20 April 2023
4 menit baca

Perbedaan Giro dan Tabungan, Mana yang Paling Menguntungkan?

4 menit baca

 

Giro dan tabungan adalah jenis produk perbankan yang umum ditemukan di Indonesia. Kedua jenis produk ini memungkinkan nasabah untuk menyimpan uang di bank, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut definisi, syarat dan cara membuatnya, hingga perbedaan giro dan tabungan.

 

Apa itu Giro?

 

Giro adalah salah satu jenis produk perbankan yang memungkinkan nasabah untuk menyimpan uang mereka di bank dan mengaksesnya dengan mudah. Dalam istilah perbankan, giro dikenal sebagai rekening giro atau tabungan giro. 

 

Keuntungan utama dari giro adalah nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, mirip-mirip seperti produk deposito on call. Contohnya seperti transfer antar bank, pembayaran tagihan, dan penarikan uang tunai di mesin ATM.

 

Fungsi Giro

 

Fungsi utama giro adalah untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan sehari-hari. Dengan memiliki rekening giro, nasabah dapat melakukan transfer uang dengan cepat dan mudah, bahkan antarbank. 

 

Nasabah juga dapat membayar tagihan melalui rekening giro, seperti listrik, telepon, dan internet. Selain itu, nasabah dapat melakukan penarikan uang tunai di ATM dengan menggunakan kartu giro.

 

Syarat Membuat Giro

 

Untuk membuat rekening giro, nasabah harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh bank terkait. Berikut syarat pembuatan rekening giro.

 

  1. Melengkapi formulir aplikasi pembukaan rekening giro.
  2. Mengisi informasi data diri dengan lengkap dan benar.
  3. Melampirkan dokumen identitas resmi, seperti KTP atau paspor.
  4. Menyertakan NPWP atau surat keterangan penghasilan (jika diperlukan).
  5. Menyetor uang awal sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank tersebut.

 

Cara Membuat Giro

 

Proses pembuatan rekening giro cukup mudah dan cepat. Nasabah dapat mengunjungi cabang bank terdekat atau mengakses layanan pembukaan rekening secara online. Berikut panduan cara membuat rekening giro:

 

  1. Kunjungi cabang bank terdekat atau akses layanan pembukaan rekening secara online.
  2. Ajukan permohonan pembukaan rekening giro.
  3. Lengkapi formulir aplikasi yang disediakan.
  4. Sertakan KTP, NPWP, dan surat keterangan penghasilan (jika diperlukan).
  5. Setor uang awal sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank tersebut.
  6. Tunggu proses verifikasi dan pengaktifan rekening giro dari bank.

 

Apa Itu Tabungan?

 

Tabungan adalah produk perbankan yang memungkinkan seseorang menyimpan uang mereka di bank. Uang tersebut dapat disimpan untuk jangka pendek atau panjang dan akan dikenakan bunga oleh bank. 

 

Pemilik tabungan dapat menarik uang mereka kapan saja, meskipun beberapa jenis tabungan mungkin memiliki batasan waktu dan jumlah penarikan. Hal ini juga berlaku bagi aneka produk instrumen investasi yang menawarkan fitur mirip dengan bank.

 

Fungsi Tabungan

 

Tujuan utama dari membuka rekening tabungan adalah untuk menyimpan uang dengan aman. Selain itu, tabungan juga berpeluang menghasilkan bunga. Tabungan juga dapat membantu seseorang mengatur keuangan mereka dengan lebih baik. 

 

Misalnya, dengan membuat jadwal penyetoran rutin ke rekening tabungan, seseorang dapat memaksimalkan penghasilan bunga mereka. Secara bertahap, uang pun bisa terkumpul untuk berbagai tujuan, seperti membayar biaya sekolah atau membeli rumah.

 

Selain itu, tabungan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu mewujudkan impian finansial jangka panjang. Misalnya, seseorang dapat membuka rekening tabungan khusus untuk pensiun dan secara berkala menyetor sejumlah uang ke rekening tersebut.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

Syarat Membuat Tabungan

 

Syarat pembukaan rekening tabungan dapat bervariasi tergantung pada jenis produk yang ditawarkan oleh bank. Namun, umumnya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuka rekening tabungan, seperti:

 

  1. Identitas resmi seperti KTP atau SIM.
  2. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.
  3. Memiliki setoran awal minimal untuk membuka rekening.
  4. Dokumen pendukung seperti NPWP (bila diperlukan).

 

Cara Membuat Tabungan

 

Membuka rekening tabungan dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa cara, antara lain:

 

  1. Pergi kantor cabang bank yang dituju.
  2. Isi formulir pendaftaran.
  3. Pergi ke teller untuk mengurus administrasi bank.

 

Setelah rekening tabungan terbuka, Anda dapat memanfaatkan berbagai layanan dan fasilitas yang disediakan oleh bank untuk mengelola tabungan pribadi.

 

Perbedaan Giro dan Tabungan

 

Meskipun giro dan tabungan keduanya adalah produk perbankan, keduanya memiliki perbedaan utama. Berikut ulasan lengkapnya!

 

  • Penggunaan

Giro digunakan untuk transaksi non-tunai seperti transfer antar bank, pembayaran tagihan, dan pembelian dengan kartu debit. Sementara itu, tabungan digunakan untuk menyimpan uang dan memperoleh bunga.

 

  • Minimum Saldo

Ketika membuka rekening giro, biasanya bank akan menetapkan persyaratan minimum saldo. Jika saldo Anda turun di bawah batas minimum, Anda mungkin dikenakan biaya. Sedangkan dalam tabungan tidak ada persyaratan minimum saldo.

 

  • Suku Bunga

Suku bunga untuk giro cenderung lebih rendah daripada tabungan. Namun, giro tidak memiliki biaya administrasi bulanan, sedangkan tabungan mungkin memiliki biaya tersebut.

 

  • Batas Transaksi

Giro biasanya memiliki batas transaksi harian yang lebih tinggi daripada tabungan. Namun, beberapa bank juga menetapkan batas transaksi harian untuk tabungan.

 

  • Penarikan

Giro tidak dapat digunakan untuk penarikan tunai, kecuali Anda memiliki kartu ATM terpisah yang terhubung ke rekening giro. Sedangkan tabungan dapat digunakan untuk penarikan tunai di ATM dan cabang bank.

 

Baca Juga: Inklusi Keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

 

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan mendasar antara giro dan tabungan. Giro digunakan untuk transaksi keuangan harian seperti pembayaran tagihan dan pembelian barang, sedangkan tabungan digunakan untuk menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu dan menghasilkan bunga.

 

Giro dan tabungan adalah produk perbankan yang sangat umum digunakan oleh masyarakat. Penting untuk memahami perbedaan antara keduanya agar bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1098 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
231 Suka