13 July 2023
3 menit baca

Tips Memilih Konsultan Bisnis yang Tepat agar Tidak Salah Strategi Bisnis

3 menit baca

tips memilih konsultan bisnis

 

Memilih konsultan bisnis yang tepat bisa membantu Anda dalam proses pengembangan bisnis. Mulai dari penyusunan strategi bisnis, laporan keuangan, hingga manajemen kinerja. Namun, sebelum memutuskan menjalin kerjasama dengan agensi atau lembaga konsultasi bisnis, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut terkait cara memilih konsultan bisnis yang tepat.

 

Pengertian Konsultan Bisnis

 

Konsultan bisnis adalah individu atau lembaga profesional yang membantu Anda dalam mengatasi tantangan dalam pengembangan bisnis. Hal ini dilakukan dengan memberikan pelayanan dan konsultasi terkait analisis dan strategi perencanaan bisnis.

 

Sebagai pelaku bisnis, menunjuk konsultan bisnis untuk menganalisis dan menghitung risiko bisnis dengan matang merupakan salah satu keputusan yang tepat. 

 

Konsultan bisnis dapat memberikan perspektif yang luas mengenai bisnis yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Mereka memiliki pengalaman, wawasan, hingga kemampuan analisis yang mumpuni di industri bisnis.

 

Baca Juga: Profesi Konsultan Bisnis: Gaji, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

 

Tanggung Jawab Konsultan Bisnis

 

Alasan para pelaku bisnis mempekerjakan profesional atau ahli sebagai konsultan adalah karena kebutuhan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan usaha yang dihadapi. Oleh karena itu, konsultan bisnis mengemban beberapa tanggung jawab berikut untuk membantu pemilik bisnis mengatur strategi yang tepat.

 

  • Menganalisis Permasalahan

Konsultan bisnis memiliki keharusan untuk memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang mumpuni. Kemampuan ini wajib dimiliki karena mereka akan menangani dan mengatasi berbagai permasalahan dan kasus bisnis.

 

  • Merancang Strategi Bisnis

Selain mengidentifikasi dan menganalisis masalah, konsultan bisnis juga akan mengambil peran dalam perancangan strategi bersama pemilik bisnis. Pengalaman dan wawasan mereka akan membantu Anda memberikan banyak ide dan jalan keluar yang bisa dipertimbangkan.

 

  • Memberikan Akses pada Sumber Daya

Konsultan bisnis bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan dan pengembangan optimal kepada mitra yang mempekerjakan mereka. Mereka dapat membuka akses Anda pada sumber daya seperti membantu mencarikan investor, membantu pengembangan produk, dan mengembangkan strategi baru.

 

  • Mengoptimalkan Operasional Bisnis 

Setelah menjalankan peran dan tanggung jawabnya, optimalisasi bisnis Anda akan terus dipantau dan dievaluasi. Konsultan bisnis dapat memberikan rekomendasi, dan melakukan penyesuaian terhadap rencana dan strategi bisnis jika diperlukan untuk meningkatkan kinerja.

 

Baca Juga: Peran Konsultan Bisnis untuk Pengembangan Bisnis

 

Cara Memilih Konsultan Bisnis

 

Lalu, bagaimana cara memilih konsultan bisnis yang tepat agar Anda mendapatkan pelayanan maksimal sesuai kebutuhan? Simak beberapa hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan sebelum mulai mempekerjakan konsultan bisnis berikut.

 

  • Memeriksa Portofolio

Melalui portofolio, Anda dapat mengetahui siapa saja klien yang pernah bekerjasama dan menggunakan jasa konsultan bisnis tersebut. Anda juga bisa melihat pencapaian apa saja yang sudah mereka raih sebagai lembaga konsultasi bisnis.

 

Portofolio tersebut adalah gambaran singkat yang dapat membantu Anda mengukur kompetensi, kemampuan, kredibilitas, hingga pengalaman lembaga konsultan bisnis.

 

  • Memeriksa Latar Belakang Konsultan

Anda perlu tahu latar belakang konsultan bisnis yang akan Anda ajak bekerjasama. Caranya adalah dengan memeriksa legalitas mereka sebagai konsultan bisnis. 

 

Pemeriksaan legalitas dan latar belakang lembaga atau agensi konsultan bisnis berguna untuk memastikan bahwa lembaga konsultasi bisnis tersebut terpercaya dan dapat bertanggung jawab dengan hasil pekerjaan mereka.

 

  • Harga dan Pelayanan

Sudah pasti hal yang selalu ingin Anda ketahui dari sebuah produk dan layanan adalah apakah harga yang Anda bayarkan sepadan dengan layanan yang didapat.

 

Sehingga, Anda perlu melakukan riset dan wawancara mengenai hal ini kepada lembaga-lembaga konsultan bisnis. Setiap harga yang dibayarkan tentunya harus mendapatkan hasil yang sepadan dengan kualitas kinerja.

 

Baca Juga: Inkubator Bisnis: Pengertian, Sistem Kerja, & Manfaatnya

 

Pemeriksaan kemampuan, latar belakang, dan pelayanan yang maksimal wajib dilakukan sebelum memilih konsultan bisnis. Anda dapat melakukannya dengan berkonsultasi langsung dengan lembaga bersangkutan dan melakukan wawancara mendalam terkait pengalaman, latar belakang, dan bentuk pelayanan yang akan mereka berikan.

 

Memilih lembaga konsultan bisnis berpengalaman dan terpercaya sebetulnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. MBN Consulting dapat menjadi jawaban terhadap kebutuhan pengembangan bisnis Anda. 

 

MBN Consulting adalah konsultan bisnis dengan berbagai layanan konsultasi dan perencanaan bisnis terpercaya. Anda bisa mendapatkan layanan terkait keuangan, legalitas, strategi pemasaran, performa bisnis, hingga sektor kualitas kinerja. Telah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan kualitas kinerja. 

 

MBN Consulting telah bekerjasama dengan banyak bisnis dan brand ternama seperti Sour Sally Group dan Holycow Group! hingga dipercaya oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk bekerjasama melakukan pendampingan kepada banyak pengusaha pemula potensial Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Misi MBN Consulting adalah memberikan bantuan layanan yang berkesinambungan terhadap peningkatan kualitas bisnis dan UKM di Indonesia. Tertarik untuk mengetahui layanan yang kami tawarkan? Silakan klik tombol di bawah untuk informasi lebih lanjut.

 

MBN Consulting

743 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
156 Suka