09 May 2024
4 menit baca

10 Cara Beli Rumah tanpa Riba, Dijamin Aman!

4 menit baca

 

Bagi sebagian orang, membeli rumah dengan cara kredit bisa menjadi beban karena adanya sistem bunga atau riba. Namun, tidak semua orang mampu membeli rumah langsung secara tunai. Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli rumah tanpa riba dengan aman dan nyaman. Berikut panduannya!

 

  • Menabung dari Muda

 

Menabung dari muda adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membeli rumah tanpa riba. Anda perlu mengalokasikan sekitar 30% dari total pendapatan bulanan untuk ditabung. Dengan menabung secara rutin dan teratur sejak dini, Anda akan terbiasa mengatur keuangan dan memprioritaskan tabungan untuk membeli rumah.

 

  • Menetapkan Target Waktu dan Biaya Beli Rumah

 

Selain menabung, menetapkan target waktu dan biaya beli rumah juga penting. Dengan menetapkan target ini, Anda akan lebih termotivasi untuk menabung secara rutin dan disiplin. Target waktu dan biaya yang jelas juga akan membantu Anda dalam mengatur keuangan dan mempersiapkan diri untuk membeli rumah.

 

  • Sisihkan Gaji untuk Investasi Rutin

 

Selain menabung, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi secara rutin. Investasi dapat membantu Anda menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari sekadar menabung. Meskipun keuntungan investasi tidak dapat diprediksi, setidaknya Anda dapat meningkatkan nilai tabungan Anda untuk membeli rumah.

 

Baca Juga: 7 Tips Memulai Investasi untuk Pemula, Bisa dari Modal Kecil!

 

  • Buka Usaha Sampingan di Rumah

 

Jika pendapatan Anda tidak mencukupi, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka usaha sampingan di rumah. Usaha sampingan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang dapat Anda tabung untuk membeli rumah. Saat ini, banyak peluang usaha yang dapat dilakukan dari rumah dengan modal yang relatif kecil.

 

  • Buat Alternatif Passive Income

 

Selain usaha sampingan, Anda juga bisa mencari alternatif passive income. Passive income adalah penghasilan yang diperoleh tanpa harus melakukan usaha secara aktif. Salah satu contoh passive income adalah melalui investasi pada aset yang menghasilkan pendapatan pasif seperti reksa dana syariah. Dengan memiliki passive income, Anda dapat meningkatkan sumber penghasilan yang dapat digunakan untuk membeli rumah tanpa harus terpengaruh oleh riba.

 

Baca Juga: 15 Cara Mendapatkan Passive Income di Tahun 2024, Mudah!

 

  • Bangun Rumah Sendiri Secara Bertahap

 

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membangun rumah sendiri secara bertahap. Anda bisa memulai dengan membeli lahan terlebih dahulu dan kemudian membangun rumah secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Meskipun memerlukan waktu yang lebih lama, membangun rumah secara bertahap dapat menjadi alternatif untuk menghindari riba.

 

  • Pinjam Uang ke Bank Syariah

 

Jika Anda tetap memilih untuk menggunakan fasilitas kredit, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Bank Syariah. Bank Syariah menggunakan prinsip bagi hasil dalam transaksi keuangannya sehingga tidak ada unsur riba dalam transaksi tersebut. Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda memahami dengan baik mekanisme dan akad yang digunakan oleh Bank Syariah.

 

  • Beli Rumah melalui Saudara atau Kerabat

 

Solusi lain untuk membeli rumah tanpa riba adalah dengan membeli rumah melalui saudara atau kerabat yang memiliki rumah yang akan dijual. Dengan bernegosiasi dengan saudara atau kerabat, Anda bisa meminta keringanan dalam pembayaran tanpa adanya bunga. Pastikan proses jual-beli dilakukan secara resmi melalui notaris untuk keamanan kedua belah pihak.

 

  • Cari Kontraktor yang Menjual Rumah Tanpa Riba

 

Beberapa kontraktor atau developer juga ada yang menerima angsuran tanpa riba. Dalam transaksi ini, tidak ada perantara dari lembaga keuangan sehingga tidak ada unsur riba dalam transaksi tersebut. Meskipun durasi angsuran biasanya tidak terlalu lama, cara ini dapat menjadi alternatif untuk menghindari riba.

 

  • Ajukan KPR dengan Akad Syariah

 

Di era sekarang, KPR tidak hanya dapat diperoleh dari lembaga keuangan konvensional, namun juga dari lembaga keuangan yang menerapkan prinsip syariah. Dengan mengajukan KPR dengan akad syariah, Anda dapat membeli rumah tanpa harus terbebani oleh riba. Pastikan untuk memilih jenis akad yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

 

Baca Juga: Investasi Syariah: Cara Mendapat Keuntungan dengan Halal

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam aneka bisnis franchise dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang terverifikasi dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

96 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
24 Suka