05 March 2024
5 menit baca

10 Cara Mengatur Keuangan ala Anak Kos

5 menit baca

Cara Mengatur Keuangan ala Anak Kos

 

Mengatur keuangan saat menjadi anak kosan bisa menjadi tantangan. Dengan pendapatan terbatas dan banyaknya kebutuhan sehari-hari, penting untuk memiliki strategi yang tepat agar keuangan tetap sehat. Berikut adalah beberapa cara mengatur keuangan ala anak kos yang bisa membantu.

 

  • Buat Rencana Anggaran Bulanan

 

Cara mengatur keuangan ala anak kos pertama yang wajib Anda lakukan adalah membuat rencana anggaran bulanan. Dengan membuat daftar pengeluaran rutin dan memperkirakan pendapatan bulanan, Anda dapat mengetahui seberapa besar alokasi yang harus disiapkan untuk setiap kebutuhan. 

 

Mulailah dengan mencatat semua pengeluaran tetap seperti sewa kos, listrik, air, dan internet. Selanjutnya, alokasikan dana untuk kebutuhan lain seperti makanan, transportasi, pendidikan, dan keperluan pribadi. Dengan rencana anggaran yang jelas, Anda dapat mengontrol pengeluaran dan menghindari kekurangan dana di akhir bulan.

 

Baca Juga: 17 Tips Sukses dan Mapan Sebelum Usia 30 Tahun

 

  • Prioritaskan Kebutuhan

 

Setelah membuat rencana anggaran bulanan, penting untuk memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Kebutuhan pokok seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi harus menjadi prioritas utama dalam pengeluaran. Hindari mengalokasikan anggaran untuk barang-barang mewah atau hal-hal yang tidak terlalu penting. Dengan memprioritaskan kebutuhan, Anda dapat menghindari pemborosan dan mengelola keuangan dengan lebih efisien.

 

  • Hemat Listrik dan Air

 

Hemat energi adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi pengeluaran bulanan. Matikan lampu dan alat elektronik saat tidak digunakan, dan gunakan peralatan elektronik dengan efisiensi energi. Selain itu, perhatikan penggunaan air dengan cara mandi singkat dan menutup kran saat tidak digunakan. Dengan hemat listrik dan air, Anda tidak hanya menghemat uang, tetapi juga membantu menjaga lingkungan.

 

Baca Juga: 15 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Tertarik?

 

  • Cari Promo dan Diskon

 

Manfaatkan promo dan diskon untuk menghemat pengeluaran bulanan. Selalu perhatikan brosur promo dari supermarket atau minimarket terdekat, serta manfaatkan aplikasi khusus yang memberikan informasi tentang diskon dan promo. Saat berbelanja, bandingkan harga dari beberapa tempat untuk mendapatkan harga terbaik. Selain itu, belanja kebutuhan dalam jumlah besar saat ada promo buy one get one atau diskon besar-besaran dapat menghemat pengeluaran bulanan Anda.

 

  • Gunakan Transportasi Umum

 

Transportasi adalah salah satu pengeluaran terbesar bagi anak kos. Gunakan transportasi umum atau sepeda untuk pergi ke tempat tujuan, karena lebih murah dibandingkan ojek atau mobil pribadi. Jika memungkinkan, carpooling dengan teman sekosan juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk mengurangi biaya transportasi. Selain itu, pertimbangkan untuk berjalan kaki jika tujuan tidak terlalu jauh, sehingga dapat menghemat pengeluaran dan juga baik untuk kesehatan.

 

  • Alokasikan Uang Saku Bulanan

 

Setelah mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan tetap, alokasikan uang saku bulanan untuk keperluan tambahan. Tentukan jumlah uang saku yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Gunakan uang saku tersebut dengan bijak, sesuai dengan rencana anggaran yang telah dibuat. Dengan memiliki uang saku bulanan, Anda dapat mengendalikan pengeluaran tambahan dan menghindari pemborosan.

 

  • Simpan Uang untuk Keperluan Mendesak

 

Selalu sisihkan sebagian uang dari penghasilan bulanan untuk keperluan mendesak. Keperluan mendesak dapat berupa kebutuhan kesehatan, perbaikan kosan, atau keadaan darurat lainnya. Tentukan persentase tertentu dari penghasilan bulanan yang akan disimpan untuk keperluan mendesak, misalnya 10% atau sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan memiliki tabungan untuk keperluan mendesak, Anda dapat mengatasi situasi darurat tanpa harus terlilit utang.

 

Baca Juga: Terkuak! Ternyata Seperti Ini Hobinya Orang-orang Kaya

 

  • Hindari Utang yang Tidak Perlu

 

Utang adalah beban finansial yang dapat mengganggu stabilitas keuangan Anda. Hindari mengambil utang untuk kebutuhan konsumtif atau hal-hal yang tidak terlalu penting. Sebisa mungkin, gunakan uang yang sudah Anda miliki atau cari alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jika memang harus mengambil utang, pastikan untuk mengelolanya dengan bijak dan sesuai dengan kemampuan Anda untuk mengembalikannya. Dengan menghindari utang yang tidak perlu, Anda dapat menjaga keuangan Anda tetap sehat dan stabil.

 

  • Rutin Evaluasi Anggaran

 

Melakukan evaluasi anggaran secara rutin adalah langkah penting dalam mengelola keuangan dengan baik. Setiap akhir bulan, luangkan waktu untuk mengevaluasi anggaran yang telah Anda buat. Tinjau pengeluaran dan pemasukan Anda selama bulan tersebut, bandingkan dengan rencana anggaran yang telah dibuat sebelumnya.

 

Identifikasi area di mana Anda berhasil menghemat atau mungkin berlebihan dalam pengeluaran. Pertimbangkan untuk menyesuaikan alokasi anggaran untuk bulan-bulan berikutnya berdasarkan evaluasi tersebut. Misalnya, jika Anda berhasil menghemat pada pengeluaran transportasi, Anda dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk kebutuhan lain yang mungkin lebih urgent.

 

Selain itu, evaluasi anggaran juga membantu Anda melihat pola pengeluaran dan pemasukan secara keseluruhan. Hal ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam pengelolaan keuangan Anda di masa mendatang. Dengan rutin mengevaluasi anggaran, Anda dapat mengidentifikasi potensi perbaikan dalam pengelolaan keuangan Anda dan menjaga keuangan Anda tetap sehat dan seimbang.

 

Baca Juga: 15 Contoh Kerja Part Time untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

 

  • Cari Passive Income

 

Jika memungkinkan, cari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa mencari pekerjaan paruh waktu, seperti menjadi guru les privat, menjual barang online, atau menawarkan jasa fotografi atau desain grafis. Dengan memiliki penghasilan tambahan, Anda dapat menambah dana tabungan atau mengalokasikannya untuk kebutuhan tambahan lainnya.

 

Selain itu, Anda bisa menambah passive income dengan berinvestasi di beragam instrumen menarik. Salah satunya yang saat ini sedang naik daun adalah melakukan investasi di platform securities crowdfunding.

 

Alasannya, skema crowdfunding atau urun dana menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dengan menerapkan cara mengatur keuangan ala anak kos di atas, diharapkan Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih baik dan menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan.

 

Investasi Sekarang dan #AmankanMasaDepanMu

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Kesimpulannya, memiliki passive income adalah hal vital yang harus Anda lakukan mulai sekarang. Dengan demikian, masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang!

334 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
53 Suka