13 June 2024
5 menit baca

Daftar Harga Kambing Kurban Iduladha 2024 & Tips Memilihnya

5 menit baca

Harga Kambing Kurban Iduladha

 

Menyambut Iduladha 2024, banyak umat Muslim yang mulai mencari informasi mengenai harga kambing kurban. Berbagai lembaga zakat dan platform online menawarkan harga dan jenis kambing yang bervariasi sesuai dengan berat dan kualitasnya. Berikut daftar harga lengkap yang Bizhare himpun dari berbagai sumber, lengkap dengan kriteria, syarat, dan tips memilih kambing kurban yang benar!

 

Tentang Iduladha

 

Iduladha adalah salah satu hari besar dalam Islam yang dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah. Kata “adha” dalam Iduladha sendiri berasal dari kata dalam bahasa Arab yaitu “dhahiyah” atau “udhiyah” yang artinya penyembelihan kurban.Tak heran, hari raya ini juga disebut dengan nama Hari Raya Kurban atau Idul Kurban.

 

Perayaan ini untuk mengenang kesediaan Nabi Ibrahim AS untuk mengorbankan putranya, Ismail AS, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Namun, sebelum Ibrahim sempat mengorbankan Ismail, Allah menggantinya dengan seekor domba. 

 

Oleh karena itu, umat Muslim di seluruh dunia memperingati peristiwa ini dengan menyembelih hewan kurban, seperti kambing, sapi, atau domba, dan membagikan dagingnya kepada yang membutuhkan.

 

Hukum berkurban di Hari Raya Iduladha sendiri adalah sunnah muakkadah atau sunnah yang dikuatkan. Ada banyak dalil tentang berkurban, salah satu yang sering dikutip adalah Surat Al-Kautsar yang artinya sebagai berikut:

 

“Sesungguhnya Kami telah memberimu (Nabi Muhammad) nikmat yang banyak. Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah! Sesungguhnya orang yang membencimu, dialah yang terputus (dari rahmat Allah).” (Al-Kautsar: 1-3)

 

Dari ayat tersebut, perintah berkurban menjadi salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Sementara itu, cara lainnya adalah melaksanakan salat lima waktu.

 

Baca Juga: Investasi Syariah: Cara Mendapat Keuntungan dengan Halal

 

Syarat dan Kriteria Kambing dan Sapi Kurban

 

Untuk memastikan kurban yang dilakukan sah dan diterima, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh hewan kurban. Dilansir situs resmi BAZNAS, berikut adalah beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam memilih hewan kurban.

 

  • Jenis Hewan Ternak

Hewan yang digunakan untuk kurban harus berasal dari jenis hewan ternak. Menyembelih hewan ternak sebagai hewan kurban adalah suatu kewajiban yang tidak boleh diabaikan.

 

  • Usia Hewan yang Memadai

Memastikan hewan kurban memiliki usia yang cukup adalah syarat wajib. Sapi harus berusia minimal 2 tahun dan memasuki tahun ketiga, unta minimal berusia 5 tahun dan memasuki tahun keenam, domba minimal berusia 1 tahun atau minimal 6 bulan jika sulit mendapatkan domba berusia 1 tahun, dan kambing minimal berusia 1 tahun dan memasuki tahun kedua.

 

  • Bebas dari Cacat

Sebelum membeli hewan kurban, penting untuk memperhatikan kondisi fisik hewan tersebut. Hewan kurban harus bebas dari cacat fisik seperti kebutaan, penyakit, kaki pincang, serta tidak terlalu kurus dan memiliki tulang sumsum yang baik.

 

  • Tidak Memakan Najis

Hindarilah memilih hewan yang telah lama terkurung dan memakan kotoran. Hewan yang memakan najis dapat menjadi sakit dan berpotensi menyebarkan penyakit, sehingga tidak layak dijadikan hewan kurban.

 

Baca Juga: Pentingnya Investasi untuk Membangun Keuangan yang Sehat dan Aman

 

Harga Hewan Kambing Kurban untuk Iduladha 2024

 

Memilih hewan kurban yang sesuai harus memperhatikan anggaran yang tersedia. Disadur Tirto, secara garis besar harga kambing kurban untuk Iduladha tahun ini adalah sebagai berikut:

 

  • Domba/kambing standar (23-25 kg) yakni senilai Rp2,050 juta
  • Domba/kambing medium (26-28 kg) yakni senilai Rp2,5 juta
  • Domba/kambing premium (29-33 kg) yakni senilai Rp3 juta

 

Harga di atas masih harus disesuaikan dengan jenis kambing ataupun domba yang tersedia. Supaya tidak salah, berikut adalah kisaran rincian harga kambing kurban tahun 2024 berdasarkan jenisnya, dihimpun dari berbagai sumber.

 

  • Kambing Jantan Bligon Dewasa

Harga jual mulai dari Rp3,65 juta – Rp3,85 juta

Harga beli mulai dari Rp3,45 juta – Rp3,65 juta

 

  • Kambing Jantan Bligon Muda

Harga jual mulai dari Rp2,1 juta – Rp2,35 juta

Harga beli mulai dari Rp2 juta – Rp2,15 juta

 

  • Kambing Jantan Bligon Cempe

Harga jual mulai dari Rp1,15 juta – Rp1,45

Harga beli mulai dari Rp1,1 juta – Rp1,13 juta

 

  • Kambing Betina Bligon Muda

Harga jual mulai dari Rp1,6 juta – Rp1,75 juta

Harga beli mulai dari Rp1,5 juta – Rp1,16 juta

 

  • Kambing Jantan Jawa Dewasa

Harga jual mulai dari Rp2,45 juta – Rp2,65 juta

Harga beli mulai dari Rp1,6 juta – Rp2,4 juta

 

  • Kambing Jantan Jawa Muda

Harga jual mulai dari Rp1,75 juta – Rp1,8 juta

Harga beli mulai dari Rp1,65 juta – Rp1,75 juta

 

  • Kambing Betina Jawa Dewasa

Harga jual mulai dari Rp1,55 juta – Rp1,6 juta

Harga beli mulai dari Rp1,5 juta – Rp1,55 juta

 

  • Kambing Betina Jawa Muda

Harga jual mulai dari Rp1,3 juta – Rp1,35 juta

Harga beli mulai dari Rp1,2 juta – Rp1,3 juta

 

  • Kambing Betina Jawa Cempe

Harga jual mulai dari Rp650 ribu – Rp800 ribu

Harga beli mulai dari Rp600 ribu – Rp750 ribu

 

Baca Juga: Investasi Syariah: Cara Mendapat Keuntungan dengan Halal

 

Tips Memilih Kambing Kurban

 

Memilih kambing, sapi, ataupun domba kurban yang sesuai dengan syariat Islam dan berkualitas baik adalah hal yang sangat krusial. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

 

  • Periksa Kesehatan Hewan

Pastikan kambing yang Anda pilih dalam kondisi sehat, tidak sakit, dan tidak cacat. Hewan kurban harus memiliki tubuh yang kuat, mata yang cerah, bulu yang bersih, dan tidak terdapat luka atau cacat fisik.

 

  • Sesuaikan dengan Anggaran

Pilihlah kambing yang sesuai dengan anggaran Anda. Perhatikan bahwa harga kambing bisa bervariasi tergantung pada berat dan jenis kambing. Pilihlah yang paling sesuai dengan kemampuan finansial Anda tanpa mengorbankan kualitas hewan.

 

  • Perhatikan Usia Kambing

Usia kambing juga penting dalam pemilihan hewan kurban. Idealnya, kambing kurban berusia minimal satu tahun. Pastikan Anda mengetahui umur kambing sebelum membelinya untuk memastikan memenuhi syarat kurban.

 

  • Beli dari Sumber Terpercaya

Pastikan Anda membeli kambing dari sumber yang terpercaya, baik itu lembaga zakat, peternakan, atau platform online. Sumber yang terpercaya biasanya memberikan jaminan kesehatan dan kualitas hewan.

 

  • Perhatikan Bobot Kambing

Bobot kambing juga menjadi salah satu indikator kualitas hewan kurban. Pilih kambing yang memiliki bobot ideal sesuai dengan standar yang berlaku. Kambing yang terlalu kurus atau terlalu gemuk mungkin tidak memenuhi syarat sebagai hewan kurban yang baik.

 

Baca Juga: Risiko Investasi Sukuk dan Cara Mitigasinya

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

185 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
25 Suka