03 April 2023
3 menit baca

Pentingnya Investasi untuk Membangun Keuangan yang Sehat dan Aman

3 menit baca

 

Investasi merupakan salah satu cara untuk membangun keuangan yang sehat dan aman di masa depan. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya investasi dan menganggapnya sebagai hal yang sulit atau tidak perlu dilakukan. Padahal, investasi dapat membantu mencapai tujuan keuangan dengan lebih mudah dan cepat. Berikut ulasan selengkapnya!

 

Alasan Pentingnya Investasi di Usia Muda

 

Salah satu alasan utama mengapa investasi penting di usia muda adalah untuk mencapai tujuan finansial di masa depan. Berikut alasan lain yang menunjukkan pentingnya berinvestasi sedari dini.

 

1. Semakin Awal Berinvestasi Makin Besar Keuntungannya

Salah satu keuntungan utama berinvestasi di usia muda adalah waktu. Semakin awal Anda mulai berinvestasi, semakin lama waktu yang Anda miliki untuk membangun portofolio investasi Anda. Konsekuensinya, keuntungan yang dihasilkan makin besar.

 

Mumpung masih muda, pelajari berbagai instrumen investasi dan strategi yang bisa dilakukan untuk menambah keuntungan. Dalam jangka panjang, waktu adalah kunci untuk mencapai tujuan finansial Anda di masa depan.

 

Baca Juga: 5 Strategi Investasi yang Efektif, Cocok Buat Pemula

 

2. Membangun Kebiasaan Menabung dan Investasi

Berinvestasi di usia muda membantu Anda dalam membentuk kebiasaan menabung dan investasi. Dengan menyisihkan sebagian kecil penghasilan setiap bulan untuk investasi, Anda membangun perilaku yang akan membantu Anda di masa depan. Kebiasaan ini juga membantu belajar disiplin dalam mengelola keuangan.

 

3. Mengurangi Risiko Keuangan di Masa Depan

Berinvestasi di usia muda membantu Anda mengurangi risiko keuangan di masa depan. Dengan memulai investasi sejak dini, Anda dapat membangun portofolio investasi dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Hal ini mampu melindungi dari risiko dan memberikan keamanan finansial yang stabil.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

4. Meningkatkan Potensi Keuntungan

Berinvestasi di usia muda memberikan Anda kesempatan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar di masa depan. Dalam jangka panjang, investasi mampu memberikan potensi return yang lebih besar daripada menabung di rekening tabungan. Meskipun investasi memiliki risiko, jika dilakukan dengan benar, dapat memberikan hasil yang menguntungkan.

 

5. Mencapai Tujuan Keuangan

Berinvestasi di usia muda membantu Anda mencapai tujuan keuangan di masa depan. Sebut saja membeli rumah, membayar kuliah anak, atau pensiun di usia muda, semua itu bisa tercapai dengan melakukan investasi. 

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang dan Tips Memulainya

 

7. Peluang Investasi yang Lebih Banyak

Berinvestasi di usia muda memberikan lebih banyak peluang investasi yang menarik. Imbal hasilnya pun lebih menjanjikan di masa depan. Anda juga dapat berinvestasi dalam portofolio yang lebih berisiko. Alasannya, waktu untuk memulihkan kehilangan jika terjadi kerugian lebih panjang dan bonafit.

 

8. Diversifikasi Portofolio

Terakhir, berinvestasi di usia muda memberikan Anda kesempatan untuk melakukan lebih banyak diversifikasi portofolio. Nantinya, Anda bisa mengurangi risiko dengan berinvestasi dalam berbagai jenis aset. Dengan diversifikasi portofolio, Anda dapat meminimalkan risiko keuangan dan menghasilkan pengembalian yang lebih stabil.

 

Baca Juga: Diversifikasi Investasi, Kunci Keberhasilan Finansial Anda

 

9. Menghindari Utang Berbunga Tinggi

Pentingnya investasi sejak dini adalah mampu menghindari utang dalam bentuk apapun. Sebagai informasi, utang berbunga tinggi seringkali jadi momok bagi kesehatan finansial. Dengan investasi yang tepat, Anda bisa menghindari utang dan bahkan mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

 

10. Memutus Rantai Generasi Sandwich

Sandwich generation atau generasi sandwich adalah kondisi di mana seseorang bertanggung jawab penuh untuk menafkahi keluarganya, mulai dari orang tua, kakak, adik, hingga anak-anaknya. Orang-orang ini sering disebut sebagai tulang punggung keluarga.

 

Untuk meminimalisir generasi sandwich, Anda harus mulai melakukan investasi sejak dini. Selagi beban finansial masih belum terlalu besar, sebaiknya segera sisihkan pendapatan untuk investasi jangka panjang.

 

Baca Juga: Pengertian Sandwich Generation dan Cara Keluar dari Zona Ini

 

Pentingnya Berinvestasi di Platform Terpercaya

 

Berinvestasi di platform terpercaya memberikan pengalaman investasi yang baik dan positif bagi investor, termasuk Anda sendiri. Ketika sebuah platform sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga-lembaga terkait, keamanan dan perlindungan investor jadi terjamin.

 

Selain itu, para investor dapat mengakses informasi dan dukungan yang diperlukan untuk membuat keputusan investasi yang tepat. Platform tersebut memberikan pengalaman investasi yang lebih mudah dan transparan bagi investor.

 

Beruntungnya, semua itu bisa didapatkan melalui platform securities crowdfunding Bizhare. Berdiri di tahun 2018, Bizhare sudah terdaftar di OJK berdasarkan Kep-38/D.04.2021 tentang Perluasan Izin Usaha sebagai Penyelenggara Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi.

 

Di sini, Anda bisa berinvestasi dengan cara urun dana kepada UMKM yang terdaftar. Tercatat sudah ratusan UMKM dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. 

 

Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi tunggu apalagi, segera cek detail bisnis di tautan ini dan pilih bisnis terbaik untuk diinvestasikan!  

 

Berinvestasi di usia muda adalah langkah penting untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Jadi, bagi Teman Bizharian yang baru mulai belahar investasi, jangan takut dengan risiko yang ada. Tetap pelajari berbagai jenis instrumen dan strategi mengatasinya, niscaya Anda akan survive dan mampu memenuhi target finansial di masa depan.

1111 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
302 Suka