26 December 2023
4 menit baca

10 Cara Menabung untuk Beli Mobil Bekas atau Baru

4 menit baca

cara menabung beli mobil

 

Membeli mobil impian seringkali menjadi tujuan yang membutuhkan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik. Jika Anda sedang bermimpi memiliki mobil baru, berikut adalah deretan cara menabung yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut tanpa merasa terbebani secara finansial.

 

  • Tentukan Mobil yang Diinginkan

 

Cara menabung untuk beli mobil baru baru atau bekas pertama adalah menentukan mobil yang diinginkan. Identifikasi dengan jelas jenis mobil, model, dan merek yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. 

 

Melakukan riset menyeluruh mengenai mobil impian akan membantu Anda memahami rentang harga yang terkait dengan mobil tersebut. Dengan menetapkan pilihan ini, Anda dapat menghitung perkiraan biaya total yang diperlukan dan menentukan target menabung yang realistis.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

  • Buat Anggaran

 

Setelah menentukan mobil yang diinginkan, langkah berikutnya adalah membuat anggaran yang terinci. Buatlah daftar lengkap biaya yang terkait dengan proses pembelian mobil baru, termasuk pajak, asuransi, biaya administrasi, dan biaya lainnya. Pahami juga besaran uang muka yang biasanya dibutuhkan. 

 

Setelah itu, susun anggaran bulanan yang memperhitungkan penghasilan dan pengeluaran Anda. Pastikan anggaran tersebut realistis, mempertimbangkan kemampuan finansial Anda, sehingga Anda dapat menetapkan jumlah yang wajar untuk ditabung setiap bulannya.

 

  • Buat Rencana Keuangan

 

Rencana keuangan yang jelas dan terperinci merupakan kunci dalam cara menabung untuk beli mobil baru. Rencana ini harus mencakup berapa jumlah uang yang akan Anda tabung setiap bulan dan seberapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai target menabung. 

 

Rencana keuangan yang baik membantu Anda memonitor progres tabungan dan memberikan gambaran yang lebih baik mengenai perjalanan keuangan Anda menuju kepemilikan mobil impian.

 

  • Membuat Perbandingan Harga

 

Sebelum mengambil keputusan final untuk membeli mobil baru, lakukanlah perbandingan harga di beberapa dealer mobil. Bandingkan penawaran dari berbagai tempat dan cari diskon atau promo yang mungkin tersedia. 

 

Dengan membandingkan harga, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan penawaran terbaik dan bahkan dapat menekan harga agar lebih terjangkau. Langkah ini membantu Anda mengoptimalkan tabungan Anda dan mendapatkan nilai terbaik untuk uang yang Anda investasikan.

 

  • Membeli Mobil Bekas

 

Jika anggaran Anda terbatas, mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas bisa menjadi opsi yang bijak. Pilihlah mobil bekas yang masih dalam kondisi baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

 

Melakukan riset mendalam dan, jika perlu, membawa ahli otomotif dapat membantu memastikan bahwa mobil bekas yang Anda pilih memiliki nilai yang baik dan tidak akan menimbulkan masalah besar dalam jangka waktu yang singkat.

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Efektif

 

  • Hindari Berutang

 

Penting untuk diingat bahwa cara menabung untuk beli mobil baru sebaiknya tidak melibatkan utang yang berlebihan. Membeli mobil dengan cara berutang dapat memberikan beban finansial tambahan karena adanya cicilan bulanan. 

 

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari opsi berutang dan prioritaskan tabungan Anda. Pilihlah alternatif pembayaran yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda agar perjalanan menuju kepemilikan mobil baru tetap terkendali.

 

  • Menabung di Bank

 

Menabung di bank adalah langkah bijak dalam menyimpan uang untuk membeli mobil baru. Pilihlah bank yang menawarkan suku bunga yang tinggi agar tabungan Anda dapat bertambah secara signifikan. 

 

Pastikan untuk membuka rekening tabungan khusus untuk tujuan menabung beli mobil, dan atur otomatis transfer dari rekening gaji atau rekening lainnya ke rekening tabungan. Hal ini membantu memastikan konsistensi dalam menabung.

 

Baca Juga: Menabung atau Investasi, Mana yang Lebih Penting?

 

  • Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

 

Mengurangi pengeluaran adalah langkah efektif untuk meningkatkan jumlah uang yang dapat Anda tabung setiap bulan. Tinjau kembali anggaran dan identifikasi area di mana Anda dapat menghemat, seperti makan di restoran atau pembelian barang-barang yang tidak urgent. Dengan menekan pengeluaran yang tidak perlu, Anda dapat meningkatkan jumlah tabungan secara signifikan.

 

  • Cari Sumber Penghasilan Tambahan

 

Untuk mempercepat proses menabung, pertimbangkan untuk mencari sumber penghasilan tambahan. Mungkin Anda bisa mencari pekerjaan sampingan, mengambil proyek-proyek lepas, atau menjual barang-barang yang tidak terpakai. Dengan sumber penghasilan tambahan, Anda dapat menambahkan dana ekstra ke rekening tabungan dan mencapai target beli mobil lebih cepat.

 

  • Simpan Dana di Platform Crowdfunding

 

Pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian dari uang Anda untuk investasi. Ini bisa berupa investasi dalam saham, obligasi, properti, atau reksa dana. Ingatlah bahwa investasi selalu melibatkan risiko, jadi pastikan untuk melakukan riset yang cermat sebelum berinvestasi.

 

Investasi dengan bijak dapat membantu mengembangkan kekayaan Anda seiring berjalannya waktu, termasuk untuk membeli mobil impian Anda. Salah satunya yang sedang viral saat ini adalah investasi dari platform securities crowdfunding.

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dengan menjalankan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengimplementasikan cara menabung untuk beli mobil baru secara efektif. Hal ini tidak hanya membantu Anda mencapai impian memiliki mobil baru, tetapi juga mengajarkan kebiasaan keuangan yang baik untuk jangka panjang.

460 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
86 Suka