13 December 2023
5 menit baca

17 Cara Menabung dengan Cepat dan Efektif, Terbukti Berhasil!

5 menit baca

 

Menabung adalah kunci untuk mencapai kestabilan keuangan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Banyak target pun dipasang, entah itu menabung Rp10 juta hingga Rp100 juta dalam 1 tahun. Bagi Anda yang ingin tahu cara menabung dengan cepat dan efektif, berikut panduannya!

 

  • Tetapkan Tujuan Menabung

 

Menetapkan tujuan yang jelas akan memberikan motivasi yang kuat untuk menabung. Misalnya, tujuan dapat berupa pembelian rumah, pendidikan lebih tinggi, atau perjalanan impian. Dengan memiliki tujuan yang spesifik, Anda akan lebih termotivasi dan fokus dalam mengumpulkan tabungan.

 

  • Tentukan Metode Menabung dan Jangka Waktu Menabung

 

Pilihlah metode menabung yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan metode menabung bulanan dengan menetapkan jumlah yang tetap setiap bulannya. Selain itu, tentukan juga jangka waktu menabung yang realistis agar dapat merencanakan dengan baik.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

  • Buat Target Waktu dan Jumlah Tabungan

 

Buat target waktu yang spesifik untuk mencapai tujuan menabung Anda. Misalnya, tentukan bahwa Anda ingin mencapai jumlah tabungan tertentu dalam waktu satu tahun. Selain itu, tetapkan juga jumlah tabungan yang harus dicapai setiap bulannya agar Anda dapat melacak kemajuan dan mengatur anggaran dengan lebih efektif.

 

  • Alokasikan Gaji Lebih Banyak untuk Tabungan

 

Salah satu cara efektif untuk menabung dengan cepat adalah dengan mengalokasikan sebagian dari gaji Anda secara langsung ke rekening tabungan. 

 

Selain itu, buatlah anggaran yang realistis untuk kebutuhan sehari-hari dan sisihkan sisa gaji untuk ditabung. Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan mengalokasikan gaji lebih banyak untuk tabungan, Anda dapat mengumpulkan tabungan lebih cepat.

 

Baca Juga: Menabung atau Investasi, Mana yang Lebih Penting?

 

  • Pakai Rekening Khusus untuk Menabung

 

Untuk menghindari godaan mengeluarkan tabungan, buatlah rekening khusus yang digunakan secara eksklusif untuk menabung. Pisahkan rekening tabungan dari rekening giro sehari-hari Anda agar tidak tergoda untuk mengambil uang tabungan. Dengan memiliki rekening khusus, Anda dapat dengan mudah melacak dan mengontrol perkembangan tabungan Anda secara terpisah.

 

  • Tambah Sumber Penghasilan Lain

 

Selain mengalokasikan gaji untuk menabung, Anda dapat mencari sumber penghasilan tambahan. Misalnya, Anda bisa mencari pekerjaan paruh waktu, menjalankan bisnis sampingan, atau memanfaatkan keterampilan atau hobi untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan jumlah tabungan dengan lebih cepat.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2023

 

  • Catat Semua Pengeluaran dalam 1 Bulan dan Evaluasi

 

Penting untuk mencatat semua pengeluaran Anda selama satu bulan dan mengkategorikan mereka. Setelah itu, evaluasi pengeluaran Anda dan identifikasi daerah di mana Anda bisa mengurangi pengeluaran. Dengan melakukan ini, Anda dapat menemukan kebiasaan pengeluaran yang tidak perlu dan mengalokasikan lebih banyak uang untuk tabungan.

 

  • Simpan Uang Receh

 

Jangan meremehkan nilai uang receh, karena mereka dapat bertambah menjadi jumlah yang signifikan seiring waktu. Setiap kali Anda memiliki uang receh, simpanlah dalam tempat khusus seperti celengan atau tabung. Hal ini membantu Anda mengumpulkan uang secara perlahan namun pasti, yang dapat ditambahkan ke tabungan utama Anda.

 

Baca Juga: Budgeting: Tips dan Trik untuk Mengelola Uang dengan Baik

 

  • Hidup Hemat 

 

Praktekkan pola hidup hemat dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Periksa kembali kebiasaan konsumsi Anda dan cari cara untuk menghemat uang dalam kehidupan sehari-hari. 

 

Misalnya, belanja dengan bijak, memasak makanan di rumah, menggunakan transportasi umum, dan mematikan perangkat listrik saat tidak digunakan. Dengan mengurangi pengeluaran, Anda dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk menabung.

 

  • Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

 

Penggunaan kartu kredit dapat menimbulkan utang yang sulit diatasi. Sebaiknya, hindari penggunaan kartu kredit sebisa mungkin dan lebih condong kepada pembayaran tunai atau debit. 

 

Dengan mengurangi penggunaan kartu kredit, Anda dapat mengontrol pengeluaran dan mencegah terjebak dalam hutang yang bisa menghambat upaya menabung Anda.

 

  • Manfaatkan Promo atau Cashback

 

Manfaatkan promo atau program cashback yang ditawarkan oleh berbagai toko atau penyedia layanan. Belanja saat ada diskon atau gunakan kartu yang memberikan cashback untuk pembelian sehari-hari. Dengan memanfaatkan promo atau cashback, Anda dapat menghemat uang dan menambah jumlah tabungan Anda.

 

  • Masak Sendiri Agar Lebih Hemat

 

Memasak makanan di rumah merupakan cara yang efektif untuk menghemat uang. Buatlah daftar belanjaan dan rencanakan menu mingguan agar Anda dapat mengatur anggaran makanan dengan lebih baik. 

 

Dengan memasak sendiri, Anda dapat mengontrol pengeluaran untuk makanan dan mengurangi penggunaan restoran atau makanan siap saji yang lebih mahal.

 

  • Siapkan Kalender Tabungan

 

Buatlah kalender tabungan yang mencatat setiap kali Anda menabung. Tandai tanggal dan jumlah tabungan yang berhasil Anda kumpulkan setiap bulan. Ini akan memberikan visualisasi yang jelas tentang kemajuan Anda dan memotivasi Anda untuk terus menabung dengan konsisten.

 

Baca Juga: 13 Tips Mengelola Uang THR Agar Tidak Cepat Habis dan Sia-Sia

 

  • Mulai Menabung dari Jumlah Kecil

 

Jangan menunda menabung hanya karena Anda merasa jumlah yang dapat Anda sisihkan kecil. Mulailah menabung dengan jumlah kecil yang dapat Anda sisihkan setiap bulan. 

 

Setiap jumlah tabungan memiliki dampak yang signifikan dalam jangka panjang. Penting untuk memulai dan secara konsisten meningkatkan jumlah tabungan seiring waktu.

 

  • Jadikan Menabung sebagai Tantangan

 

Jadikan menabung sebagai tantangan yang menyenangkan. Tetapkan target untuk mencapai jumlah tabungan tertentu dalam waktu tertentu, dan berikan hadiah kecil untuk diri sendiri setiap kali Anda mencapai target tersebut. 

 

Memandang menabung sebagai tantangan akan membantu menjaga motivasi dan memberikan kepuasan saat melihat tabungan Anda bertambah.

 

  • Mulai Investasi Reksadana Rutin

 

Selain menabung, pertimbangkan untuk memulai investasi reksadana rutin. Reksadana adalah instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang. 

 

Dengan melakukan investasi rutin, Anda dapat meningkatkan potensi keuntungan dan mengoptimalkan pertumbuhan tabungan Anda. Pastikan untuk memahami risiko dan melakukan riset sebelum memilih reksadana yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

 

Baca Juga: Reksadana: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Risikonya

 

  • Investasi di Bisnis dan Saham Crowdfunding

 

Salah satu cara untuk menabung dengan cepat dan efektif adalah dengan mempertimbangkan investasi di bisnis dan saham melalui platform crowdfunding. Platform ini memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam bisnis startup atau proyek tertentu dengan modal yang relatif kecil. 

 

Dalam beberapa tahun terakhir, crowdfunding atau urun dana telah menjadi alternatif yang populer bagi investor yang mencari opsi investasi yang berbeda dari kebanyakan. Salah satu keuntungannya adalah investor dapat memilih proyek atau usaha yang ingin mereka dukung. 

 

Hal ini memberikan kontrol yang lebih besar atas investasi mereka dan memungkinkan para investor untuk mendukung proyek yang sesuai dengan nilai-nilai mereka. Selain itu, investasi crowdfunding juga memungkinkan investor untuk memperoleh pengembalian yang lebih tinggi daripada deposito. 

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Nah, salah satu platform investasi urun dana terbaik yang bisa Anda coba adalah Bizhare. Berdiri sejak tahun 2018, Bizhare berkomitmen untuk menjadi platform securities crowdfunding terkemuka di Indonesia. 

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis UMKM pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini.  

1088 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
250 Suka