28 March 2023
4 menit baca

Risiko Investasi Sukuk dan Cara Mitigasinya

4 menit baca

 

Jika Anda seorang investor, pasti sudah familiar dengan produk investasi sukuk. Sukuk merupakan instrumen keuangan syariah yang semakin diminati di Indonesia, baik oleh investor ritel maupun institusional. Namun, seperti produk investasi lainnya, sukuk juga memiliki risiko yang harus dipahami sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi.

 

Sekilas Tentang Sukuk

 

Secara garis besar, sukuk atau obligasi syariah adalah surat berharga jangka panjang yang dikeluarkan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Produk investasi ini ditawarkan oleh Pemerintah kepada masyarakat sebagai instrumen yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

 

Menurut UU No. 19 Tahun 2008, sukuk adalah surat berharga negara yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap Aset Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), baik dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing.

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai sukuk beserta dengan kelebihan yang dimilikinya, silakan membaca artikel di bawah ini.

 

Baca Juga: Apa itu Sukuk: Pengertian, Jenis, dan Cara Membelinya

 

Risiko Investasi Sukuk

 

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas, meskipun digadang-gadang menjadi instrumen yang aman, tidak dapat dipungkiri bahwa sukuk memiliki risikonya tersendiri. Berikut daftar risiko investasi sukuk!

 

  1. Risiko Kerugian Investasi

Kerugian investasi merupakan risiko yang paling umum terjadi pada semua jenis investasi, termasuk sukuk. Pergerakan harga sukuk bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kondisi ekonomi, suku bunga, atau bahkan isu politik. 

 

Jika harga sukuk turun dan return atau yield tidak seperti yang diharapkan, maka nilai investasi Anda juga akan turun. Oleh karena itu, sebelum berinvestasi, pastikan Anda telah melakukan analisis pasar dan memilih sukuk dengan risiko kerugian investasi yang lebih rendah.

 

Mitigasi Risiko Sukuk dari Bizhare:

 

Berdasarkan data historis, Bizhare akan melakukan analisis yang ketat atas usaha yang dijalankan oleh Penerbit. Caranya adalah dengan metode skoring yang merujuk pada bisnis Penerbit. Selain itu, Bizhare melakukan review yang obyektif atas rencana anggaran biaya dan project evaluation dari Penerbit.

 

  1. Risiko Likuiditas

Risiko likuiditas merupakan risiko yang terkait dengan kemampuan investor untuk menjual sukuk dengan mudah dan cepat pada harga pasar yang wajar. Sukuk dengan likuiditas yang rendah akan sulit dijual, bahkan dengan harga diskon sekalipun.

 

Hal ini bisa terjadi jika terdapat kekhawatiran tentang kualitas sukuk, atau jika terdapat masalah pada penerbit sukuk. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih sukuk dengan likuiditas yang cukup tinggi.

 

Mitigasi Risiko Sukuk dari Bizhare:

 

  • Bizhare akan secara aktif memasarkan efek investor dan menyediakan harga referensi efek untuk memudahkan Investor dalam bertransaksi.
  • Bizhare akan memfasilitasi RUPS untuk semaksimal mungkin mengamankan dana investor.

 

  1. Risiko Kelangkaan Pembagian Dividen

Salah satu keuntungan dari investasi sukuk adalah pembayaran dividen secara berkala. Namun, terkadang penerbit sukuk mengalami kesulitan keuangan sehingga tidak mampu membayar dividen dengan tepat waktu atau bahkan tidak sama sekali. 

 

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi lebih jauh, pastikan Anda memilih sukuk dari penerbit yang kredibel dan memiliki rekam jejak yang baik dalam pembayaran dividen.

 

Mitigasi Risiko Sukuk dari Bizhare:

 

Penerbit melalui Bizhare akan membantu memastikan bahwa dividen yang dibagikan ke Investor akan selalu lancar dan tepat waktu dengan pemantauan kelangsungan usaha Penerbit. 

 

Selain itu, Bizhare akan memantau perkembangan usaha yang sedang berjalan dan secara rutin mengecek laporan keuangan Penerbit. Dengan demikian, dividen dapat dibagikan ke para Investor sesuai jadwal pembagian dividen yang telah disepakati.

 

  1. Risiko Dilusi Kepemilikan Efek

Risiko dilusi kepemilikan efek terjadi ketika penerbit sukuk menerbitkan sukuk tambahan, sehingga menyebabkan kepemilikan Anda terdilusi. Hal ini bisa terjadi jika penerbit sukuk mengalami kesulitan keuangan dan membutuhkan dana segar. 

 

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pastikan Anda memperhatikan kebijakan penerbit sukuk terkait penambahan sukuk tambahan, dan pastikan bahwa kebijakan tersebut tidak merugikan investor.

 

Mitigasi Risiko Sukuk dari Bizhare:

 

Penerbit melalui Bizhare pasti akan menawarkan terlebih dahulu kepada pemegang efek sebelumnya supaya jumlah dan persentase kepemilikan efek tetap sama (Right Issue). 

 

Jika Pemodal (pemegang efek) sebelumnya tidak menggunakan haknya untuk membeli efek baru, maka Penerbit melalui Bizhare akan menawarkan kepada pemodal lain yang akan dibuka secara umum.

 

  1. Risiko Kegagalan Sistem Elektronik

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak investasi sukuk dilakukan secara online melalui sistem elektronik. Namun, risiko kegagalan sistem elektronik bisa terjadi kapan saja, seperti gangguan teknis atau serangan siber. 

 

Tentu saja, risiko ini bisa menyebabkan kerugian finansial dan mengganggu transaksi investasi Anda. Pastikan Anda memilih platform investasi sukuk yang handal dan memiliki sistem keamanan yang baik.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Mitigasi Risiko Sukuk dari Bizhare:

 

Bizhare menggunakan multi server untuk meminimalisir risiko kegagalan sistem elektronik. Multi server berguna sebagai antarmuka pengguna dengan database.

 

  1. Risiko Capital Loss

Risiko capital loss terjadi akibat fluktuasi pasar yang tidak terduga. Investasi sukuk dapat mengalami kerugian jika terjadi perubahan pada pasar keuangan yang signifikan, seperti kenaikan suku bunga atau turunnya permintaan pasar. 

 

Oleh karena itu, penting bagi investor untuk melakukan analisis pasar yang baik dan memilih sukuk dengan risiko capital loss yang rendah. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

 

Mitigasi Risiko Sukuk dari Bizhare:

 

Bizhare akan memfasilitasi pertemuan pertemuan Penerbit dengan para investor untuk mencari solusi terbaik dari permasalahan yang ada.

 

Baca Juga: Mitigasi Risiko Sukuk yang Telat Bayar Imbal Hasil atau Pokok di Bizhare

 

Demikian penjelasan mengenai risiko investasi sukuk. Jika Anda masih ingin bertanya seputar bisnis dan proyek yang sudah diinvestasikan, silakan hubungi Support Relation Bizhare di aplikasi maupun WA Official di sini. Anda juga bisa membaca di opsi Frequently Asked Questions (FAQ) berikut.

 

Bizhare FAQ 

1894 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
282 Suka