21 March 2024
4 menit baca

10 Contoh Amal Saleh dalam Kehidupan Sehari-hari

4 menit baca

contoh amal saleh

 

Amal saleh merupakan tindakan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk menjalankan ajaran agama. Ada banyak jenis amal saleh yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik kepada keluarga, masyarakat, maupun lingkungan sekitar. 

 

Amal saleh memiliki banyak manfaat, terutama jika dilakukan dengan ikhlas, seperti mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat, mendapat pahala berlimpah, bahkan dijamin masuk surga oleh Allah SWT. Berikut adalah contoh amal saleh yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  • Salat 5 Waktu

 

Salat merupakan ibadah yang sangat penting dalam Islam. Melaksanakan salat 5 waktu dengan tepat waktu adalah kewajiban bagi setiap muslim yang balig dan berakal. Salat memiliki banyak manfaat, baik fisik maupun spiritual. Fisiknya, salat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti melancarkan peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh. 

 

Secara spiritual, salat merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Melalui salat, seorang muslim dapat memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT. Salat juga merupakan bentuk syukur atas nikmat-nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita.

 

Baca Juga: Sedekah: Pengertian, Keutamaan, & Contohnya

 

  • Membaca Al-Quran

 

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang berisi petunjuk-petunjuk hidup yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Membaca Al-Quran merupakan salah satu amal saleh yang sangat dianjurkan dalam Islam. Al-Quran bukan hanya sekadar kitab bacaan, tetapi juga sebagai petunjuk hidup bagi umat Islam. 

 

Dalam Al-Quran terdapat banyak pelajaran dan hikmah yang dapat diambil untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, membaca Al-Quran juga dapat menjadi sumber pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Quran, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan.”

 

  • Berzikir

 

Dzikir merupakan salah satu amal saleh yang dianjurkan dalam Islam. Dzikir adalah kegiatan mengingat Allah SWT dengan membaca kalimat-kalimat tasbih, tahmid, takbir, dan istighfar. Dzikir dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik dalam keadaan suka maupun duka. 

 

Dzikir memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat menenangkan hati, menjauhkan diri dari perbuatan tercela, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Rasulullah SAW juga mencontohkan banyak dzikir yang dapat dilakukan dalam berbagai situasi, sehingga dzikir dapat menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari seorang muslim.

 

Baca Juga: Apa Itu Uang THR dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

 

  • Menjalankan Ibadah Sunnah

 

Selain ibadah wajib, menjalankan ibadah sunnah juga sangat dianjurkan dalam Islam. Ibadah sunnah adalah segala sesuatu yang dikerjakan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh bagi umat Islam, namun tidak diwajibkan. Menjalankan ibadah sunnah dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan seseorang. Contoh ibadah sunnah yang bisa dilakukan sehari-hari adalah puasa sunnah Senin-Kamis, shalat sunnah sebelum dan sesudah salat wajib, serta shalat tahajud.

 

  • Menghormati Orang Tua

 

Menghormati orang tua merupakan salah satu ajaran agama yang sangat ditekankan dalam Islam. Orang tua adalah sosok yang telah berjasa besar dalam kehidupan kita, sehingga wajib bagi kita untuk menghormati, memuliakan, dan merawat mereka dengan sebaik-baiknya. 

 

Menghormati orang tua juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.”

 

 

  • Tolong Menolong

 

Tolong menolong merupakan nilai yang sangat ditekankan dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.” Membantu sesama muslim yang membutuhkan merupakan amal saleh yang sangat dianjurkan dalam Islam. 

 

Tolong menolong tidak hanya sebatas memberikan bantuan materi, tetapi juga dapat berupa bantuan moral, seperti memberikan nasihat dan dukungan kepada sesama muslim yang sedang mengalami kesulitan. Dengan tolong menolong, kita dapat membentuk masyarakat yang saling peduli dan menguatkan ukhuwah islamiyah.

 

Salah satu tradisi yang melekat dengan hari raya Idulfitri adalah mengucapkan selamat merayakan kemenangan secara islami kepada orang-orang terdekat. Jika Anda sedang mencari inspirasi untuk ucapan selamat Idulfitri tahun ini, berikut adalah beberapa contoh ucapan yang dapat Anda gunakan bagi orang tua, keluarga besar, teman-teman, hingga atasan.

 

Baca Juga: Apa itu Sukuk: Pengertian, Jenis, dan Cara Membelinya

 

  • Bersedekah

 

Bersedekah merupakan amal saleh yang sangat ditekankan dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, “Dan berikanlah kepada kaum kerabat, kepada orang miskin, dan kepada orang yang dalam perjalanan (musafir), dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.” 

 

Bersedekah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberikan sebagian harta kepada yang membutuhkan, menolong orang yang sedang kesulitan secara finansial, atau memberikan sumbangan kepada lembaga-lembaga amal. Bersedekah tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk membersihkan harta dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

 

  • Melestarikan Alam

 

Islam mengajarkan untuk menjaga kelestarian alam dan menghindari perbuatan yang dapat merusak lingkungan. Melestarikan alam dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghijaukan lingkungan sekitar. 

 

Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk tidak melakukan pemborosan, termasuk dalam penggunaan sumber daya alam. Dengan melestarikan alam, kita dapat menjaga keindahan alam dan memberikan warisan yang baik bagi generasi mendatang.

 

Baca Juga: Daftar Ucapan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H 2024

 

  • Ikut Kerja Bakti

 

Kerja bakti adalah kegiatan bersama untuk kepentingan bersama, seperti membersihkan lingkungan, memperbaiki fasilitas umum, atau membantu sesama yang membutuhkan. Ikut dalam kerja bakti merupakan salah satu bentuk amal saleh kepada masyarakat. 

 

Melalui kerja bakti, kita dapat membantu memperbaiki lingkungan sekitar dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman untuk semua orang. Kerja bakti juga merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama muslim.

 

  • Jangan Mencela Anak Yatim-Piatu

 

Mencela anak yatim-piatu merupakan perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Anak yatim-piatu merupakan golongan yang rentan dan membutuhkan perlindungan serta kasih sayang. Allah SWT sangat memperhatikan nasib anak yatim-piatu, sehingga dalam Al-Quran ditekankan untuk tidak mencela mereka. 

 

Rasulullah SAW juga menekankan pentingnya perlakuan baik terhadap anak yatim-piatu, bahkan beliau bersabda bahwa orang yang merawat dan menyayangi anak yatim akan bersama-sama dengan beliau di surga. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus menjaga dan melindungi anak yatim-piatu serta tidak mencela mereka dalam bentuk apapun.

 

Baca Juga: Risiko Investasi Sukuk dan Cara Mitigasinya

 

Investasi lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Kesimpulannya, memiliki passive income adalah hal vital yang harus Anda lakukan mulai sekarang. Dengan demikian, masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

124 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
20 Suka