10 July 2024
6 menit baca

15 Ide Bisnis Online untuk Anak Sekolah, Modal Kecil dan Gak Ribet!

6 menit baca

Bisnis Online untuk Anak Sekolah

 

Menjalankan bisnis online adalah salah satu cara terbaik bagi anak sekolah untuk menghasilkan uang tambahan. Selain fleksibel dan mudah diakses, banyak bisnis online yang bisa dimulai dengan modal kecil. Berikut adalah daftar ide bisnis online yang cocok untuk anak sekolah.

 

  • Menjadi Affiliate Marketing

 

Affiliate marketing adalah salah satu cara termudah untuk memulai bisnis online. Anak sekolah dapat bergabung dengan program afiliasi dari berbagai perusahaan dan mempromosikan produk mereka melalui media sosial atau blog. Setiap kali ada pembelian melalui link afiliasi, mereka akan mendapatkan komisi. 

 

Beberapa platform afiliasi yang populer adalah Amazon Associates, Shopee Affiliates, dan Tokopedia Affiliate. Agar bisa menjadi sukses dalam affiliate marketing, mereka perlu memahami cara kerja SEO dan pemasaran konten agar dapat menarik pengunjung yang tertarget.

 

Baca Juga: Bisnis Afiliasi: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan dari Internet

 

  • Membuat Blog

 

Membuat blog bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Anak sekolah bisa menulis tentang hobi, pengalaman, atau topik yang diminati. Dengan mengoptimalkan blog untuk SEO dan memasang iklan atau menjual produk melalui blog, mereka bisa menghasilkan uang. 

 

Platform seperti WordPress atau Blogger memudahkan pembuatan blog tanpa memerlukan keahlian teknis yang tinggi. Mereka juga bisa memonetisasi blog melalui Google AdSense atau program iklan lainnya. Konsistensi dalam mengupdate konten dan interaksi dengan pembaca adalah kunci sukses dalam bisnis blog.

 

  • Menjadi Admin Media Sosial

 

Banyak bisnis kecil membutuhkan bantuan untuk mengelola akun media sosial mereka. Anak sekolah yang aktif di media sosial dan memahami cara kerjanya bisa menawarkan jasa sebagai admin media sosial. Tugasnya meliputi membuat konten, menjawab komentar, dan meningkatkan interaksi dengan followers. 

 

Dengan kemampuan copywriting yang baik dan pengetahuan tentang tren media sosial, mereka dapat membantu bisnis kecil meningkatkan visibilitas dan engagement di platform. Beberapa di antaranya seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

 

  • Fotografer

 

Fotografi bisa menjadi ide bisnis sampingan online yang menguntungkan bagi anak sekolah yang hobi memotret. Mereka bisa menjual hasil fotonya di platform seperti Shutterstock atau Adobe Stock. Selain itu, mereka juga bisa menawarkan jasa fotografi untuk acara-acara kecil. 

 

Dengan berkembangnya teknologi kamera pada smartphone, hobi fotografi bisa dijalankan dengan modal yang minim. Mereka juga bisa mempromosikan jasa fotografi melalui media sosial atau situs pribadi untuk menarik lebih banyak klien.

 

  • Menjadi Reseller atau Dropshipper

 

Reseller dan dropshipper adalah model bisnis yang populer di kalangan anak muda. Mereka bisa menjual produk orang lain tanpa harus menyetok barang. Dengan mencari supplier yang terpercaya, anak sekolah bisa memulai bisnis ini dengan mudah dan modal kecil. 

 

Platform seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada menyediakan fasilitas untuk dropshipping. Untuk sukses dalam bisnis ini, mereka perlu memahami strategi pemasaran digital dan manajemen inventaris agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

 

  • Membuka Jasa Online

 

Jasa online seperti desain grafis, penulisan konten, atau penerjemahan bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Anak sekolah yang memiliki keahlian di bidang tertentu bisa menawarkan jasanya melalui platform freelancer seperti Fiverr atau Upwork. 

 

Mereka bisa memulai dengan proyek kecil dan meningkatkan portofolio mereka seiring berjalannya waktu. Selain itu, mereka juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan jasa mereka dan mendapatkan klien baru.

 

  • Streamer

 

Bermain game sambil live streaming di platform seperti Twitch atau YouTube bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Anak sekolah bisa mendapatkan uang dari donasi, iklan, atau sponsorship. 

 

Penting untuk membangun audiens yang loyal agar sukses dalam bidang ini. Dengan memilih game yang populer dan berinteraksi dengan penonton, mereka bisa meningkatkan jumlah viewer dan subscriber. Selain itu, mereka juga bisa mengikuti turnamen atau acara gaming untuk mendapatkan lebih banyak eksposur.

 

Baca Juga: 35 Ide Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil!

 

  • Membuat Podcast

 

Podcast semakin populer di kalangan anak muda. Anak sekolah bisa membuat podcast tentang topik yang diminati, seperti musik, film, atau pengalaman sehari-hari. Mereka bisa mendapatkan penghasilan dari sponsor atau iklan yang disisipkan dalam podcast. 

 

Platform seperti Anchor atau Spotify memudahkan distribusi podcast ke berbagai layanan streaming. Untuk menarik pendengar, mereka perlu membuat konten yang menarik dan konsisten dalam merilis episode baru.

 

  • Menjadi Vlogger

 

Vlogging atau membuat video blog adalah cara lain untuk menghasilkan uang secara online. Anak sekolah bisa membuat konten video tentang kehidupan sehari-hari, hobi, atau tutorial. Monetisasi melalui iklan YouTube atau kemitraan dengan brand bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar. 

 

Dengan memanfaatkan alat edit video yang tersedia secara gratis, mereka bisa menghasilkan konten berkualitas tinggi. Konsistensi dalam mengunggah video dan berinteraksi dengan penonton akan membantu mereka membangun audiens yang setia.

 

  • Bisnis Camilan

 

Menjual camilan secara online adalah ide bisnis yang menarik. Anak sekolah bisa membuat camilan sendiri dan menjualnya melalui media sosial, platform e-commerce, dan di lokasi yang strategis

 

Dengan strategi pemasaran yang tepat, bisnis ini bisa berkembang dengan cepat. Mereka bisa mencoba berbagai resep camilan yang unik dan menarik untuk menarik minat konsumen. Menggunakan kemasan yang menarik dan menjaga kualitas produk juga merupakan kunci sukses dalam bisnis ini.

 

  • Menjual Barang Preloved

 

Menjual barang preloved atau bekas yang masih layak pakai bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Anak sekolah bisa menjual pakaian, buku, atau barang elektronik yang sudah tidak digunakan lagi melalui platformplatform populer. 

 

Mereka bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan barang yang dijual dan menarik lebih banyak pembeli. Dengan menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai, mereka juga bisa belajar tentang manajemen keuangan dan mengurangi pemborosan.

 

Baca Juga: Pasti Untung, Berikut 20 Ide Usaha Rumahan Modal Rp50 Ribu!

 

  • Membuka Les Privat

 

Bagi anak sekolah yang memiliki keahlian akademis tertentu, membuka les privat online bisa menjadi pilihan bisnis yang bagus. Mereka bisa menawarkan jasa mengajar mata pelajaran tertentu melalui video call atau platform belajar online. 

 

Dengan menggunakan alat seperti Zoom atau Google Meet, mereka bisa memberikan pelajaran secara interaktif dan efektif. Selain itu, mereka juga bisa membuat materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal.

 

  • Menjual Kerajinan Tangan

 

Salah satu ide bisnis online untuk anak sekolah yang kreatif adalah menjual kerajinan tangan. Produk seperti gelang, kalung, atau hiasan rumah bisa dijual melalui media sosial atau platform e-commerce. Bisnis ini tidak memerlukan modal besar dan bisa dimulai dengan bahan-bahan sederhana. 

 

Dengan memanfaatkan platform seperti Instagram atau Etsy, mereka bisa mempromosikan produk kerajinan tangan mereka kepada audiens yang lebih luas. Kualitas dan keunikan produk adalah kunci sukses dalam bisnis ini.

 

  • Menjadi Influencer

 

Menjadi influencer di media sosial adalah salah satu cara populer untuk menghasilkan uang. Anak sekolah yang aktif di Instagram, TikTok, atau YouTube bisa bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk mereka. Dengan jumlah followers yang cukup, penghasilan dari endorsement bisa sangat menguntungkan. 

 

Untuk menjadi influencer yang sukses, mereka perlu membangun brand pribadi yang kuat. Selain itu, mereka harus konsisten dalam membuat konten yang menarik dan relevan bagi audiens mereka.

 

  • Menjadi Content Creator

 

Content creator mencakup banyak bidang, seperti menulis, membuat video, atau desain grafis. Anak sekolah yang memiliki kemampuan kreatif bisa menghasilkan konten untuk berbagai platform dan mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsor, atau penjualan produk digital. 

 

Dengan memanfaatkan alat dan teknologi yang tersedia, mereka bisa menghasilkan konten yang berkualitas tinggi dan menarik bagi audiens. Konsistensi dan inovasi dalam pembuatan konten akan membantu mereka membangun audiens yang loyal dan mendapatkan penghasilan yang stabil.

 

Baca Juga: 21 Usaha yang Langka tapi Menguntungkan, Minim Saingan!

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

252 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
37 Suka