06 June 2024
4 menit baca

Cara Menabung Rp20 Juta dalam 1 Tahun, Gaji UMR Merapat!

4 menit baca

Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun

 

Menabung adalah langkah krusial untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang. Namun, seberapa banyak orang mampu menabung per tahunnya? Apakah bisa jika menabung hingga Rp20 juta per tahun? Ternyata bisa, loh! Cara menabung dalam jumlah besar seperti Rp20 juta dalam satu tahun bisa dilakukan siapa saja, termasuk Anda yang bergaji UMR. Penasaran? Berikut tips dan triknya!

 

  • Buat Rencana Keuangan

 

Langkah pertama dalam menabung Rp20 juta dalam satu tahun adalah membuat rencana keuangan yang detail. Tentukan pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan, serta alokasikan sebagian pendapatan untuk tabungan.

 

Mulailah dengan menetapkan tujuan tabungan bulanan. Misalnya, jika Anda ingin menabung Rp20 juta dalam satu tahun, Anda perlu menabung sekitar Rp1,67 juta setiap bulan. Dengan rencana yang jelas, Anda dapat lebih mudah mengontrol pengeluaran dan memastikan tabungan bulanan tercapai.

 

Baca Juga: Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi Sederhana dan Mudah, Simak Contohnya Juga!

 

  • Membuka Rekening Tabungan Terpisah

 

Membuka rekening tabungan terpisah khusus untuk menabung bisa menjadi strategi efektif. Rekening ini sebaiknya berbeda dari rekening utama yang digunakan untuk pengeluaran sehari-hari.

 

Dengan cara ini, Anda dapat meminimalkan godaan untuk menggunakan uang tabungan untuk keperluan lain. Beberapa bank bahkan menawarkan rekening tabungan dengan fitur autodebet, yang secara otomatis mentransfer sejumlah uang dari rekening utama ke rekening tabungan setiap bulan.

 

  • Potong Pengeluaran yang Tidak Perlu

 

Meninjau dan memotong pengeluaran yang tidak perlu adalah langkah penting dalam mencapai target tabungan. Periksa kembali anggaran bulanan Anda dan identifikasi pos pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan.

 

Misalnya, batasi makan di luar, kurangi langganan streaming yang jarang digunakan, atau cari alternatif yang lebih murah untuk kebutuhan sehari-hari. Setiap pengeluaran kecil yang dikurangi bisa berkontribusi signifikan terhadap tabungan Anda.

 

  • Hindari Utang Konsumtif

 

Utang konsumtif, seperti kartu kredit atau pinjaman tanpa agunan, dapat menghambat upaya menabung. Bunga dan biaya tambahan dari utang tersebut bisa menguras pendapatan Anda, sehingga sulit untuk menabung.

 

Usahakan untuk membayar lunas semua utang konsumtif dan hindari mengambil utang baru kecuali sangat diperlukan. Jika memungkinkan, gunakan uang tunai atau debit untuk transaksi sehari-hari agar lebih mudah mengontrol pengeluaran.

 

Baca Juga: Apa Itu Perilaku Konsumtif? Pahami Ciri-Ciri dan Dampak Negatifnya!

 

  • Tambah Sumber Penghasilan

 

Menambah sumber penghasilan dapat mempercepat pencapaian target tabungan Anda. Cari peluang untuk bekerja paruh waktu, freelance, atau menjalankan bisnis sampingan sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

 

Pendapatan tambahan ini bisa langsung dialokasikan untuk tabungan, sehingga target Rp20 juta dalam satu tahun lebih mudah tercapai. Selain itu, memiliki sumber penghasilan ganda juga bisa memberikan keamanan finansial lebih bagi Anda.

 

Baca Juga: 15 Cara Mendapatkan Passive Income di Tahun 2024, Mudah!

 

  • Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

 

Aplikasi pengatur keuangan dapat membantu Anda memonitor pengeluaran dan tabungan dengan lebih efektif. Banyak aplikasi yang menawarkan fitur pelacakan anggaran, pengingat jatuh tempo pembayaran, dan analisis keuangan pribadi.

 

Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda bisa lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Pastikan target tabungan bulanan tercapai sehingga Anda bisa meraih kemerdekaan finansial sedini mungkin.

 

Baca Juga: Cara Menyusun Rencana Masa Depan & Contohnya

 

  • Tentukan Prioritas Keuangan

 

Menentukan prioritas keuangan adalah kunci untuk mencapai target tabungan. Fokus pada kebutuhan yang mendesak dan penting terlebih dahulu, seperti kebutuhan pokok, pendidikan, dan kesehatan.

 

Setelah kebutuhan utama terpenuhi, alokasikan sisa pendapatan untuk tabungan. Dengan menetapkan prioritas yang jelas, Anda bisa menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan lebih fokus pada tujuan tabungan.

 

  • Atur Gaya Hidup Hemat

 

Mengadopsi gaya hidup hemat adalah langkah penting untuk menabung dalam jumlah besar. Mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti membawa bekal dari rumah, menggunakan transportasi umum, atau memanfaatkan diskon dan promo belanja.

 

Gaya hidup hemat tidak berarti mengorbankan kenyamanan, tetapi lebih pada mencari cara untuk mengurangi pengeluaran tanpa mengurangi kualitas hidup. Dengan konsisten menjalankan gaya hidup hemat, Anda bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk tabungan.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Dari Nol, Khusus Pemula

 

  • Berinvestasi dengan Bijak

 

Selain menabung, berinvestasi juga bisa menjadi cara efektif untuk mencapai target finansial. Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan Anda, seperti reksa dana, saham, atau deposito.

 

Investasi yang tepat bisa memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan menabung di bank. Namun, pastikan untuk memahami risiko yang terkait dan berkonsultasi dengan ahli keuangan sebelum memulai investasi.

 

Jika Anda sudah memiliki pengalaman yang cukup dan ingin mencoba berinvestasi dengan modal lebih tinggi, Anda bisa mencoba menanam modal saham bisnis di platform securities crowdfunding Bizhare.

 

Mulai dari jutaan Rupiah, Anda sudah bisa memiliki saham bisnis terbaik dari aneka sektor, mulai dari FnB, penginapan, hingga logistik. Tentu saja, Anda harus mempelajari terlebih dahulu proposal bisnis terkait agar tahu track recordnya dan bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

 

Memulai investasi sejak dini dapat membantu Anda mengembangkan tabungan Anda lebih cepat dan meraih keuntungan di masa depan.

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

  • Memotivasi Diri dengan Tujuan yang Jelas

 

Terakhir, tetaplah memotivasi diri dengan mengingat tujuan akhir dari menabung Rp20 juta dalam satu tahun. Visualisasikan apa yang akan Anda capai dengan tabungan tersebut, apakah itu untuk dana darurat, liburan impian, atau investasi di masa depan.

 

Menjaga motivasi tetap tinggi bisa membantu Anda tetap disiplin dalam menabung. Buatlah pengingat visual, seperti memasang gambar tujuan Anda di tempat yang sering dilihat, atau catat perkembangan tabungan secara berkala.

 

Baca Juga: Pentingnya Investasi untuk Membangun Keuangan yang Sehat dan Aman

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

81 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
24 Suka