17 March 2024
4 menit baca

10 Cara Menabung buat Freelancer, Dijamin Hemat & Cuan!

4 menit baca

cara menabung freelancer

 

Seiring dengan perkembangan dunia kerja yang semakin dinamis, banyak individu yang beralih menjadi freelancer untuk mendapatkan kebebasan dalam menjalani profesi serta penghasilan yang lebih fleksibel. Namun, sebagai seorang freelancer, mengatur keuangan dengan bijak menjadi hal yang sangat penting. Salah satu kunci utamanya adalah kemampuan menabung dengan efektif. Berikut ini adalah tips menabung bagi para freelancer yang dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih baik.

 

  • Buat Anggaran Bulanan

 

Membuat anggaran bulanan adalah langkah pertama yang penting untuk mengelola keuangan dengan baik. Dengan memiliki anggaran yang jelas, Anda dapat mengidentifikasi pendapatan dan pengeluaran Anda secara lebih terperinci. Hal ini membantu Anda untuk mengontrol pengeluaran dan memastikan bahwa Anda tidak menghabiskan lebih dari yang Anda hasilkan.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi, Bisa Untuk Jangka Panjang!

 

  • Prioritaskan Menabung

 

Menabung harus menjadi prioritas utama dalam pengelolaan keuangan Anda. Sisihkan sebagian pendapatan Anda secara otomatis setiap bulan untuk ditabung sebelum Anda menggunakan uang tersebut untuk pengeluaran lainnya. Ini membantu Anda untuk membiasakan diri menabung secara teratur dan mencegah Anda menghabiskan semua penghasilan Anda.

 

  • Pilih Rekening Tabungan yang Tepat

 

Penting untuk memilih jenis rekening tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan menabung Anda. Cari rekening dengan suku bunga yang kompetitif agar uang Anda dapat berkembang dengan lebih baik. Selain itu, perhatikan juga biaya administrasi dan syarat-syarat lainnya yang berlaku untuk rekening tersebut.

 

  • Manfaatkan Teknologi

 

Ada banyak aplikasi dan perangkat lunak keuangan yang dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih efisien. Beberapa aplikasi bahkan menawarkan fitur untuk melakukan transfer otomatis ke rekening tabungan Anda setiap kali Anda menerima pendapatan. Dengan menggunakan teknologi ini, Anda dapat memantau arus kas Anda dengan lebih baik dan menghemat waktu dalam mengelola keuangan.

 

  • Selalu Siapkan Dana Darurat

 

Dana darurat adalah cadangan uang yang harus Anda miliki untuk menghadapi situasi darurat atau ketidakpastian keuangan. Ini penting terutama bagi seorang freelancer yang pendapatannya mungkin tidak stabil. Dana darurat setidaknya harus mencukupi untuk biaya hidup Anda selama 3-6 bulan tanpa pendapatan tetap.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkannya

 

  • Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

 

Tinjau kembali pengeluaran Anda dan identifikasi area di mana Anda dapat melakukan penghematan. Ini bisa termasuk langganan yang tidak terpakai, kegiatan hobi yang mahal, atau belanja impulsif. Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, Anda dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk menabung dan mencapai tujuan keuangan Anda lebih cepat.

 

  • Diversifikasi Pendapatan

 

Sebagai seorang freelancer, memiliki pendapatan dari berbagai sumber dapat membantu Anda mengurangi risiko finansial. Selain pekerjaan utama Anda, pertimbangkan untuk mencari proyek sampingan atau peluang bisnis lain yang dapat menjadi sumber pendapatan tambahan. Diversifikasi pendapatan juga memberi Anda fleksibilitas finansial yang lebih besar dan meningkatkan keamanan finansial Anda secara keseluruhan.

 

  • Investasikan untuk Dana Pensiun

 

Sebagai seorang freelancer, penting untuk merencanakan masa pensiun karena Anda tidak memiliki rencana pensiun yang disponsori oleh perusahaan. Pertimbangkan untuk membuka akun pensiun dan berkontribusi secara teratur. Investasi untuk dana pensiun tidak hanya membantu mengamankan masa depan finansial Anda tetapi juga dapat memberikan keuntungan pajak dalam jangka panjang.

 

Baca Juga: Dana Pensiun: Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

 

  • Ulas dan Sesuaikan Anggaran Anda Secara Berkala

 

Situasi keuangan Anda sebagai seorang freelancer mungkin fluktuatif, oleh karena itu penting untuk secara teratur meninjau dan menyesuaikan anggaran Anda. Pantau pendapatan dan pengeluaran Anda, dan lakukan perubahan yang diperlukan pada anggaran Anda sesuai kebutuhan. Dengan tetap proaktif dan fleksibel dalam pengelolaan anggaran, Anda dapat memastikan bahwa tujuan keuangan Anda sesuai dengan keadaan saat ini.

 

  • Investasi dan Tukarkan Poin Bizhare 

 

Tahukah Anda bahwa hanya dengan berinvestasi saja, Anda bisa mendapatkan aneka promo eksklusif dan tiket pesawat gratis? Betul! Dengan melakukan investasi di platform securities crowdfunding Bizhare, Anda bisa mengumpulkan Poin Bizhare sebanyak-banyaknya. Nah, Poin tersebut nantinya bisa ditukarkan ke berbagai voucher, salah satunya GarudaMiles

 

Sebagai informasi, program ini berhasil terselenggara berkat kerja sama Bizhare dengan UltraVoucher. Selain GarudaMiles, Poin Bizhare juga bisa ditukarkan ke voucher spesial berbagai merchant yang tersedia, mulai dari KFC, MAP, hingga CGV.

 

Baca Lengkap: Investasi di Bizhare Bisa Dapat GarudaMiles! Berikut Panduannya!

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat membangun kebiasaan menabung yang efektif dan mengelola keuangan sebagai seorang freelancer dengan lebih baik. Selalu ingat bahwa menabung adalah investasi untuk masa depan finansial yang lebih stabil dan aman.

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam proyek-proyek properti yang menjanjikan dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang aman dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

65 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
14 Suka