21 May 2023
3 menit baca

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta yang Efektif

3 menit baca

 

Mengatur keuangan rumah tangga bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama ketika pendapatan yang diterima terbatas. Apalagi, dengan gaji Rp3 juta per bulan, Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan agar kebutuhan sehari-hari tetap tercukupi. Berikut adalah beberapa tips efektif yang dapat membantu Anda mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp3 juta.

 

  • Hitung Semua Pemasukan Anda dan Pasangan

 

Saat Anda hidup dengan gaji sebesar Rp3 juta, sangat penting untuk mengetahui dan menghitung semua pemasukan Anda dan pasangan. Income ini juga bisa berasal dari sumber lain seperti investasi, bunga bank, atau pendapatan tambahan lainnya. Dengan demikian, Anda bisa membuat anggaran keuangan yang lebih baik dan terencana.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

  • Buat Anggaran Pengeluaran dengan Rinci

 

Setelah mengetahui pemasukan Anda dan pasangan, langkah selanjutnya adalah membuat anggaran pengeluaran dengan rinci. Pertama, tulis semua pengeluaran bulanan Anda dan pasangan. Misalnya, biaya listrik, air, makanan, transportasi, cicilan utang, dan biaya keperluan lainnya. 

 

Setelah itu, tulis estimasi besaran biaya untuk setiap pos pengeluaran tersebut. Pastikan Anda dan pasangan sudah sepakat untuk memasukkan semua pengeluaran yang penting dan rutin ke dalam anggaran.

 

  • Tentukan Prioritas Keuangan Keluarga

 

Setelah membuat anggaran pengeluaran, tentukan prioritas keuangan keluarga. Apa yang menjadi prioritas keluarga Anda? Apakah itu membeli rumah atau mobil? Menabung untuk pendidikan anak? Atau membayar cicilan utang? Pastikan Anda dan pasangan sudah sepakat tentang prioritas keuangan keluarga agar dapat membuat keputusan yang tepat dalam pengeluaran.

 

  • Catat Semua Pengeluaran dengan Rinci

 

Selain membuat anggaran pengeluaran, Anda dan pasangan juga perlu mencatat semua pengeluaran dengan rinci. Hal ini berguna untuk mengetahui dan memantau pengeluaran Anda sehari-hari, dan juga membantu Anda untuk mengendalikan pengeluaran agar tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan. 

 

Anda bisa mencatat semua jenis pengeluarandalam buku catatan atau menggunakan aplikasi keuangan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyusun semuanya dengan rapi dan rinci.

 

  • Siapkan Pos Keuangan untuk Dana Darurat

 

Tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp3 juta selanjutnya adalah menyiapkan pos keuangan untuk dana darurat. Dana darurat ini penting untuk mengantisipasi keadaan urgent, seperti sakit atau kehilangan pekerjaan. Sebaiknya, siapkan dana darurat setidaknya setara dengan 3-6 bulan pengeluaran bulanan Anda dan pasangan.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkannya

 

  • Jumlah Cicilan Utang Tidak Lebih dari 30% Jumlah Pemasukan

 

Tips ini sangat krusial bagi Anda, khususnya generasi milenial. Jangan pernah mengambil cicilan utang yang melebihi 30% dari jumlah pemasukan. Jika sudah melebihi batas tersebut, segera lunasi atau tawarlah kepada kreditur agar cicilan dapat dikurangi. Hal ini akan menghindarkan keluarga dari beban utang yang berlebihan.

 

  • Pisahkan Dana Tabungan dan Investasi

 

Coba pisahkan dana tabungan dan investasi sedari dini. Tujuannya agar terlihat jelas dan memudahkan dalam pengelolaan keuangan. Usahakan untuk menyisihkan minimal 10% dari penghasilan untuk menabung, dan sisanya dapat dialokasikan untuk investasi seperti saham atau reksa dana.

 

  • Beli Proteksi Dana Asuransi

 

Salah satu cara yang terbukti jitu dalam mengatur keuangan adalah membeli asuransi. Asuransi sendiri sudah terjamin sebagai perlindungan keuangan untuk berbagai hal tak terduga seperti kecelakaan atau sakit yang membutuhkan biaya besar. Pastikan premi yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan keuangan keluarga.

 

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

 

  • Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

 

Kurangi penggunaan segala jenis kartu kredit dan Pay Later sebisa mungkin. Jika tidak dapat menghindarinya, pastikan untuk membayar tagihan tepat waktu dan selalu melunasi utang sebelum jatuh tempo. Hindari mengambil kredit melalui tenor lama karena bunga yang dikenakan cukup tinggi.

 

  • Lakukan Evaluasi Pengeluaran Rumah Tangga Secara Berkala

 

Lakukan evaluasi pengeluaran rumah tangga secara berkala untuk mengetahui pengeluaran yang perlu dikurangi atau bahkan dihilangkan. Hal ini akan membantu keluarga untuk lebih menghemat pengeluaran dan mengalokasikan dana untuk keperluan yang lebih penting.

 

  • Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

 

Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan kebutuhan yang mendesak dan hindari membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Bila memang ingin membeli barang yang diinginkan, tunggu sampai mampu membelinya tanpa mengganggu keuangan keluarga.

 

  • Terapkan Metode 50-30-20

 

Terapkan metode 50-30-20, yaitu 50% dari penghasilan digunakan untuk kebutuhan pokok, 30% untuk kebutuhan yang tidak penting dan 20% untuk menabung dan investasi. Dengan menerapkan metode ini, pengelolaan keuangan rumah tangga menjadi lebih teratur dan terkendali.

 

Baca Juga: Sinking Fund: Pengertian, Manfaat, dan Bedanya dengan Dana Darurat

 

Mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp3 juta memang bisa menjadi tantangan, tetapi tidak mustahil dilakukan. Dengan membuat anggaran bulanan, menghemat pengeluaran sekecil mungkin, dan menabung, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih efektif. Selalu evaluasi anggaran bulanan dan diskusikan dengan anggota keluarga untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

863 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
260 Suka