07 May 2024
8 menit baca

35 Ide Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil!

8 menit baca

ide bisnis sampingan ibu rumah tangga

 

Bisnis sampingan bisa dilakukan siapa saja, khususnya ibu rumah tangga. Tak hanya meraih passive income, bisnis-bisnis ini bisa menjadikan para ibu rumah tangga lebih produktif sehingga mampu mendongkrak perekonomian lokal. Nah, artikel ini akan memberikan ide-ide inspiratif untuk memulai bisnis sampingan ala ibu rumah tangga. Silakan disimak!

 

  • Bisnis Tanaman

 

Mengelola bisnis tanaman adalah pilihan yang bagus jika Anda memiliki cinta untuk berkebun. Anda dapat memulai dengan memanfaatkan halaman rumah atau balkon Anda untuk menanam berbagai jenis tanaman, seperti tanaman hias, tanaman herbal, atau tanaman buah-buahan kecil. 

 

Beberapa cara untuk menghasilkan uang dari bisnis tanaman ini adalah dengan menjual tanaman secara online, di bazaar lokal, atau bahkan dengan menawarkan jasa perawatan taman kepada tetangga di sekitar Anda.

 

  • Bisnis Hijab

 

Industri fashion muslim, termasuk hijab, terus berkembang. Jika Anda tertarik pada dunia fashion dan aksesori, memulai bisnis hijab bisa menjadi pilihan yang menarik. Apalagi, Indonesia merupakan pasar fesyen muslim terbesar di dunia. 

 

Anda dapat membeli atau membuat hijab sendiri dan menjualnya melalui platform online seperti Instagram, Facebook, atau marketplace khusus fesyen muslim. Pastikan untuk menawarkan berbagai gaya dan warna untuk menarik beragam pelanggan.

 

  • Jasa Rias

 

Jika Anda memiliki keahlian dalam merias wajah, memulai jasa rias adalah ide bisnis yang menjanjikan. Anda dapat menawarkan jasa makeup untuk berbagai acara seperti pernikahan, pesta, atau pemotretan. 

 

Anda juga dapat mencoba menjadi seorang makeup artist yang mengkhususkan diri dalam merias pengantin. Untuk memulai, bangun portofolio yang kuat dengan berbagai tampilan riasan yang berbeda.

 

  • Reseller dan Dropshiper

 

Reseller dan dropshipper adalah model bisnis yang memungkinkan Anda menjual produk tanpa harus menyimpan stok fisik. Anda cukup bermitra dengan pemasok atau produsen, dan mereka akan mengirimkan produk kepada pelanggan Anda. 

 

Nantinya, Anda dapat menjadi reseller produk kecantikan, pakaian, aksesoris, atau barang-barang lain yang Anda minati. Pilih produk yang sesuai dengan minat pasar Anda dan pelajari cara memasarkannya secara efektif.

 

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal dan Untung Jutaan

 

  • Katering

 

Jika Anda memiliki bakat dalam memasak, membuka bisnis katering adalah ide yang dapat menguntungkan. Anda dapat menawarkan jasa katering untuk berbagai acara, seperti ulang tahun, pernikahan, atau pertemuan bisnis. 

 

Pastikan untuk memiliki menu yang beragam dan sesuai dengan selera pelanggan Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan katering makanan sehat atau katering masakan etnik untuk menciptakan keunikan dalam bisnis Anda.

 

  • Bisnis Online Shopping

 

Bisnis online adalah salah satu cara paling fleksibel untuk menghasilkan uang dari rumah. Anda bisa menjual berbagai produk atau layanan secara online. Mulailah dengan platform seperti Instagram, Facebook, atau marketplace populer. Anda bisa menjual produk-produk seperti pakaian, aksesoris, perhiasan, atau bahkan makanan yang Anda buat sendiri.

 

  • Membuat Tas

 

Jika Anda memiliki bakat dalam menjahit atau merancang, memulai bisnis membuat tas adalah ide yang menarik. Anda dapat membuat berbagai jenis tas, mulai dari tas sehari-hari hingga tas pesta. Pastikan untuk menjaga kualitas dan desain yang menarik agar produk Anda diminati oleh pelanggan. Jual tas-tas Anda melalui toko online atau bazaar lokal.

 

  • Bisnis DayCare

 

Jika Anda suka merawat anak-anak dan memiliki pengalaman dalam merawat anak Anda sendiri, membuka bisnis daycare bisa menjadi pilihan yang baik. Bisa menjadi tempat penitipan anak harian atau sesuai dengan jadwal yang Anda tentukan. Pastikan untuk mematuhi peraturan setempat terkait perizinan dan keselamatan anak-anak.

 

  • Bisnis Tempat Les Belajar

 

Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan atau keahlian khusus, pertimbangkan untuk membuka bisnis tempat les belajar. Anda dapat mengajar pelajaran seperti matematika, bahasa, musik, atau seni. Les bisa dilakukan secara online atau di rumah Anda. Ini adalah cara yang baik untuk berbagi pengetahuan Anda sambil menghasilkan penghasilan tambahan.

 

  • Voice Over Artist

 

Jika Anda memiliki suara yang bagus atau kemampuan berbicara yang baik, Anda dapat mencoba menjadi voice over artist. Voice over digunakan dalam berbagai media, seperti iklan, film animasi, dan audiobook. Anda bisa mencari pekerjaan di platform online khusus voice over atau mengiklankan diri Anda secara mandiri.

 

  • Bisnis Menjahit

 

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit, memulai bisnis menjahit adalah pilihan yang menarik. Anda dapat menawarkan jasa menjahit pakaian, perbaikan pakaian, atau bahkan pembuatan busana khusus. Bisnis ini dapat dijalankan dari rumah dengan peralatan menjahit yang sederhana. Pastikan untuk mempromosikan keterampilan Anda secara efektif untuk menarik pelanggan.

 

  • Bisnis Spa

 

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang perawatan kecantikan dan relasi, bisnis spa kecil di rumah bisa menjadi ide yang bagus. Anda dapat menawarkan layanan seperti pijat, perawatan wajah, atau manikur/pedikur. Buatlah lingkungan yang nyaman dan santai di rumah Anda untuk menarik pelanggan yang mencari relaksasi.

 

  • Desain Grafis

 

Jika Anda memiliki keterampilan dalam desain grafis, Anda dapat memanfaatkan bakat Anda untuk memulai bisnis desain grafis. Banyak perusahaan dan individu memerlukan desain untuk logo, brosur, situs web, dan materi pemasaran lainnya. Anda dapat bekerja dari rumah dan menjalankan ide bisnis sampingan ibu rumah tangga ini secara online.

 

  • Content Writer and Specialist

 

Jika Anda memiliki kemampuan menulis dan pengetahuan dalam berbagai topik, menjadi seorang content writer atau spesialis konten adalah pilihan yang bagus. Banyak bisnis membutuhkan konten untuk situs web mereka, blog, media sosial, dan materi pemasaran. Anda dapat menawarkan jasa penulisan konten dan membantu bisnis-bisnis ini meningkatkan kehadiran online mereka.

 

  • Toko Kelontong

 

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga anti gagal selanjutnya adalah membuka toko kelontong kecil di rumah sendiri. Bisnis ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang stabil. Anda dapat menjual berbagai barang, seperti makanan ringan, produk kebersihan, atau barang-barang sehari-hari lainnya. Pastikan untuk menjaga stok dengan baik dan menawarkan produk yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar Anda.

 

  • Usaha Bakery Rumahan

 

Jika Anda memiliki bakat dalam membuat roti, kue, atau pastry, memulai usaha bakery rumahan bisa menjadi ide yang menguntungkan. Anda dapat membuat berbagai jenis produk yang lezat dan menjualnya secara online atau melalui jaringan sosial. Pastikan untuk mempromosikan produk Anda dengan baik dan menjaga kualitas rasa.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2024

 

  • Penerjemah Bahasa Asing

 

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa yang baik, menjadi penerjemah bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang baik. Anda dapat menawarkan jasa penerjemahan dokumen, materi pemasaran, atau bahkan situs. Banyak bisnis dan individu memerlukan penerjemah untuk memperluas jangkauan mereka ke pasar global.

 

  • Jasa Laundry Kiloan

 

Membuka jasa laundry kiloan adalah bisnis ibu rumah tangga yang terus berpotensi menghasilkan penghasilan stabil. Anda dapat memulainya dengan modal terbatas dan peralatan sederhana. Pastikan untuk memberikan pelayanan yang cepat, berkualitas, dan ramah pelanggan. Ini dapat menjadi bisnis yang sangat diperlukan dalam komunitas Anda.

 

  • Event Organizer (EO)

 

Jika Anda memiliki kemampuan dalam mengorganisir acara atau memiliki kreativitas dalam merencanakan pesta, memulai bisnis event organizer (EO) bisa menjadi ide yang menguntungkan. Anda dapat merencanakan acara seperti ulang tahun, pernikahan, pertemuan bisnis, atau acara khusus lainnya. Pastikan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda.

 

  • Jasa Fotografi

 

Salah satu ide bisnis yang bisa dilakukan ibu rumah tangga adalah menjalankan jasa fotografi. Tentu saja, jasa ini sangat cocok bagi Anda yang punya passion dan keahlian di bidang fotografi. Anda dapat mengambil foto untuk acara-acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau sesi potret keluarga. Investasikan dalam peralatan fotografi yang baik dan bangun portofolio yang menarik untuk menarik pelanggan.

 

  • Jasa Public Speaking

 

Jika Anda memiliki keahlian dalam berbicara di depan umum dan dapat menginspirasi orang, Anda dapat menjalankan jasa public speaking. Banyak orang dan organisasi memerlukan pembicara yang berpengalaman untuk berbicara dalam acara-acara khusus, seminar, atau pelatihan. Pastikan untuk membangun portofolio dan menawarkan topik yang menarik bagi audiens Anda.

 

  • Jasa Les di Rumah

 

Jika Anda memiliki keahlian dalam mata pelajaran tertentu atau memiliki kemampuan khusus, menjalankan jasa les di rumah bisa menjadi pilihan yang baik. Anda dapat mengajar mata pelajaran seperti matematika, bahasa, musik, atau keterampilan khusus lainnya. Ide bisnis sampingan ibu rumah tangga ini dapat dilakukan di rumah Anda sendiri atau secara online.

 

  • Usaha Skincare

 

Bisnis perawatan kulit adalah industri yang terus berkembang. Jika Anda tertarik pada kecantikan dan memiliki pengetahuan tentang perawatan kulit, Anda dapat memulai bisnis skincare. Anda dapat menjual produk perawatan kulit yang Anda buat sendiri atau menawarkan jasa facial, perawatan wajah, atau pemijatan wajah kepada pelanggan Anda.

 

  • Musisi

 

Jika Anda memiliki bakat musik, Anda dapat menghasilkan penghasilan tambahan sebagai musisi. Anda dapat tampil di acara-acara seperti pesta, pernikahan, atau kafe lokal. Selain itu, Anda juga dapat menjual rekaman musik Anda secara online melalui platform musik digital.

 

  • Content Creator

 

Ingin ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa dijalankan tanpa modal? Jadilah content creator! Profesi ini melibatkan pembuatan konten di platform seperti YouTube, Instagram, atau blog. Anda dapat menghasilkan uang dari iklan, sponsor, atau penjualan produk afiliasi. Pastikan untuk memilih niche yang sesuai dengan minat Anda dan mengembangkan audiens yang setia.

 

Baca Juga: Bisnis Afiliasi: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan dari Internet

 

  • Bisnis Hampers

 

Membuka bisnis hampers adalah ide yang baik, terutama dalam rangkaian perayaan atau acara khusus. Sebagai ibu rumah tangga, Anda dapat menyediakan hampers berisi berbagai jenis produk, seperti makanan ringan, bunga, atau barang-barang pribadi. Pastikan untuk mengemas hampers dengan cantik agar terlihat menarik bagi pelanggan Anda.

 

  • Bisnis Frozen Food

 

Bisnis frozen food adalah pilihan yang menjanjikan. Anda dapat memasarkan makanan beku, seperti nugget, bakso, atau makanan siap saji lainnya. Ini bisa dijual secara online atau melalui mitra toko lokal. Pastikan untuk mematuhi standar keamanan pangan dan memiliki kualitas produk yang baik.

 

  • Rental Perlengkapan Bayi

 

Jika Anda memiliki perlengkapan bayi yang tidak lagi terpakai di rumah, Anda dapat mempertimbangkan bisnis rental perlengkapan bayi. Ini termasuk stroller, kursi mobil bayi, box bayi, dan perlengkapan lainnya. Ide bisnis sampingan ibu rumah tangga ini dapat membantu orang tua lain yang membutuhkan perlengkapan bayi untuk sementara.

 

  • Usaha Fotokopi dan Alat Tulis Kantor

 

Jika Anda tinggal di area yang dekat dengan kampus, sekolah, atau perkantoran, membuka usaha fotokopi dan penjualan alat tulis kantor adalah ide bisnis ibu rumah tangga yang bagus. Alasannya, orang selalu membutuhkan layanan fotokopi dan perlengkapan kantor. Pastikan Anda memiliki peralatan yang handal dan menawarkan harga yang bersaing.

 

  • Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan

 

Jika Anda pecinta hewan, Anda dapat memulai jasa penitipan dan perawatan hewan. Ini bisa berupa penitipan hewan peliharaan saat pemiliknya bepergian atau perawatan harian seperti pemeliharaan anjing atau kucing. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang perawatan hewan sebelum memulai bisnis ini.

 

  • Jasa Kursus Memasak

 

Jika Anda memiliki keahlian dalam memasak, Anda dapat membuka jasa kursus memasak. Anda dapat mengajar berbagai jenis masakan, dari masakan lokal hingga masakan internasional. Kursus ini dapat diadakan di rumah Anda atau secara online. Pastikan untuk menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan informatif.

 

  • Bisnis Sepatu Bayi dan Anak

 

Bisnis sepatu bayi dan anak adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki minat dalam fesyen. Anda dapat menjual sepatu bayi dan anak-anak dengan berbagai model dan ukuran. Pilihan produk yang unik dan kualitas yang baik akan menarik pelanggan. Anda bisa menjualnya secara online atau melalui bazaar lokal.

 

  • Agen Travel

 

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang destinasi perjalanan dan koneksi dengan penyedia layanan perjalanan, Anda dapat menjadi agen travel. Anda dapat membantu orang merencanakan liburan mereka, memesan tiket, hotel, dan tur. Bisnis ini dapat dijalankan secara online atau melalui agen fisik.

 

  • Agen PPOB (Payment Point Online Bank)

 

Menjadi agen PPOB adalah cara untuk membantu orang membayar tagihan utilitas, isi ulang pulsa, dan melakukan transaksi perbankan. Anda akan menjadi perantara antara pelanggan dan layanan perbankan online. Bisnis ini memerlukan sedikit modal dan dapat menghasilkan komisi dari setiap transaksi yang berhasil.

 

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Online Terlaris dan Menjanjikan di Tahun 2024

 

  • Bisnis Franchise

 

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang paling direkomendasikan di tahun 2023 adalah memulai bisnis franchise atau waralaba. Franchise biasanya sudah memiliki konsep bisnis yang teruji dan dukungan dari pemilik merek. Ada banyak macam franchise yang bisa Anda coba, mulai dari makanan cepat saji, toko minuman, atau usaha lain yang sesuai dengan minat Anda.

 

Meskipun menjanjikan keuntungan besar, Anda harus menyiapkan modal yang sangat besar, mulai dari Rp50 juta ke atas. Semakin prestisius merek franchisenya, makin mahal harganya. Tidak semua ibu rumah tangga memiliki modal sebesar itu. Lalu, bagaimana solusinya?

 

Beruntungnya, Anda bisa melakukan investasi dengan modal kecil di berbagai platform securities crowdfunding. Skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dengan berbagai ide bisnis sampingan ibu rumah tangga ini, Anda memiliki peluang untuk memulai bisnis dengan modal kecil. Selalu lakukan riset pasar yang baik, promosikan bisnis Anda secara efektif, dan berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan Anda. 

 

Ingat, bisnis sampingan Anda bisa tumbuh dan menjadi sumber penghasilan tambahan yang berarti sambil tetap menjalankan peran ibu rumah tangga yang berharga. Selamat mencoba!

3718 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
159 Suka