25 October 2023
4 menit baca

10 Manfaat Investasi Bagi Masa Depan Anda, Mulai dari Sekarang!

4 menit baca

 

Investasi merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kekayaan dan mencapai tujuan keuangan masa depan. Manfaat investasi pun sangat banyak, beberapa di antaranya seperti menghasilkan keuntungan dan memperoleh keamanan keuangan jangka panjang. Berikut ulasan selengkapnya!

 

  • Memperoleh Pendapatan Pasif

 

Sebagai sarana untuk memperkaya diri, investasi juga memampukan Anda untuk memperoleh pendapatan pasif. Pendapatan pasif adalah pendapatan yang diterima tanpa harus melakukan pekerjaan atau bekerja secara aktif. 

 

Misalnya, jika Anda berinvestasi dalam bisnis properti, Anda dapat memperoleh pendapatan pasif dari penyewaan rumah, indekos, maupun apartemen yang Anda miliki. Atau, jika berinvestasi di platform Bizhare, Anda bisa mendapatkan pemasukan dari franchise-franchise yang Anda investasikan di sini.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

  • Melindungi dari Inflasi

 

Manfaat investasi yang sangat penting di zaman sekarang adalah mampu melindungi kekayaan Anda dari inflasi. Inflasi sendiri terjadi ketika harga barang dan jasa meningkat dari waktu ke waktu. 

 

Jika Anda menyimpan uang di bawah bantal, nilai uang Anda akan menurun seiring waktu karena inflasi. Namun, dengan melakukan investasi yang tepat, Anda dapat memperoleh keuntungan yang dapat membantu melindungi kekayaan Anda dari inflasi. Bahkan, Anda bisa terselamatkan walau negara terkena resesi!

 

Baca Juga: Peluang Resesi Ekonomi di 2023 dan Solusinya, Indonesia Aman?

 

  • Mengurangi Risiko Finansial

 

Investasi dapat membantu Anda mengurangi risiko finansial. Misalnya, jika Anda berinvestasi dalam portofolio yang terdiversifikasi dengan baik, Anda dapat mengurangi risiko investasi Anda. 

 

Dengan memiliki portofolio yang terdiversifikasi, Anda dapat meminimalkan risiko kehilangan semua uang jika salah satu investasi Anda mengalami kerugian. Jadi tunggu apalagi, segera investasi sekarang hingga mencapai financial freedom!

 

Baca Juga: Pentingnya Diversifikasi Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

  • Meningkatkan Nilai Aset Anda

Investasi dapat membantu meningkatkan nilai aset yang dimiliki. Misalnya, jika Anda berinvestasi dalam real estate atau properti lainnya, Anda dapat meningkatkan nilainya secara signifikan seiring berjalannya waktu. Apalagi, harga properti tidak pernah mengalami penurunan kecuali jika mengalami property bubble.

 

Selain itu, jika memilih berinvestasi dalam saham, Anda dapat memperoleh keuntungan dari kenaikan harga saham yang dapat meningkatkan nilai investasi. Tentu saja, analisis baik-baik risiko yang muncul agar Anda tidak mengalami kerugian besar.

 

Baca Juga: Apa Itu Indeks Saham: Kegunaan, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

 

  • Membantu Mencapai Tujuan Keuangan

 

Investasi dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan masa depan. Apalagi, dengan melakukan investasi yang tepat, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang dapat membantu mencapai berbagai macam target dan kemapanan finansial. 

 

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan aset instrumen obligasi, reksadana, hingga saham jika hendak merencanakan tabungan pensiun. Anda juga bisa memanfaatkan obligasi untuk merencanakan tabungan pendidikan anak. Intinya, kenali lebih jauh tentang instrumen investasi agar keuntungan yang didapat maksimal.

 

  • Menyediakan Dana Darurat

 

Manfaat investasi terpenting lainnya adalah membantu Anda menyediakan dana darurat. Seperti namanya, dana darurat sangat penting untuk menghadapi situasi darurat atau keadaan yang tidak terduga. 

 

Misalnya, jika Anda mengalami kecelakaan atau kehilangan pekerjaan, dana darurat dapat membantu untuk bertahan hidup sampai Anda menemukan penghasilan baru. Dengan melakukan investasi yang tepat, Anda dapat memperoleh dana darurat yang cukup untuk mengatasi situasi semacam itu.

 

Baca Juga: Sinking Fund: Pengertian, Manfaat, dan Bedanya dengan Dana Darurat

 

  • Menjaga Keseimbangan Antar Generasi

 

Menjaga keseimbangan antar generasi merupakan salah satu manfaat penting dari investasi. Ketika berinvestasi, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki sumber penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda saat ini dan di masa depan. 

 

Selain itu, investasi juga dapat membantu meninggalkan warisan untuk anak-anak atau cucu-cucu Anda. Dalam konteks ini, investasi dapat membantu Anda menciptakan keseimbangan antar generasi dengan memberikan dukungan keuangan yang diperlukan bagi Anda dan keluarga saat ini. 

 

  • Memberikan Peluang Bisnis

 

Dalam banyak kasus, investasi dapat membantu Anda menghasilkan uang lebih banyak daripada yang Anda hasilkan dari pekerjaan Anda. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan pendapatan pasif dari investasi untuk membiayai kebutuhan bisnis Anda, seperti modal awal, pengembangan produk, dan promosi.

 

Selain itu, investasi juga dapat membantu Anda memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang dunia bisnis. Dengan mengamati tren pasar dan mengikuti perkembangan ekonomi, Anda dapat mengidentifikasi peluang bisnis yang menarik dan memulai bisnis Anda sendiri.

 

  • Mengurangi Beban Pajak

 

Dalam banyak kasus, pendapatan yang dihasilkan dari investasi dapat dikenakan pajak dengan tarif yang lebih rendah daripada pajak penghasilan biasa. Beberapa jenis investasi, seperti reksadana dan obligasi pemerintah, menawarkan kemungkinan untuk memperoleh penghasilan dengan tarif pajak yang lebih rendah atau bebas pajak. 

 

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa insentif pajak, seperti potongan pajak investasi atau pengurangan pajak atas penghasilan pasif yang dihasilkan dari investasi. Dengan memilih investasi yang tepat dan memanfaatkan insentif pajak yang tersedia, Anda dapat membantu mengurangi beban pajak Anda dan meningkatkan keuntungan investasi Anda.

 

Baca Juga: Apa itu Crowdfunding, Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

 

  • Meningkatkan Kekayaan di Masa Depan

 

Sudah jadi anggapan umum bahwa investasi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekayaan Anda. Dengan berinvestasi secara tepat dan konsisten, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang. 

 

Sebagai contoh, jika Anda berinvestasi dalam saham atau obligasi, Anda dapat memperoleh pendapatan pasif dari dividen atau kupon bunga yang dibayarkan secara berkala. 

 

Investasi memberikan peluang lebar untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, aman, dan bahagia, jauh dari ancaman kekurangan uang di masa pensiun. Bagi Anda yang ingin punya masa depan cerah dan tenteram, silakan klik button di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang!

 

Investasi memiliki manfaat yang penting bagi siapa saja yang ingin membangun kekayaan dan merencanakan masa depan. Meskipun investasi melibatkan risiko, dengan melakukan riset dan diversifikasi portofolio, Anda dapat mengurangi risiko dan memaksimalkan potensi return

 

Maka dari itu, jangan biarkan mitos bahwa investasi hanya untuk orang kaya menghalangi Anda untuk memulainya!  Investasi dapat diakses siapa saja dengan anggaran dan perencanaan yang tepat. Selamat mencoba! 

1631 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
233 Suka