09 January 2024
4 menit baca

17 Tips Sukses dan Mapan Sebelum Usia 30 Tahun

4 menit baca

sukses sebelum usia 30 tahun

 

Anda ingin sukses, mapan, kaya raya, dan merdeka secara finansial sebelum usia 30 tahun? Bisa banget! Anda bisa mulai melakukan tips dan trik jitunya di bawah ini. Dijamin, tidak hanya mencapai financial freedom, Anda juga bisa mulai meningkatkan kualitas hidup ke level yang lebih tinggi.

 

  • Prioritaskan Pendidikan

 

Tips sukses dan mapan sebelum usia 30 tahun pertama adalah fokus pada pendidikan. Alasannya, pendidikan membuka ribuan peluang menjanjikan di masa depan. Dapatkan gelar atau kualifikasi yang relevan dengan minat Anda. Perlu diingat bahwa investasi dalam pengetahuan dan keterampilan dapat membantu Anda mencapai pekerjaan yang lebih baik dan lebih menguntungkan.

 

  • Buat Perencanaan Keuangan

 

Mulailah merencanakan keuangan Anda dengan membuat anggaran dan menabung sejak dini. Ini adalah langkah pertama yang sangat penting dalam mencapai kestabilan finansial, karena dapat membantu Anda menghindari masalah keuangan di masa depan.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

  • Terapkan “Investasi ke Leher Atas”

 

Investasi leher ke atas adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis investasi yang melibatkan peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan pengembangan diri seseorang. Belajarlah terus menerus dan tingkatkan keterampilan Anda untuk meningkatkan nilai di pasar kerja. Perlu diingat bahwa perkembangan pribadi dan profesional adalah kunci untuk meraih kesuksesan jangka panjang. 

 

Baca Juga: Apa itu Investasi Leher ke Atas? Simak Penjelasan Lengkapnya!

 

  • Miliki Tujuan Keuangan Jangka Pendek dan Panjang

 

Tentukan tujuan keuangan dan rencanakan cara mencapainya. Menetapkan tujuan memberikan arah yang jelas dalam pengelolaan keuangan Anda, apakah itu untuk membeli rumah, bepergian, atau pensiun dini.

 

Baca Juga: Tujuan Keuangan: Pengertian, Jenis, & Cara Menentukannya

 

  • Hindari Utang yang Tidak Perlu

 

Jauhi utang konsumsi yang tidak perlu, dan pertimbangkan untuk melunasi utang Anda. Utang yang dikelola dengan bijak dapat menjadi alat yang berguna, tetapi utang yang tidak terkendali dapat membebani keuangan Anda.

 

  • Segera Buat Asuransi

 

Pertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk melindungi diri dan keluarga Anda. Asuransi adalah langkah perlindungan finansial yang sangat penting untuk mengatasi risiko tak terduga.

 

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

 

  • Buat Dana Darurat

 

Selalu simpan dana darurat yang cukup untuk mengatasi keadaan urgent. Dana darurat memberikan perlindungan finansial saat menghadapi situasi tak terduga seperti kehilangan pekerjaan atau krisis kesehatan.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkannya

 

  • Rencanakan Pensiun Anda

 

Mulailah menabung untuk pensiun sejak dini untuk memastikan keamanan finansial di masa tua. Pensiun adalah tujuan jangka panjang yang memerlukan persiapan sejak muda.

 

Baca Juga: Cara Menghitung & Mempersiapkan Dana Pensiun, Yuk Mulai dari Sekarang!

 

  • Jangan Cepat Terpengaruh Gaya Hidup

 

Jaga gaya hidup Anda agar sesuai dengan pendapatan Anda, hindari gaya hidup yang mewah. Mengelola pengeluaran dan menghindari utang yang tidak perlu adalah kunci menjaga keuangan stabil.

 

  • Kembangkan Jejaring Channel

 

Bangun dan pertahankan hubungan profesional yang kuat, karena jaringan Anda dapat membantu dalam karier dan bisnis. Koneksi dengan orang-orang yang dapat memberikan peluang dan dukungan adalah aset berharga dalam mencapai sukses.

 

  • Pahami dan Kelola Risiko

 

Belajarlah untuk memahami dan mengelola risiko dalam keuangan Anda. Risiko adalah bagian alami dari investasi dan kehidupan, tetapi pemahaman yang baik tentang risiko dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih bijak.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

  • Pertimbangkan Jadi Wirausaha

 

Jika memiliki ide bisnis, pertimbangkan untuk menjadi wirausahawan dan memulai usaha Anda sendiri. Wirausaha adalah cara untuk membangun kekayaan dan meraih kemandirian finansial.

 

Baca Juga: 21 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Cepat Cuan!

 

  • Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

 

Kesehatan adalah modal penting, jadi jaga tubuh dan pikiran Anda. Kesehatan yang baik dapat mengurangi biaya perawatan medis dan meningkatkan produktivitas Anda.

 

  • Belajar Manajemen Waktu

 

Belajarlah untuk mengelola waktu dengan efisien, karena waktu adalah sumber daya yang tak ternilai. Manajemen waktu yang baik dapat membantu Anda mencapai lebih banyak hal dalam hidup Anda.

 

  • Selalu Belajar dari Kesalahan

 

Jangan takut untuk membuat kesalahan, tetapi pastikan Anda belajar dari mereka. Kesalahan adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

 

  • Banyak-banyaklah Berderma

 

Percayalah, salah satu tips sukses sebelum usia 30 tahun yang satu ini sangat ampuh. Anda perlu berkontribusi kepada masyarakat dalam kegiatan sosial atau amal. Kepedulian sosial adalah cara untuk memberikan dampak positif pada komunitas dan menjalin hubungan yang berarti dengan orang lain.

 

  • Investasi dengan Cerdas

 

Pelajari investasi seperti saham, obligasi, dan properti, dan mulailah berinvestasi untuk pertumbuhan kekayaan jangka panjang. Investasi yang bijak dapat membantu kekayaan Anda berkembang seiring waktu.

 

Tak hanya itu, berinvestasi dapat membantu uang Anda berkembang seiring waktu dan memberikan keuntungan tambahan. Salah satunya yang sedang viral saat ini adalah investasi dari platform securities crowdfunding.

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Kesimpulannya, mencapai kesuksesan dan stabilitas finansial sebelum usia 30 tahun memerlukan komitmen, perencanaan, dan disiplin yang kuat dalam hal pendidikan, keuangan, dan pengembangan diri. 

 

Dengan merencanakan keuangan, berinvestasi dalam pengetahuan dan keterampilan, dan mengelola risiko dengan bijak, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mencapai tujuan finansial tersebut. 

 

Selain itu, tidak lupa untuk menjaga kesehatan, mengelola waktu, dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sebagai bagian dari perjalanan menuju kesuksesan yang mapan sebelum usia 30 tahun. Jadi, siap meraih financial freedom di usia muda, Teman Bizharian!

736 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
146 Suka