13 August 2023
3 menit baca

Manajemen Keuangan Usaha untuk Pelaku UMKM yang Harus Anda Terapkan

3 menit baca

Manajemen Keuangan Pelaku UMKM

 

Sebagai pelaku bisnis, salah satu skill wajib yang harus dikuasai adalah manajemen keuangan usaha. Sebab, bisnis bukan hanya bicara soal menghasilkan uang, namun juga mengelolanya agar dapat diputar menjadi sumber modal. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda mulai dalam pengaturan dan manajemen keuangan usaha.

 

Manajemen Keuangan Usaha bagi UMKM

 

Meski terlihat sederhana, prinsip manajemen keuangan usaha perlu menjadi perhatian khusus. Simak beberapa hal penting berikut yang harus jadi perhatian!

 

  • Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Usaha

Salah satu kesalahan utama yang bisa terjadi pada manajemen keuangan usaha UMKM adalah tidak memisahkan uang pribadi dengan uang bisnis. 

 

Meski usaha yang Anda kelola berskala kecil, pemikiran bahwa tidak perlu pemisahan uang ini adalah keliru. Keuangan yang tercampur akan membuat Anda kesulitan mengidentifikasi pengeluaran, keuntungan, maupun kerugian.

 

Anda bisa menggunakan jasa perbankan untuk pemisahan dana ini. Jika ingin menyimpannya sendiri, maka tempatkan pada lokasi terpisah seperti amplop atau dompet khusus. 

 

  • Membuat Perencanaan Anggaran

Merencanakan penggunaan anggaran untuk kebutuhan modal dan belanja dapat membuat keuangan usaha lebih terkontrol. Anda tidak dengan mudah menghamburkan anggaran dan modal dan mengantisipasi jika ada pengeluaran penting yang tidak terduga.

 

Untuk hal ini, Anda harus mampu menganalisa apakah kebutuhan belanja modal tersebut memiliki manfaat untuk meningkatkan pendapatan. Sesuaikan hal tersebut dengan penerimaan kas dan target penjualan dengan rencana pengeluaran yang dibuat.

 

Baca Juga: 5 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan yang Wajib DIketahui

 

  • Mengelola Keuntungan 

Keuntungan bisnis adalah sesuatu yang seharusnya Anda nikmati. Namun, keuntungan juga dapat dikelola kembali untuk perkembangan bisnis. Pengelolaan keuntungan usaha ini merupakan salah satu kemampuan manajemen keuangan usaha yang penting dilakukan.

 

Anda bisa mengalokasikan dana ini untuk berinvestasi, menyisihkannya sebagai dana darurat, atau penambahan modal usaha dengan tujuan untuk perkembangan bisnis.

 

  • Mengelola Hutang Piutang

Selain keuntungan, Anda juga harus fokus dalam mengelola hutang piutang dan persediaan barang. Kemampuan administrasi yang baik dibutuhkan untuk mengelola dan mengontrol hal ini.

 

Periksa secara berkala bahwa untuk memastikan bahwa segala hal berjalan baik. Mulai dari piutang, tagihan, dan harta yang dimiliki. Pastikan juga bahwa catatan keuangan Anda rapi sehingga dapat dilakukan pengecekan dengan teliti. 

 

Jika tidak, beberapa kesalahan fatal yang menyebabkan kerugian bisa terjadi, seperti keterlambatan dalam pembayaran tagihan, atau bahkan membayar tagihan tersebut dua kali karena tidak tercatat dengan baik.

 

Baca Juga: Tabungan Bisnis: Cara Tepat Mengatur Keuangan Usaha Anda

 

  • Siapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat tidak hanya berlaku untuk keuangan pribadi Anda, namun juga bisnis. Dunia bisnis bisa jadi adalah sesuatu yang memiliki banyak ketidakpastian. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi dan mengancam keberlangsungan bisnis. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya dana darurat yang akan menjadi dana backup untuk mengurangi beban bisnis ketika terjadi krisis.

 

Dana darurat dapat disisihkan dari sebagian keuntungan dengan nominal yang menyesuaikan. Gunakan dana darurat ketika hanya benar-benar dibutuhkan. Misalnya dalam keadaan ketika bisnis akan merugi dan jatuh, maka dana darurat dapat menyelamatkan sebagian dari bisnis Anda.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkannya

 

  • Mencatat Setiap Arus Keuangan

Saat mengelola keuangan usaha, Anda tidak dapat hanya mengandalkan ingatan. Anda memerlukan buku kas khusus yang akan merekam semua catatan keuangan, baik pengeluaran atau pemasukan. Apakah catatan tersebut sesuai dengan saldo yang saat ini dipegang. 

 

Untuk melakukan ini, dibutuhkan kemampuan administrasi. Anda juga bisa menggunakan komputer untuk memudahkan hal ini. Akan lebih baik jika Anda juga memiliki sistem akuntansi yang memadai agar perhitungannya lebih akurat.

 

  • Menggunakan Jasa Konsultan Keuangan

Jika bisnis yang dikelola belum memiliki sumber daya yang memadai untuk melakukan manajemen keuangan usaha, dan Anda belum merasa yakin dengan keakuratan perhitungan Anda, silakan untuk menggunakan bantuan pihak ketiga seperti jasa konsultan bisnis dan keuangan. 

 

Melibatkan pihak ketiga dalam mengawasi pengelolaan keuangan usaha dapat meminimalisir risiko dan terjadinya kesalahan. Pengelolaan keuangan yang rapi juga memiliki manfaat baik bagi usaha Anda ke depan, seperti memudahkan Anda dalam mendapatkan investor dan pendanaan.

 

Baca Juga: Tips Memilih Konsultan Bisnis yang Tepat agar Tidak Salah Strategi Bisnis

 

Melibatkan lembaga konsultan bisnis dan keuangan dalam mengatur strategi bisnis Anda dapat menjadi langkah yang tepat untuk mengantisipasi berbagai risiko dan kegagalan.

 

Memilih lembaga konsultan bisnis berpengalaman dan terpercaya pun juga sebetulnya tidak sulit. Anda dapat menggunakan jasa lembaga konsultan bisnis MBN Consulting untuk memenuhi kebutuhan pengembangan bisnis Anda. 

 

MBN Consulting adalah konsultan bisnis dengan berbagai layanan konsultasi dan perencanaan bisnis terpercaya. Anda bisa mendapatkan layanan terkait keuangan, legalitas, strategi pemasaran, performa bisnis, hingga sektor kualitas kinerja. Telah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan kualitas kinerja. 

 

MBN Consulting telah bekerjasama dengan banyak bisnis dan brand ternama seperti Sour Sally Group dan Holycow! Group hingga dipercaya oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk bekerjasama melakukan pendampingan kepada banyak pengusaha pemula potensial Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Misi MBN Consulting adalah memberikan bantuan layanan yang berkesinambungan terhadap peningkatan kualitas bisnis dan UKM di Indonesia. Tertarik untuk mengetahui layanan yang kami tawarkan? Silakan klik tombol di bawah untuk informasi lebih lanjut.

 

MBN Consulting

767 Reads
Author: Bizhare Contributor
206 Suka