16 July 2023
3 menit baca

Cara Menabung Saham Bagi Pemula, Yuk Ikuti!

3 menit baca

cara menabung saham pemula

 

Menabung saham menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang ingin berinvestasi sedari dini. Dengan potensi keuntungan jangka panjang dan diversifikasi portofolio, menabung saham dapat menjadi langkah awal yang menguntungkan. Namun, penting untuk memperoleh pengetahuan dasar mengenai cara menabung saham khususnya bagi pemula. Berikut ulasannya!

 

Apa Itu Menabung Saham?

 

Menabung saham adalah kegiatan menyisihkan sejumlah uang secara berkala untuk membeli saham perusahaan. Dalam menabung saham, Anda menjadi pemilik sebagian kecil perusahaan yang sahamnya Anda miliki. 

 

Saham sendiri merupakan instrumen investasi yang diperdagangkan di pasar saham, dan nilai saham dapat berubah sesuai dengan kondisi pasar dan kinerja perusahaan tersebut.

 

Baca Juga: Kenapa Harga Saham Naik Turun? Ini Penyebabnya!

 

Keuntungan Menabung Saham

 

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh saat memilih untuk menabung atau berinvestasi saham. Berikut beberapa di antaranya!

 

  • Potensi Keuntungan

Salah satu keuntungan utama dari menabung saham adalah potensi keuntungan jangka panjang yang dapat diperoleh. Jika perusahaan yang Anda miliki sahamnya mengalami pertumbuhan dan keberhasilan, maka nilai saham Anda juga dapat meningkat seiring waktu.

 

  • Pembagian Dividen

Jika perusahaan yang Anda miliki sahamnya membagikan dividen kepada pemegang saham, Anda berhak menerima bagian dari dividen tersebut. Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham sebagai imbalan atas kepemilikan mereka.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Dengan menabung saham, Anda dapat mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Dengan memiliki saham dari berbagai perusahaan yang berbeda, Anda dapat mengurangi risiko investasi karena jika salah satu saham turun nilainya, saham lainnya masih dapat memberikan keuntungan.

 

Baca Juga: Pentingnya Diversifikasi Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

Cara-Cara Menabung Saham

 

Setelah memahami pengertian dan keuntungannya, kini saatnya Anda belajar bagaimana cara menabung saham dengan baik dan benar. Berikut panduan lengkapnya!

 

  • Pendidikan dan Penelitian

Mulailah dengan memperoleh pengetahuan dasar tentang saham dan pasar saham. Pelajari jenis-jenis saham, strategi investasi, analisis fundamental dan teknikal, serta cara membaca laporan keuangan perusahaan. Melakukan riset sebelum berinvestasi akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

 

Baca Juga: Panduan Analisis Teknikal Saham: Pengertian, Cara, dan Indikator Analisa Saham

 

  • Tentukan Tujuan dan Rencana Investasi

Tetapkan tujuan keuangan Anda dalam menabung saham. Apakah Anda ingin menabung untuk jangka pendek atau jangka panjang? Berapa jumlah yang ingin Anda sisihkan setiap bulan? Dengan memiliki tujuan dan rencana investasi yang jelas, Anda dapat merancang strategi yang sesuai.

 

  • Buka Rekening Efek

Langkah berikutnya adalah membuka rekening efek di perusahaan sekuritas atau broker saham yang terpercaya. Rekening efek ini akan menjadi sarana untuk melakukan transaksi jual beli saham.

 

  • Pilih Saham yang Tepat

Lakukan analisis terhadap perusahaan-perusahaan yang sahamnya ingin Anda beli. Perhatikan kinerja perusahaan, stabilitas keuangan, prospek bisnis, dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi harga saham. Diversifikasi portofolio Anda dengan memilih saham dari berbagai sektor.

 

  • Mulai dengan Investasi Kecil

Sebagai pemula, disarankan untuk memulai dengan investasi kecil. Beli saham dalam jumlah yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mempelajari lebih banyak tentang pasar saham tanpa mengambil terlalu banyak risiko.

 

  • Pantau dan Evaluasi Investasi Anda

Lakukan pemantauan terhadap saham-saham yang Anda miliki. Ikuti perkembangan perusahaan dan perubahan harga saham secara teratur. Lakukan evaluasi portofolio investasi Anda secara berkala dan lakukan penyesuaian jika diperlukan.

 

Baca Juga: Apa Itu Indeks Saham: Kegunaan, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

 

Menabung Saham Crowdfunding di Bizhare

 

Saat ini, saham makin mudah dijangkau siapapun. Bahkan, saham juga bisa menjadi hadiah wisuda bagi orang terkasih, loh. Meksipun begitu, harus diakui bahwa harga saham biasanya cukup mahal dan sulit dijangkau kalangan tertentu.

 

Beruntungnya, Anda bisa mendapatkan saham dengan harga terjangkau. Caranya adalah dengan membelinya di platform urun dana atau crowdfunding. Di sini, Anda bisa mendapatkan saham dengan harga yang sangat murah dibanding saham di bursa efek.

 

Contohnya, di platform securities crowdfunding Bizhare, Anda bisa membeli saham franchise-franchise populer dengan harga mulai dari Rp1 juta saja. Harga ini sudah sepadan dengan keuntungan besar yang diberikan, lengkap dengan jaminan keamanan dari Otoritas Jasa Keuangan.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Penting untuk dicatat bahwa investasi saham melibatkan risiko, dan hasilnya dapat bervariasi. Pastikan untuk melakukan riset dan konsultasi dengan profesional keuangan sebelum membuat keputusan investasi. Akhir kata, selamat mencoba!

161 Suka