13 June 2024
5 menit baca

Cuan Besar dari Affiliate Marketing: Simak Tips Memulainya Berikut Ini!

5 menit baca

affiliate marketing

 

Bisnis afiliasi, atau yang lebih dikenal dengan istilah affiliate marketing, adalah salah satu model bisnis yang kini sedang naik daun. Istilah ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, tetapi sebenarnya konsepnya cukup sederhana. Berikut ulasan lengkap mengenai cara memulai affiliate marketing bagi pemula.

 

Pengertian Bisnis Afiliasi atau Affiliate Marketing

 

Affiliate marketing, atau yang sering disebut sebagai pemasaran afiliasi, adalah model bisnis di mana individu atau pihak lain, yang disebut sebagai “afiliasi”, bermitra dengan pemilik produk atau jasa untuk mempromosikan produk atau layanan tersebut kepada calon konsumen. Model bisnis ini didasarkan pada kerjasama di antara tiga pihak utama: pemilik produk atau jasa, afiliasi, dan calon konsumen.

 

Dalam affiliate marketing, seorang yang berperan sebagai afiliasi memainkan peran kunci sebagai perantara antara pemilik produk atau jasa dengan pasar atau audiens yang potensial. 

 

Nantinya, mereka berperan sebagai pemasar independen yang bertugas untuk memasarkan produk atau layanan dengan tujuan untuk mempengaruhi calon konsumen agar melakukan tindakan tertentu, seperti pembelian, pendaftaran, atau langkah lain yang diinginkan oleh pemilik produk atau jasa.

 

Baca Juga: Bisnis Afiliasi: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan dari Internet

 

Sistem Affiliate Marketing

 

Sistem ini bekerja berdasarkan kerjasama antara tiga pihak utama: pemilik produk atau jasa, afiliasi (Anda), dan pelanggan. Pemilik produk atau jasa memberikan afiliasi tautan khusus yang mengandung kode pelacakan. Tautan ini digunakan oleh afiliasi dalam promosi produk atau layanan tersebut. 

 

Ketika seseorang mengklik tautan afiliasi dan melakukan tindakan yang diinginkan, seperti pembelian produk atau langganan layanan, sistem otomatis mendeteksi tindakan tersebut dan memberikan komisi kepada afiliasi.

 

Tips Memulai Bisnis Affiliate Marketing

 

Ingin mencoba memulai bisnis afiliasi? Di bawah ini sudah tersaji beberapa tips ampuh yang bisa Anda coba. Berikut daftar lengkapnya!

 

  • Tentukan satu tema/niche yang akan difokuskan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tema atau niche yang akan menjadi fokus Anda. Pilihlah sesuatu yang Anda minati dan pahami dengan baik. Ketika Anda berfokus pada satu niche, Anda akan lebih mudah membangun otoritas dan mendapatkan kepercayaan dari audiens.

 

  • Pilih dan daftar program afiliasi terbaik

Pilih program afiliasi yang sesuai dengan niche Anda. Pastikan program tersebut memiliki reputasi baik dan menawarkan komisi yang adil. Anda dapat mencari program afiliasi melalui berbagai platform afiliasi atau langsung ke situs web perusahaan.

 

  • Pahami target audiens & bangun hubungan positif

Pahami siapa target audiens Anda. Pelajari masalah dan kebutuhan mereka, lalu buat konten yang relevan. Bangun hubungan positif dengan audiens Anda dengan menjawab pertanyaan mereka dan memberikan solusi.

 

  • Review produk atau jasa dengan menarik

Buat ulasan produk atau jasa dengan cara yang menarik dan informatif. Berikan informasi yang jelas tentang manfaat dan kelebihan produk tersebut. Gunakan gambar dan video jika memungkinkan untuk memberikan gambaran yang lebih baik.

 

  • Buat konten yang berkualitas

Konten adalah kunci dalam affiliate marketing. Pastikan konten Anda informatif, berkualitas, dan relevan dengan niche Anda. Gunakan kata-kata yang menarik dan berikan solusi konkret kepada audiens Anda.

 

  • Rajin upload konten setiap hari

Konsistensi dalam mengunggah konten adalah kunci sukses dalam affiliate marketing. Jadwalkan dan rencanakan konten Anda dengan baik, dan usahakan untuk mengunggah konten setiap hari atau sesuai dengan jadwal yang Anda tetapkan.

 

  • Gunakan beberapa platform

Jangan hanya terpaku pada satu platform. Manfaatkan berbagai platform seperti blog, media sosial, YouTube, dan lainnya untuk memaksimalkan jangkauan Anda.

 

  • Berikan Call to Action (CTA)

Setiap konten Anda harus memiliki call to action yang jelas. Ajak audiens Anda untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengklik tautan afiliasi atau mendaftar ke newsletter Anda.

 

  • Mengikuti perkembangan tren

Dalam dunia online, tren bisa berubah dengan cepat. Selalu ikuti perkembangan terbaru dalam niche Anda dan sesuaikan strategi pemasaran Anda sesuai kebutuhan.

 

  • Evaluasi performa konten

Selalu pantau dan evaluasi performa konten Anda. Gunakan alat analitik untuk melihat mana konten yang paling efektif dan mana yang perlu ditingkatkan.

 

  • Gunakan copywriting yang menarik

Gaya penulisan Anda harus menarik dan memikat. Gunakan teknik copywriting yang efektif untuk menjual produk atau layanan dengan lebih baik dan perform.

 

  • Pilih produk yang tidak terlalu mahal namun menyelesaikan masalah

Ketika memilih produk atau layanan untuk dipromosikan, pilihlah yang memiliki harga yang masuk akal dan benar-benar dapat menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan audiens Anda.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2024

 

Contoh Bisnis Affiliate Marketing 2024

 

Di tahun 2023, bisnis affiliate marketing semakin berkembang pesat. Berbagai jenis produk dan layanan bisa menjadi peluang afiliasi. Mulai dari produk teknologi, kecantikan, kesehatan, hobi, dan banyak lagi. 

 

  • Shopee Affiliate Program

Bergabung dengan program afiliasi Shopee adalah salah satu pilihan yang sangat diminati. Di sini, Anda memiliki kesempatan untuk mempromosikan berbagai produk dan layanan yang tersedia di Shopee. Anda akan memperoleh komisi sebesar 5-10% dari setiap penjualan yang berhasil Anda generasikan. 

 

  • TikTok Affiliate

TikTok, aplikasi hiburan dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia, menawarkan program afiliasi yang menarik. TikTok memungkinkan Anda untuk memanfaatkan popularitas platform ini dengan cara yang kreatif untuk menghasilkan penghasilan tambahan. 

 

  • Tokopedia Affiliate Program

Dengan jutaan pengguna aktif, Tokopedia menjadi platform yang potensial untuk mempromosikan produk dari berbagai seller dan merchant. Dalam program afiliasi Tokopedia, Anda dapat membagikan link atau kode referral ke produk yang Anda promosikan, dan jika ada penjualan melalui tautan tersebut, Anda akan memperoleh komisi. 

 

  • Lazada Affiliate Program

Selain Shopee dan Tokopedia, Lazada adalah salah satu platform e-commerce yang sangat populer di Indonesia. Dengan jutaan pengguna dan berbagai produk yang tersedia, Lazada menawarkan peluang afiliasi yang menarik. Ketika Anda bergabung dalam program afiliasi Lazada, Anda memiliki potensi untuk mendapatkan komisi sebesar 10% dari setiap penjualan yang Anda bantu generasikan. 

 

Bisnis Minim Risiko Namun Menguntungkan dengan Sistem Crowdfunding

 

Crowdfunding telah menjadi salah satu cara yang populer untuk berinvestasi dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Keuntungan utama dari crowdfunding adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Dalam crowdfunding, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan dalam menggunakan Bizhare. Salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Secara keseluruhan, sistem affiliate marketing adalah ekosistem yang memungkinkan pemilik produk atau jasa untuk memanfaatkan jaringan afiliasi dalam upaya memasarkan produk atau layanan mereka kepada audiens yang lebih luas. 

 

Dengan kerjasama yang baik antara pemilik produk atau jasa dan afiliasi, serta penggunaan teknologi pelacakan yang canggih, sistem ini telah menjadi salah satu strategi pemasaran online yang paling sukses dan efektif.

608 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
115 Suka