan Anda. Isi formulir yang diperlukan dan siapkan dokumen yang diminta.
  4. Lakukan Riset Saham: Sebelum membeli saham, lakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan dan saham yang ingin Anda beli. Tinjau kinerja perusahaan, prospek masa depan, dan analisis pasar.
  5. Lakukan Pembelian Saham: Setelah Anda menemukan saham yang ingin Anda beli, berikan instruksi kepada broker Anda untuk melakukan pembelian saham tersebut.

 

Baca Juga: 15 Cara Belajar Investasi Saham dari Nol, Pemula Wajib Baca!

 

Cara Membeli Saham di Securities Crowdfunding, Mulai dari Rp1 Juta!

 

Investasi saham sering kali dianggap sebagai bentuk investasi yang membutuhkan modal besar. Salah satu faktor yang membuat harga saham terlihat mahal adalah harga per lot saham. 

 

Setiap lot saham umumnya memiliki jumlah saham tertentu yang harus dibeli sebagai satu paket. Hal ini membuat para investor terkadang kesulitan untuk membeli saham dengan modal yang terbatas.

 

Namun, ada solusi bagi Anda yang ingin memulai investasi saham dengan modal yang lebih terjangkau. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah melalui platform urun dana atau securities crowdfunding

 

Di sini, sejumlah investor bersama-sama berinvestasi dalam suatu proyek atau perusahaan dengan membeli saham. Dengan cara ini, Anda dapat membeli saham dengan modal yang lebih kecil dan terjangkau bagi semua kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga Ibu rumah tangga.

 

Sebagai contoh, di platform securities crowdfunding Bizhare, Anda bisa membeli saham franchise-franchise populer dengan harga mulai dari Rp1 juta saja. Harga ini sudah sepadan dengan keuntungan besar yang diberikan, lengkap dengan jaminan keamanan dari Otoritas Jasa Keuangan.

 

Untuk ulasan lengkap mengenai skema bisnis dan cara berinvestasi di Bizhare, silakan membaca lengkap artikel di bawah ini. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Investasi saham dapat menjadi alternatif yang menarik bagi para investor yang mencari keuntungan jangka panjang. Dengan pemahaman yang baik mengenai pengertian saham, jenis-jenis saham, keuntungan dan risiko saham, serta cara membeli saham, Anda dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas.

793 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
151 Suka