10 July 2024
5 menit baca

Dana Pensiun: Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

5 menit baca

dana pensiun adalah

 

Mempersiapkan dana pensiun untuk hari tua harus dilakukan sedini mungkin. Anda bisa mulai mempelajari berbagai jenis dan manfaatnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian, ketika masa purna tugas tiba, Anda tetap memiliki dana yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan hidup.

 

Pengertian Dana Pensiun

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dana pensiun adalah dana yang diperoleh dari iuran tetap tiap peserta ditambah penyisihan penghasilan perusahaan, serta para peserta memiliki hak mendapatkan bagian keuntungan itu setelah pensiun.

 

Sementara itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 1992, dana pensiun merupakan badan hukum yang mengelola dan menjalankan program dengan janji manfaat pensiun. Bisa dikatakan, dana hari tua harus dikelola oleh sebuah badan yang terpercaya dan legal.

 

Jika dilihat dari dua pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa dana untuk masa pensiun adalah dana yang dikumpulkan oleh lembaga tertentu menggunakan iuran pekerja, lalu diberikan kembali saat pekerja tersebut memasuki masa pensiun. Di Indonesia sendiri, karyawan akan memasuki masa purna bakti saat berusia 60 tahun.

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Efektif

 

Kenapa Perlu Dana Pensiun?

 

Pentingnya dana pensiun tidak bisa diabaikan, terutama mengingat besarnya peran keuangan dalam kehidupan setelah pensiun. Beberapa alasan mengapa perlu memiliki dana pensiun yang mencukupi antara lain:

 

  1. Kemandirian Finansial: Dana pensiun memberikan kebebasan finansial saat tidak lagi bekerja, sehingga kita tidak harus bergantung pada keluarga atau bantuan pemerintah.
  2. Biaya Hidup: Hidup di masa pensiun seringkali membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dana pensiun membantu mencover biaya hidup sehari-hari, kesehatan, dan kebutuhan lainnya.
  3. Mengatasi Inflasi: Dengan dana pensiun yang cukup, kita dapat mengatasi inflasi dan mempertahankan daya beli di masa depan.
  4. Kenyamanan Psikologis: Memiliki dana pensiun yang mencukupi memberikan ketenangan pikiran dan mengurangi stres terkait keuangan.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi, Bisa Untuk Jangka Panjang!

 

Fungsi Dana Pensiun

 

Dana pensiun memiliki berbagai fungsi penting untuk memastikan stabilitas finansial selama masa pensiun. Beberapa di antaranya adalah:

 

  1. Menyediakan Pendapatan Pensiun: Fungsi utama dana pensiun adalah menyediakan sumber pendapatan yang berkelanjutan setelah pensiun. Hal ini membantu memenuhi kebutuhan dasar dan keinginan tanpa harus bergantung pada pekerjaan lagi.
  2. Investasi dan Pengelolaan Dana: Dana pensiun dikelola secara profesional melalui investasi di berbagai instrumen keuangan. Tujuannya adalah agar dana pensiun tumbuh dan mencapai target yang diharapkan.
  3. Manfaat Pajak: Beberapa negara memberikan insentif pajak untuk dana pensiun, yang dapat mengurangi beban pajak bagi peserta.
  4. Jaminan Sosial: Dana pensiun dari pemerintah atau perusahaan seringkali merupakan bagian dari sistem jaminan sosial yang melindungi kesejahteraan warga negara.

 

Manfaat Dana Pensiun

 

Dana pensiun memberikan manfaat yang signifikan bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan. Beberapa manfaatnya antara lain:

 

  1. Ketentuan Hidup Lebih Baik: Dana pensiun yang mencukupi memungkinkan seseorang menjalani hidup yang lebih layak dan nyaman tanpa harus bekerja keras di masa tua.
  2. Memenuhi Impian: Dengan dana pensiun yang mencukupi, seseorang dapat mewujudkan impian atau keinginan yang tidak terpenuhi selama masa kerja.
  3. Mengurangi Beban Keluarga: Dana pensiun yang mencukupi dapat mengurangi beban finansial bagi keluarga dalam merawat anggota keluarga yang sudah pensiun.
  4. Mendorong Pensiun Dini: Jika seseorang memiliki dana pensiun yang mencukupi, mereka bisa memilih untuk pensiun lebih awal dan menikmati hidup tanpa perlu bekerja lagi.

 

Jenis Dana Pensiun

 

Secara garis besar, dana untuk masa pensiun terbagi menjadi dua kategori, yakni berdasarkan program dan berdasarkan penyelenggara. Masing-masing memiliki perbedaan serta fungsinya sendiri berdasarkan pihak penyelenggaranya.

 

Dana Pensiun Berdasarkan Program

 

Berdasarkan program, dana untuk masa pensiun dibagi menjadi dua jenis, yakni Dana Pensiun Manfaat Pasti dan Dana Pensiun Iuran Pasti. Berikut penjelasan mengenai keduanya.

 

  • Dana Pensiun Manfaat Pasti

Dana Pensiun Manfaat Pasti (defined benefit plan) adalah program pensiun yang manfaatnya didapatkan melalui perusahaan tempat Anda bekerja. Dana ini berasal dari potongan gaji karyawan saat masih bekerja ditambah dengan dana dari pemberi kerja. Dana tersebut akan ditambahkan perusahaan dan diinvestasikan dengan cermat.

 

  • Dana Pensiun Iuran Pasti

Dana Pensiun Iuran Pasti (defined contribution plan) adalah program investasi yang iurannya ditetapkan lebih dahulu di awal, kemudian seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening peserta. 

 

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

 

Dana Pensiun Berdasarkan Penyelenggara

 

Menurut aturan yang tertera di dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 1992, dana masa pensiun berdasarkan penyelenggara terbagi menjadi dua jenis, yakni Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Berikut info selengkapnya.

 

  • Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) yaitu dana yang dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selaku pendiri, untuk menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti atau Program Pensiun Iuran Pasti, bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta, dan yang menimbulkan kewajiban terhadap pemberi kerja.

 

  • Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DPLK adalah dana yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari dana masa pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.

 

Dana Pensiun Berdasarkan Keuntungan

 

Dana Pensiun Berdasarkan Keuntungan adalah Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP), dengan iuran hanya dari pemberi kerja yang didasarkan pada rumus yang dikaitkan dengan keuntungan pemberi kerja.​

 

Khusus untuk dana masa purna bakti ini, iuran diambil dari akumulasi yang didapatkan dari investasi. Dana iuran tersebut diinvestasikan pada aset-aset di pasar modal dan aset riil. Bagi dana masa pensiun yang mengambil program iuran pasti, investasi ditentukan oleh pendiri bersama dengan dewan pengawas.

 

Cara Menghitung Dana Pensiun

 

Menghitung dana pensiun adalah langkah penting untuk memastikan kecukupan tabungan di masa pensiun. Ada beberapa cara untuk menghitung dana pensiun yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing individu. Selengkapnya, silakan klik artikel di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Cara Menghitung dan Mempersiapkan Dana Pensiun

 

Demikian pengertian dana pensiun beserta jenis-jenis dan manfaatnya bagi hari tua. Jadi, tunggu apalagi? Segera sisihkan pendapatan Anda demi hari tua yang lebih baik dan penuh kepastian! Ingat, dana untuk masa pensiun tidak hanya berguna bagi Anda, tapi juga keluarga bila Anda sudah tiada.

 

Amankan Hari Tua Anda dengan Investasi Crowdfunding Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

23163 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
913 Suka