10 April 2023
3 menit baca

Sinking Fund: Pengertian, Manfaat, dan Bedanya dengan Dana Darurat

3 menit baca

 

Sinking fund adalah tabungan yang dibuat untuk menyiapkan kebutuhan tertentu di masa depan. Bagi para perencana keuangan jangka panjang, dana ini menjadi opsi paling tepat, khususnya untuk membayar utang, membeli properti, atau membayar uang pendidikan. Berikut ulasan lengkapnya!

 

Apa Itu Sinking Fund?

 

Sinking fund adalah tabungan jangka panjang yang dibuat untuk mengumpulkan dana dalam jumlah besar dalam waktu tertentu. Biasanya, dana ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan masa depan, mulai dari membeli kendaraan bermotor, membeli properti, hingga membayar utang.

 

Dilansir Investopedia, sinking fund adalah dana dari uang yang disisihkan untuk tujuan tertentu seperti melunasi utang atau berinvestasi. Menurut Time, metode yang digunakan sinking fund sudah terjamin keamanannya. Peruntukannya juga untuk pengeluaran yang jelas. 

 

Dalam konteks perumahan, sinking fund adalah dana yang diperuntukkan untuk perawatan, perbaikan, atau penggantian aset properti dalam jangka panjang.

 

Tidak ada aturan baku mengenai persentase penghasilan yang harus disisihkan untuk sinking fund. Namun, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan keuangan dan tujuan yang ingin dicapai. 

 

Sebagai acuan, beberapa ahli keuangan menyarankan untuk menyisihkan 10-15% dari penghasilan untuk mempersiapkan sinking fund.

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang dan Tips Memulainya

 

Manfaat Sinking Fund

 

Sinking fund memiliki manfaat yang sangat penting dalam mempersiapkan keuangan di masa depan. Berikut beberapa di antaranya!

 

  • Menjaga Stabilitas Keuangan

Dengan memiliki sinking fund, Anda dapat menjaga stabilitas keuangan di masa depan. Alasannya, ketika tiba-tiba ada kebutuhan yang mendesak, seperti biaya perbaikan rumah atau kendaraan, Anda tidak perlu khawatir atau terpaksa meminjam uang dari orang lain.

 

  • Mencegah Terjadinya Utang

Sinking fund juga dapat membantu mencegah terjadinya utang di masa depan. Sebab, dengan memiliki dana cadangan yang cukup, Anda tidak perlu meminjam uang dari bank atau pihak lain yang pada akhirnya akan menambah beban utang di masa depan.

 

  • Menghindari Kecemasan Finansial

Ketika memiliki sinking fund, Anda tidak perlu cemas atau khawatir dengan kebutuhan yang mendesak di masa depan. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus pada kegiatan atau proyek yang lebih penting dan menenangkan pikiran.

 

Cara Mempersiapkan Sinking Fund

 

Untuk mempersiapkan sinking fund, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasan lengkapnya!

 

  • Menentukan Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dari sinking fund tersebut. Apa yang ingin dicapai di masa depan? Misalnya, mempersiapkan biaya pernikahan atau membeli rumah.

 

  • Menentukan Jumlah Dana

Setelah menentukan tujuan, Anda juga harus menentukan jumlah dana yang dibutuhkan. Selain itu, Anda bisa menghitung biaya yang dibutuhkan secara rinci, seperti biaya pendidikan anak atau biaya perbaikan rumah.

 

  • Menabung secara Berkala

Setelah menentukan tujuan dan jumlah dana, langkah selanjutnya adalah menabung secara berkala. Anda bisa menentukan jangka waktu dan jumlah tabungan setiap bulannya, sehingga target bisa tercapai sesuai rencana.

 

Apakah Perbedaan Sinking Fund dan Dana Darurat?

 

Sinking fund dibuat untuk memenuhi kebutuhan tertentu di masa depan, seperti membayar cicilan utang. Sementara itu, dana darurat dibuat untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak, seperti kecelakaan. 

 

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang berbeda, baik sinking fund dan dana darurat sama-sama merupakan bentuk dana cadangan yang dapat membantu mengantisipasi kebutuhan keuangan di masa depan. 

 

Bahkan, memiliki sinking fund dan dana darurat sangat penting dalam perencanaan keuangan pribadi, karena dapat membantu menghindari masalah finansial yang serius.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

Akhir kata, mempersiapkan keuangan untuk masa depan adalah hal yang penting dan tidak bisa ditunda-tunda. Salah satunya adalah dengan memiliki sinking fund

 

Dengan memilikinya, Anda bisa menyiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, seperti biaya pendidikan anak, biaya perbaikan rumah, dan lain sebagainya. 

 

Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa mulai mempersiapkan berbagai dana cadangan dari sekarang. Tujuannya agar menjaga stabilitas keuangan dan meraih kemerdekaan finansial. Selamat mencoba!

5272 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
429 Suka