08 January 2024
4 menit baca

Bisnis Afiliasi: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan dari Internet

4 menit baca

 

Bisnis afiliasi adalah salah satu cara mudah mendapatkan penghasilan dari internet. Meskipun bisa dilakukan siapa saja, diperlukan strategi dan tips-tips yang tepat agar bisa sukses berafiliasi. Bagi mahasiswa, ibu rumah tangga, atau karyawan yang ingin menambah penghasilan tambahan, silakan baca ulasan lengkapnya berikut.

 

Apa itu Bisnis Afiliasi?

 

Bisnis afiliasi atau affiliate marketing adalah suatu model bisnis di mana Anda bekerja sama dengan perusahaan atau penjual untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. 

 

Nantinya, Anda akan diberikan tautan afiliasi, biasanya berupa kode referral, yang dapat dibagikan di blog, media sosial, atau situs buatan Anda sendiri. Setiap kali ada seseorang yang melakukan pembelian melalui tautan afiliasi tersebut, maka Anda akan mendapatkan fee atau komisi.

 

Itu sebabnya, berbisnis dengan cara afiliasi atau kerja sama dengan pihak ketiga adalah salah satu metode terbaik untuk meningkatkan penghasilan Anda secara online. 

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2023

 

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

 

Cara kerja bisnis afiliasi sangatlah sederhana. Awalnya, Anda akan mendapatkan kode unik untuk dibagikan ke semua media sosial Anda. Kode ini sering disebut sebagai referral code. Nah, ketika ada orang yang membeli produk melalui kode tersebut, Anda akan langsung mendapatkan komisi atau fee

 

Komisi yang didapatkan bervariasi, tergantung pada program afiliasi dan produk yang dipromosikan. Beberapa program menawarkan komisi sebesar 10-20% dari harga produk, sedangkan program lain dapat memberikan komisi hingga 50% atau lebih.

 

Untuk memulai bisnis afiliasi, Anda perlu bergabung dengan program afiliasi. Contoh yang sudah terkenal di Indonesia seperti Shopee Affiliate Program, Amazon Affiliate, hingga program-program yang lebih kecil dan spesifik untuk jenis produk tertentu.

 

Keuntungan Berbisnis Afiliasi

 

Afiliasi membuka berbagai peluang menarik dalam berbisnis. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda terima saat mengikuti affiliate program.

 

1. Potensi Penghasilan yang Besar

Salah satu keuntungan terbesar bisnis afiliasi adalah potensi penghasilan yang besar. Dalam bisnis afiliasi, semakin banyak produk atau layanan yang dipromosikan, semakin besar peluang untuk menghasilkan uang. 

 

Anda dapat memilih untuk mempromosikan produk yang berkaitan dengan niche tertentu, atau mempromosikan berbagai produk yang berbeda. Dengan cara ini, Anda dapat mencapai target pasar yang lebih luas dan meningkatkan potensi penghasilan secara signifikan.

 

2. Modal yang Rendah

Saat menjalankan bisnis afiliasi, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar. Bahkan, bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal sama sekali. Alasannya, Anda tidak perlu memiliki produk sendiri atau menyewa kantor atau gudang. 

 

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat tautan afiliasi dan mempromosikan produk atau layanan tersebut. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk pemasaran, karena tugas promosi produk tersebut sudah dijalankan oleh merchant atau pemilik produk.

 

3. Fleksibilitas Waktu dan Lokasi

Keuntungan bisnis afiliasi lainnya adalah fleksibilitas waktu dan lokasi. Anda dapat melakukan bisnis afiliasi dari mana saja dan kapan saja. Syarat utama dari bisnis ini adalah ketersediaan akses internet dan aplikasi yang lancar.

 

Keuntungan lainnya, Anda juga dapat mengatur jadwal kerja sendiri, sehingga Anda dapat memilih waktu yang paling cocok, mau pagi, siang, sore, bahkan malam hari. Alasannya, besar kecilnya keuntungan diperoleh dari jumlah transaksi yang berhasil dengan menggunakan kode Anda.

 

4. Tidak Perlu Mempunyai Keahlian Khusus

Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menjalankan bisnis afiliasi. Yang dibutuhkan hanyalah kemampuan untuk mempromosikan produk atau layanan secara efektif. 

 

Anda dapat menggunakan berbagai strategi pemasaran seperti SEO, media sosial, atau iklan PPC untuk mempromosikan produk atau layanan. Kiat inipun sebenarnya sudah dilakukan oleh pemilik produk, sehingga Anda tidak perlu terlalu susah payah menaikkannya.

 

Contoh Bisnis Afiliasi di Indonesia, Tertarik Bergabung?

 

Banyak perusahaan menawarkan program afiliasi yang menguntungkan. Dengan demikian, ide bisnis ini jadi opsi menarik bagi Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan. Berikut contoh bisnis afiliasi yang terkenal di Indonesia.

 

1. Tokopedia Affiliate Program 

Tokopedia adalah marketplace terbesar di Indonesia yang menawarkan program afiliasi. Dapatkan sampai dengan 10% komisi maksimal Rp50.000 untuk setiap produk yang terjual dari link produk dan link halaman yang dibagikan.

 

2. Shopee Affiliate Program

Shopee juga menyediakan program afiliasi dengan tawaran menarik. Dapatkan komisi dari 5-10% maksimal Rp10.000 untuk setiap produk yang terjual dari link produk dan link halaman yang dibagikan.

 

3. Lazada Affiliate

Lazada adalah salah satu platform e-commerce yang sangat populer di Asia Tenggara. Di sini, Lazada menawarkan komisi hingga 15% bagi para anggota yang berhasil menjual produk via link referral code. Besaran fee nya tergantung dari produk dan perjanjian dengan pemilik toko.

 

4. Bukalapak Affiliate 

Anda bisa mempromosikan produk-produk di marketplace Bukalapak melalui kode referral yang tersedia. Nantinya, komisi yang didapat berkisar antara 1-10%, tergantung persentase pada setiap produk.

 

5. Amazon Affiliate

Amazon menawarkan komisi affiliate yang cukup besar dengan bayaran Dollar. Untuk Amazon Games, komisi yang diberikan sebesar 20% dari harga produk, sementara untuk layanan Amazon Prime, Anda bisa mendapat komisi hingga 10% untuk setiap transaksinya.

 

Masih banyak lagi program afiliasi yang ditawarkan, baik oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia atau luar negeri. Anda dapat memilih program yang sesuai dengan topik atau niche yang Anda minati.

 

Baca Juga: Tujuan Investasi Menurut Para Ahli dan Manfaatnya bagi Masyarakat

 

Bisnis afiliasi merupakan model bisnis yang menarik dan menguntungkan. Dengan potensi penghasilan yang besar, modal rendah, fleksibilitas waktu dan lokasi, serta tidak perlu memiliki keahlian khusus, bisnis ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menghasilkan uang secara online. 

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, semoga Teman Bizharian dapat memulai bisnis afiliasi sendiri dan meningkatkan penghasilan tambahan. Selamat mencoba!

2334 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
310 Suka