06 April 2023
3 menit baca

Tabungan Bisnis: Cara Tepat Menjaga Keuangan Usaha Anda

3 menit baca

 

Tabungan bisnis adalah jenis rekening bank yang didesain khusus untuk keperluan usaha. Dengan memiliki tabungan ini, Anda bisa mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik serta mempermudah proses pembayaran dan penerimaan dana. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang tabungan jenis ini, mengapa penting untuk membukanya, cara membuka, dan mengelola tabungan perusahaan.

 

Apa Itu Tabungan Bisnis?

 

Tabungan bisnis adalah jenis rekening bank yang didesain khusus bagi pemilik suatu usaha kecil maupun perusahaan besar. Fungsinya untuk memisahkan kas yang diperoleh dari bisnis dengan simpanan pribadi. Outputnya, pengendalian keuangan usaha menjadi lebih mudah dan tidak tercampur dengan kepentingan pribadi.

 

Selain kemudahan pengaturan finansial, tabungan perusahaan menjadi instrumen perbankan dengan fitur pendukung aktivitas bisnis bagi pemilik usaha kecil maupun besar. Salah satu contoh fitur unggulan yang ditawarkan adalah informasi cash flow saat akhir bulan dan transaksi otomatis penggajian karyawan.

 

Tabungan bagi perusahaan memiliki karakteristik unik yang berbeda dengan simpanan bank lainnya. Salah satunya, tabungan ini memberikan suku bunga lebih kompetitif dibandingkan rekening perorangan. Selain itu, detail dari transaksi akan tertera dengan lengkap di buku tabungan yang penting bagi manajemen keuangan usaha.

 

Manfaat Tabungan Bisnis

 

Tabungan bisnis menjadi salah satu instrumen keuangan yang penting bagi keberlangsungan perusahaan. Tak heran, beragam manfaat ditawarkan bagi para pengusaha. Berikut beberapa di antaranya!

 

  • Mengatasi Masalah Finansial

Dalam bisnis, masalah finansial dapat terjadi kapan saja. Dengan menabung, Anda dapat menghadapi situasi tak terduga dengan lebih baik dan memastikan bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar. Tabungan juga bisa menjadi cadangan dana untuk investasi atau ekspansi bisnis Anda.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

  • Memperoleh Modal Usaha

Menabung secara teratur dapat membantu Anda mengumpulkan modal usaha yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Dengan tabungan usaha bisnis yang cukup, Anda bisa membeli peralatan baru, membayar gaji karyawan, atau memperluas jangkauan pemasaran bisnis.

 

  • Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Sebuah bisnis yang memiliki dana cadangan atau tabungan akan lebih dipercaya oleh para investor atau pihak lain yang terkait dengan bisnis Anda. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas bisnis dan membuat orang lebih percaya untuk bekerja sama dengan Anda.

 

  • Menjaga Keberlangsungan Bisnis

Bisnis yang sukses bukan hanya tentang mendapatkan keuntungan, tetapi juga tentang menjaga keberlangsungan bisnis yang berkelanjutan. Dengan menabung secara teratur, Anda dapat mengantisipasi kebutuhan bisnis di masa depan, sehingga bisnis Anda dapat beroperasi dengan baik di masa yang akan datang.

 

  • Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Tabungan bisnis dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Caranya adalah dengan memberikan dana untuk melakukan investasi yang diperlukan dalam meningkatkan teknologi atau pengembangan produk baru. Hal ini juga dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas karyawan dan mengurangi biaya operasional.

 

  • Meningkatkan Kesadaran Finansial

Menabung secara teratur dapat membantu Anda memahami kondisi keuangan bisnis Anda dengan lebih baik. Dengan melihat tabungan perusahaansecara berkala, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mencari solusi yang tepat untuk mengoptimalkan kondisi finansial bisnis.

 

Baca Juga: Inklusi Keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

 

Syarat Mengajukan Tabungan Bisnis

 

Setelah memahami definisi tabungan perusahaan beserta manfaatnya, saatnya Anda mengetahui syarat mengajukannya. Membuka tabungan untuk bisnis usaha sebenarnya tidak terlalu rumit, mengingat prosedur dan persyaratannya sesuai standar perbankan.  

 

Adapun dokumen-dokumen penting sebagai persyaratan umum dalam mengajukan tabungan bisnis adalah sebagai berikut.

 

  1. Formulir pendaftaran rekening perusahaan
  2. Fotokopi identitas diri berupa KTP, SIM, atau Paspor
  3. Akta pendirian perusahaan
  4. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  5. NPWP untuk pengusaha swasta

 

Tabungan bisnis adalah salah satu cara untuk mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih baik. Dengan membuka tabungan khusus bisnis usaha, Anda dapat memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan memudahkan dalam pemrosesan pajak. 

 

Semoga setelah membaca artikel ini, Teman Bizharian jadi tergerak untuk membuka tabungan khusus berbisnis. Selamat mencoba!

 

975 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
201 Suka