02 January 2024
6 menit baca

10+ Tips Bijak & Ampuh Mengatur Keuangan di Tahun Baru

6 menit baca

tips mengatur keuangan tahun baru

 

Tahun baru merupakan momen yang tepat untuk memulai semuanya dengan semangat baru, salah satunya adalah mengelola keuangan. Hal ini krusial karena membantu menentukan alokasi keuangan yang harus dikeluarkan maupun diterima sepanjang tahun. Agar tidak berantakan, berikut adalah beberapa tips penting yang dapat membantu Anda mengatur keuangan di tahun baru.

 

  • Membuat Perencanaan Anggaran

 

Salah satu langkah pertama dalam mengatur keuangan di tahun baru adalah membuat anggaran. Rencanakan pendapatan dan pengeluaran Anda dengan cermat. Hal ini akan membantu Anda melihat cash flow uang Anda dan menyusun strategi untuk menghemat lebih banyak.

 

Sebagian besar orang tidak menyadari seberapa pentingnya memiliki anggaran dalam mengatur keuangan pribadi. Dengan memiliki anggaran yang baik, Anda dapat mengendalikan pengeluaran Anda dan lebih mudah mencapai tujuan keuangan Anda. 

 

Ketika membuat anggaran, pastikan Anda mencakup semua sumber pendapatan Anda dan semua pengeluaran, baik yang tetap maupun yang tidak terduga. Ini akan membantu Anda memiliki gambaran yang jelas tentang situasi keuangan Anda.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

  • Mengurangi Utang yang Tidak Perlu

 

Utang dapat menjadi beban yang besar. Itu sebabnya, prioritaskan membayar utang Anda, terutama yang memiliki tingkat bunga tinggi. Dengan mengurangi utang, Anda akan memiliki lebih banyak uang yang dapat diinvestasikan atau disimpan untuk masa depan.

 

Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi utang. Salah satunya adalah memprioritaskan utang dengan tingkat bunga tertinggi. Dengan cara ini, Anda akan menghemat uang yang biasanya akan Anda bayarkan sebagai bunga. 

 

Selain itu, cobalah untuk membayar lebih dari minimum yang dibutuhkan setiap bulan. Semakin cepat Anda melunasi utang, semakin sedikit uang yang akan Anda keluarkan untuk membayar bunga.

 

Baca Juga: Lunas Total! 10 Cara Melunasi Utang Pinjol Sampai Tuntas

 

  • Siapkan Dana Darurat

 

Tidak ada yang tahu kapan keadaan darurat akan muncul. Itu sebabnya, menyiapkan dana darurat merupakan langkah penting untuk mengamankan keuangan Anda. Simpan sebagian uang Anda dalam rekening yang mudah diakses untuk situasi tak terduga.

 

Dana darurat adalah tabungan khusus yang Anda siapkan untuk menghadapi kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, biaya medis mendesak, atau perbaikan mendadak di rumah. 

 

Dana darurat ini sebaiknya setara dengan minimal tiga hingga enam bulan pengeluaran Anda. Dengan memiliki dana darurat, Anda tidak perlu mengandalkan kartu kredit atau pinjaman saat keadaan darurat muncul.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkannya

 

  • Alokasikan Dana untuk Ditabung

 

Menabung adalah kunci untuk meraih impian jangka panjang Anda. Tetapkan tujuan keuangan jangka panjang, seperti membeli rumah atau pensiun yang nyaman, dan sisihkan sebagian uang Anda secara teratur.

 

Saat menabung, penting untuk memiliki tujuan yang jelas. Ini bisa menjadi tujuan jangka pendek seperti liburan atau tujuan jangka panjang seperti membeli rumah atau pensiun. 

 

Dengan memiliki tujuan, Anda akan lebih termotivasi untuk menabung dan mengelola keuangan Anda dengan bijak. Selain itu, pertimbangkan untuk membuka rekening tabungan khusus untuk tujuan tersebut, sehingga Anda tidak tergoda untuk menggunakannya untuk keperluan lain.

 

  • Perkaya Literasi Keuangan

 

Perbanyak wawasan Anda mengenai literasi keuangan. Dengan meningkatnya pemahaman Anda mengenai literasi keuangan, Anda jadi mampu mengambil keputusan yang lebih baik tentang finansial Anda. 

 

Banyak orang mengalami kesulitan keuangan karena kurangnya pengetahuan tentang keuangan pribadi. Dengan belajar tentang konsep dasar seperti pengelolaan utang, investasi, dan perencanaan pensiun, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik tentang keuangan Anda. 

 

Anda tidak perlu menjadi seorang ahli keuangan untuk mengelola uang Anda dengan bijak, tetapi pengetahuan dasar akan membantu Anda menghindari kesalahan umum yang dapat merugikan keuangan Anda.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

  • Membayar Pajak Tepat Waktu

 

Penting untuk membayar pajak Anda tepat waktu. Hindari sanksi dan denda dengan mengatur keuangan Anda sehingga Anda dapat memenuhi kewajiban pajak Anda. Pastikan Anda memahami kewajiban pajak Anda dan bahwa Anda membayar pajak tepat waktu. 

 

Jika Anda memiliki penghasilan tambahan, seperti investasi, pastikan Anda memahami bagaimana penghasilan tersebut memengaruhi kewajiban pajak Anda. Dengan membayar pajak tepat waktu, Anda dapat menghindari masalah hukum dan memastikan keuangan Anda berjalan lancar.

 

  • Pilih Asuransi yang Tepat

 

Pastikan Anda memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi kendaraan adalah beberapa jenis asuransi yang mungkin Anda perlukan.

 

Anda harus tahu bahwa asuransi adalah perlindungan penting untuk Anda dan keluarga Anda. Asuransi kesehatan akan melindungi Anda dari biaya medis yang besar, asuransi jiwa akan memberikan perlindungan keuangan bagi keluarga Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan, dan asuransi kendaraan akan melindungi kendaraan Anda dari kerusakan dan kecelakaan. 

 

  • Menentukan Tujuan Keuangan

 

Tips mengatur keuangan di tahun baru selanjutnya adalah menentukan tujuan keuangan Anda. Apakah Anda ingin membeli rumah baru, menghemat untuk pendidikan anak-anak, atau pensiun yang nyaman? Tujuan ini akan memberikan Anda motivasi untuk mengatur keuangan dengan lebih baik.

 

Tujuan adalah pendorong kuat untuk mengatur keuangan Anda. Mempunyai tujuan yang jelas akan membantu Anda tetap fokus dan termotivasi dalam mencapai tujuan keuangan Anda. Pastikan tujuan Anda spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu. Dengan memiliki tujuan yang baik, Anda akan lebih mudah melacak kemajuan Anda dan mengukur kesuksesan Anda.

 

  • Meminimalkan Pengeluaran

 

Tinjau kembali pengeluaran Anda dan cari cara untuk meminimalkannya. Apakah ada langganan yang tidak perlu atau pengeluaran mewah yang dapat dikurangi?

 

Meminimalkan pengeluaran adalah langkah penting dalam mengelola keuangan Anda. Ketika Anda mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu, Anda dapat mengalokasikan uang tersebut untuk tujuan yang lebih penting. 

 

Selain itu, cobalah untuk menghindari pengeluaran impulsif dan pertimbangkan apakah suatu pembelian benar-benar diperlukan sebelum Anda melakukannya.

 

  • Konsultasi dengan Ahli Keuangan

 

Jika Anda merasa kesulitan mengatur keuangan Anda, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang ahli keuangan. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai dengan situasi Anda.

 

Berkonsultasi dengan seorang ahli keuangan adalah langkah bijak jika Anda merasa bingung atau kesulitan mengelola keuangan Anda. Ahli keuangan memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam berbagai aspek keuangan pribadi, dan mereka dapat membantu Anda membuat rencana keuangan yang sesuai dengan situasi Anda. Mereka juga dapat memberikan saran tentang investasi, perencanaan pensiun, dan manajemen utang.

 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat Sesuai Kebutuhan

 

  • Berinvestasi dalam Diri Sendiri

 

Jangan lupakan pentingnya investasi dalam diri sendiri. Pendidikan dan pengembangan pribadi dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan untuk mencari pendapatan yang lebih baik.

 

Investasi dalam diri sendiri adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Anda lakukan. Dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. 

 

Pertimbangkan untuk mengambil kursus atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaan Anda atau minat Anda. Investasi dalam diri sendiri adalah investasi jangka panjang yang dapat membawa manfaat besar dalam karier dan kehidupan Anda.

 

Baca Juga: Apa itu Investasi Leher ke Atas? Simak Penjelasan Lengkapnya!

 

  • Investasi yang Cerdas

 

Investasi adalah salah satu cara untuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda. Dengan berinvestasi, Anda dapat menghasilkan pendapatan pasif dan memungkinkan uang Anda tumbuh seiring waktu. 

 

Namun, sebelum Anda mulai berinvestasi, pastikan Anda memahami jenis investasi yang Anda pilih dan tingkat risiko yang terkait dengannya. Selalu lakukan riset yang baik sebelum Anda menginvestasikan uang Anda.

 

Pelajari investasi seperti saham, obligasi, dan properti, dan mulailah berinvestasi untuk pertumbuhan kekayaan jangka panjang. Investasi dengan bijak dapat membantu mengembangkan kekayaan Anda seiring berjalannya waktu. Salah satunya yang sedang viral saat ini adalah investasi dari platform securities crowdfunding.

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Mengatur keuangan di tahun baru adalah langkah penting untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Dengan membuat anggaran, mengurangi utang, dan berinvestasi dengan bijak, Anda dapat mencapai stabilitas keuangan yang Anda inginkan.

 

Sebagai catatan, tidak ada formula ajaib dalam mengelola keuangan pribadi, tetapi dengan disiplin dan pengetahuan yang baik, Anda dapat mengendalikan keuangan Anda dan mencapai tujuan Anda. 

 

Ingatlah untuk selalu memeriksa dan mengevaluasi keuangan Anda secara berkala untuk memastikan bahwa Anda tetap berada di jalur yang benar.

446 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
98 Suka