16 February 2024
6 menit baca

15 Cara Mendapatkan Passive Income di Tahun 2024, Mudah!

6 menit baca

 

Ingin tahu cara mendapatkan passive income di tahun 2024? Ternyata mudah sekali, loh! Anda tidak perlu repot-repot bekerja dua kali untuk mendapatkan uang, karena kali ini uanglah yang akan bekerja untuk Anda. Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya!

 

Pengertian Passive Income

 

Passive income adalah jenis pendapatan yang diperoleh tanpa harus bekerja. Dengan kata lain, penghasilan ini tidak memerlukan adanya keterlibatan aktif dari seseorang. Istilah ini tentu berbeda dengan active income, di mana Anda harus bekerja setiap harinya untuk kemudian menerima gaji di akhir bulan.

 

Contoh passive income adalah sewa properti, partnership, hingga investasi reksadana atau saham. Nah, pemasukan ini akan terus mengalir ke dompet Anda tanpa butuh banyak effort. Tak heran, banyak yang mengatakan bahwa passive income adalah cara seseorang untuk mendapatkan uang sambil tidur.

 

Meskipun begitu, untuk mendapatkan passive income tidaklah mudah. Awalnya, seseorang harus berusaha membangun sumber penghasilan tambahan dari nol. Baru setelah stabil, sumber-sumber tersebut bisa menghasilkan uang sendiri.

 

Contoh Passive Income di Tahun 2024

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income. Apalagi, di tahun 2024, banyak sekali sumber penghasilan tambahan bermunculan, baik via offline maupun online. Berikut panduannya. 

 

  • Buka Kursus Online

Contoh passive income modal kecil terbaik yang bisa dimulai di tahun 2023 adalah membuka kursus online. Di sini, Anda bisa membagikan ilmu sekaligus mendapatkan penghasilan dari keahlian Anda, misalkan copywriting, graphic design, hingga public speaking.

 

Jangan khawatir kalah saing dengan kursus gratis di YouTube atau platform-platform besar. Fokuslah pada konten materi Anda dan cobalah untuk mengemasnya menjadi sesuatu yang menarik. Nantinya, hal tersebut akan jadi nilai plus bagi kursus Anda.

 

  • Jual Karya Seni Online

Bagi Anda yang gemar membuat karya seni, inilah saat yang tepat. Anda bisa menjual beragam lukisan atau karya seni Anda secara online. Menariknya, saat ini tren NFT Art sedang marak di media sosial. Anda bisa mengenkripsi karya seni Anda dan dijual di NFT marketplace dengan harga mahal, loh.

 

Selain lukisan, Anda juga bisa mengunggah dan memonetisasi karya seni lain yang bisa dibuat, misalnya musik, voice over, dan sejenisnya. Jika Anda tekun mengunggah dan memperbaiki kualitasnya, bukan tidak mungkin konten Anda akan laris dan mendulang penghasilan banyak.

 

  • Jual Stok Foto

Anda hobi foto-foto? Tahukah Anda jika foto jepretan Anda bisa dijual dan menghasilkan nilai fantastis? Betul! Saat ini, banyak sekali platform online yang menerima transaksi jual-beli foto-foto, baik yang diambil secara amatir atau profesional.

 

Nantinya, foto-foto yang Anda unggah pada platform tersebut dapat dibeli oleh siapapun yang membutuhkan konten visual tambahan pada pekerjaan mereka. Hal ini bisa jadi contoh passive income tanpa modal yang menguntungkan, bukan?

 

  • Berbisnis Franchise

Apabila Anda gemar berbisnis, maka membuka franchise atau waralaba bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Jenisnya pun bermacam-macam, bisa dalam bentuk coffee shop, laundry, warung makanan, hingga toko kelontong.

 

Memang, Anda harus terlibat secara aktif dalam bisnis franchise selama beberapa bulan pertama. Namun, setelah manajemen dan workflow sudah bisa berjalan sendiri, Anda bisa mendelegasikan hampir semua pekerjaan ke junior Anda. 

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2024

 

  • Membuat dan Menjual e-Book

Membuat e-book lalu menjualnya di platform online menjadi salah satu ide passive income yang bisa diterapkan di tahun 2023. Tentu saja, buku yang Anda bikin harus fresh dan menarik. Saat ini, genre teenlit, mystery, hingga romance masih laku dan banyak dibaca pembaca daring.

 

Biasanya, para penulis memulai karier kepenulisannya dengan menulis cerita bersambung di blog ataupun platform menulis populer, contohnya Wattpad. Setelah itu, baru bisa dipikirkan publikasi online secara full dan berbayar. Dijamin auto cuan! 

 

  • Sewa Properti

Cara mendapatkan passive income yang satu ini sudah ada sejak zaman dahulu kala dan terbukti efektif. Yap! Bisnis sewa properti masih eksis di tahun 2023. Hal ini dikarenakan nilainya yang terus naik dari tahun ke tahun dan berpotensi cuan tinggi.

 

Bagi Anda yang mempunyai properti nganggur seperti rumah, ruko, dan sebagainya, Anda bisa menyewakannya dengan harga yang wajar. Tentu saja harganya harus diperhitungkan dengan cermat. Jangan sampai terlalu mahal atau terlalu murah kalau tidak mau mendapat kerugian fatal. 

 

Baca Juga: Rahasia Memulai Bisnis Properti Dari Nol, Khusus Pemula

 

  • Program Afiliasi dan Referral

Di sini, Anda cukup mendaftar pada program afiliasi dari salah satu e-commerce, dan jika Anda memenuhi kriteria, biasanya Anda bisa langsung memulai misi untuk mendapatkan pendapatan pasif. 

 

Cara yang satu ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mempromosikan dan menjual suatu produk atau layanan via media sosial. Makin banyak barang yang terjual, makin banyak komisi yang bisa didapatkan.

 

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan passive income lewat program referral. Sederhananya, Anda perlu mengajak teman-teman Anda untuk menginstall dan mendaftar aplikasi tertentu untuk mendapatkan reward. Makin banyak yang terjaring, makin banyak reward yang Anda dapat. 

 

  • Sewa Kendaraan

Anda memiliki mobil atau sepeda motor yang tidak terpakai di garasi rumah? Kalau iya, cuanin saja! Anda bisa menyewakan kendaraan bermotor Anda untuk didaftarkan sebagai mitra kendaraan online. Nantinya, Anda harus membuat syarat dan ketentuan serta tarif sewa yang detail untuk penyewa kendaraan Anda.

 

Anda juga bisa menyewakan kendaraan tersebut pada orang-orang terdekat. Meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih penyewa. Pastikan kesepakatan yang Anda buat memiliki kekuatan hukum, sehingga saat terjadi masalah, Anda bisa memiliki bukti yang kuat.

 

  • Menjadi Content Creator

Menjadi YouTuber atau content creator adalah contoh passive income terbaik dan paling direkomendasikan di tahun 2023. Kegiatan ini bisa dilakukan siapa saja, mau laki-laki atau perempuan. Cukup bermodal smartphone, akses internet, dan akun media sosial, Anda sudah bisa menjalaninya dengan lancar.

 

Anda bisa melakoni usaha ini setelah selesai kerja atau waktu luang di kantor, asalkan tidak mengganggu dan tetap profesional. Jika konten Anda laris, bukan tidak mungkin Anda akan kebanjiran viewers, lalu banyak endorsement yang masuk, sehingga uang yang masuk pada rekening semakin banyak.

 

  • Menulis dan Memublikasikan Lagu

Salah satu cara mendapatkan dan meningkatkan passive income adalah menulis lagu. Tips ini sangat cocok buat Anda yang sudah menyanyi atau menulis kreatif. Ketika Anda menciptakan lagu, Anda memperoleh hak cipta atas karya tersebut. 

Artinya, Anda memiliki kontrol penuh atas bagaimana lagu tersebut digunakan, termasuk dalam cara yang memungkinkan penghasilan pasif. Anda dapat mempublikasikan lagu Anda di berbagai platform distribusi musik digital seperti Spotify dan Apple Music.

 

  • Memonetisasi Blog

Memonetisasi blog adalah cara yang efektif untuk mendapatkan passive income. Cara paling umum yang bisa digunakan adalah melalui Google AdSense, di mana Anda mendapatkan komisi setiap kali pengunjung mengklik iklan yang ditampilkan di blog Anda. 

 

Selain itu, Anda bisa mempromosikan produk atau layanan tertentu melalui tautan afiliasi di blog Anda dan menerima komisi setiap kali ada pembelian. Jika blog Anda memiliki audiens yang kuat, Anda bahkan dapat menjual iklan langsung kepada pengiklan yang tertarik, memberi Anda kontrol penuh atas tarif dan jenis iklan yang ditampilkan.

 

  • Membuka Indekos

Meningkatkan passive income dari bisnis indekos bisa menjadi trik terampuh untuk mendiversifikasi sumber pendapatan Anda. Cara ini semakin efektif jika Anda membuka indekos di daerah perkantoran atau kampus, di mana orang-orang butuh hunian yang dekat dengan tempat mereka bekerja atau sekolah.

 

Nantinya, Anda perlu menganalisis harga sewa di daerah Anda, kemudian menyesuaikannya agar kompetitif dan menguntungkan. Anda dapat mempertimbangkan menawarkan diskon untuk penyewa jangka panjang.

 

  • Investasi di Platform Terpercaya

Tidak punya waktu untuk mengurus bisnis sampingan tapi ingin memiliki penghasilan tambahan? Jangan khawatir, Anda tetap bisa “mengurus” bisnis sampingan dengan modal kecil. Caranya adalah dengan menginvestasikan pendapatan Anda di platform-platform yang sudah terpercaya.

 

Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh passive income, mulai dari emas, reksadana, hingga saham. Secara khusus, Anda bisa berinvestasi di platform crowdfunding seperti Bizhare.

 

Nantinya, Anda bisa memilih aneka jenis bisnis yang tersedia di sini. Setelah itu, Anda bisa membeli saham usaha yang dirasa paling menjanjikan profitnya. Keuntungannya, Anda tidak perlu terjun langsung untuk mengelola bisnisnya. Cukup pantau perkembangannya kapanpun dan di manapun dari aplikasi Bizhare. Mudah, bukan?

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Manfaat Memiliki Passive income

 

Passive income memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi kestabilan perekonomian Anda maupun perencanaan keuangan di masa mendatang. Berikut daftarnya.

 

  • Nilai Usaha Meningkat

Dengan memiliki penghasilan pasif, Anda berpeluang memiliki aset dan nilai usaha yang terus bertambah seiring berjalannya waktu. Apalagi, berkat kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam mengelola risiko, modal awal yang diinvestasikan bisa berkembang puluhan kali lipat di kemudian hari.

 

  • Menikmati Hasil yang Berlipat Ganda

Dengan banyaknya sumber passive income yang dimiliki, Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai macam penghasilan yang menjanjikan. Selain itu, Anda bisa menikmati hasil usaha dari berbagai macam bidang yang Anda geluti dengan hasil yang memuaskan.

 

  • Mengurangi Kecemasan di Masa Depan

Di tengah kondisi perekonomian yang tak pasti, memiliki passive income adalah suatu keharusan. Dengan memiliki penghasilan pasif, Anda akan lebih siap dan tenang menghadapi berbagai gejolak ekonomi. Tidak ada kecemasan jika tidak akan menghasilkan uang karena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) mengingat Anda sudah mempersiapkan passive income yang stabil.

 

  • Dapat Uang Tanpa Harus Aktif Bekerja

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, reksadana, atau bisnis lainnya, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. Anda pun tidak perlu bekerja aktif, yang penting usahanya terlihat jelas.

 

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa mendapatkan passive income di tahun 2024 adalah sebuah keharusan. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber sesuai dengan passion dan minat Anda. Bagaimana Teman Bizharian, tertarik untuk menginvestasikan penghasilan Anda untuk mengembangkan passive income?

 

Memiliki passive income adalah hal vital yang harus Anda lakukan mulai sekarang. Dengan demikian, masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang!

21765 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
716 Suka