01 April 2024
4 menit baca

Cara Memilih Reksa Dana bagi Pemula, Dijamin Cuan!

4 menit baca

cara memilih reksa dana

 

Pernahkah Anda berpikir untuk memulai investasi di pasar modal? Salah satu pilihan yang cukup populer dan cocok untuk pemula adalah melalui reksa dana. Reksa dana menawarkan keuntungan diversifikasi, manajemen profesional, serta ketersediaan dengan berbagai pilihan jenis. 

 

Namun, dengan begitu banyaknya pilihan, memilih reksa dana yang tepat dapat menjadi tugas yang menantang. Untuk itu, berikut adalah panduan praktis untuk membantu Anda memilih reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda:

 

Pengertian Reksa Dana

 

Secara sederhana, reksa dana adalah tipe investasi di mana Anda menitipkan uang untuk dikelola oleh pihak ketiga. Pihak ini biasa disebut sebagai manajer investasi, di mana tugas dan wewenangnya mendapat pengawasan penuh dari bank.

 

Sementara itu, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum bernama manajer investasi. Nantinya, dana tersebut diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

 

Baca Juga: Reksa Dana: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Risikonya

 

Cara Memilih Reksa Dana

 

Memilih reksa dana yang tepat merupakan langkah penting dalam merencanakan investasi Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memilih reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda:

 

  • Kenali Profil Risiko Anda

Sebelum memilih reksa dana, pertimbangkan terlebih dahulu profil risiko Anda. Apakah Anda seorang investor konservatif, moderat, atau agresif? Pahami toleransi risiko Anda dan tentukan seberapa besar Anda siap menanggung fluktuasi nilai investasi Anda.

 

  • Pilih Jenis Reksa Dana yang Sesuai

Ada berbagai jenis reksa dana, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga saham. Pilih jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi Anda. Misalnya, jika Anda memiliki toleransi risiko rendah, reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap mungkin menjadi pilihan yang lebih cocok.

 

  • Perhatikan Kinerja Historis

Tinjau kinerja historis reksa dana yang Anda pertimbangkan. Meskipun kinerja historis tidak menjamin hasil di masa depan, hal ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana reksa dana telah berkinerja dalam berbagai kondisi pasar.

 

  • Perhatikan Biaya

Kenali biaya-biaya yang terkait dengan investasi dalam reksa dana. Biaya-biaya ini dapat mencakup biaya manajemen, biaya penjualan (load fee), dan biaya lainnya. Pastikan untuk memahami bagaimana biaya-biaya ini dapat mempengaruhi hasil investasi Anda.

 

  • Periksa Portofolio Investasi

Teliti portofolio investasi dari reksa dana yang Anda pertimbangkan. Perhatikan alokasi aset, sektor, dan instrumen investasi yang dimiliki oleh reksa dana tersebut. Pastikan bahwa portofolio investasi tersebut sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko Anda.

 

  • Evaluasi Manajer Investasi

Manajer investasi memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja sebuah reksa dana. Teliti pengalaman, pendidikan, dan strategi investasi yang diterapkan oleh manajer investasi. Pastikan bahwa gaya dan filosofi investasi mereka sejalan dengan tujuan dan preferensi Anda.

 

  • Perhatikan Rating dan Reputasi

Tinjau rating dan reputasi reksa dana yang Anda pertimbangkan. Peringkat dari lembaga rating independen dan reputasi dari perusahaan pengelola reksa dana dapat memberikan wawasan tambahan tentang kualitas dan keandalan reksa dana tersebut.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

Saham Franchise, Alternatif Investasi Terbaik selain Reksa Dana

 

Instrumen investasi lain yang mampu keuntungan jangka panjang adalah saham franchise. Bayangkan, Anda bisa memiliki sebuah gerai brand yang bonafit dan berlokasi strategis, di mana banyak orang membeli beragam jenis barang dan makanan. Dijamin, keuntungannya berlipat ganda!

 

Hanya saja, harga saham franchise sangat mahal jika dibeli secara satuan. Solusinya, Anda bisa membelinya lewat skema urun dana dari platform securities crowdfunding.

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Investasi Sekarang dan #AmankanMasaDepanMu

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Kesimpulannya, memiliki passive income adalah hal vital yang harus Anda lakukan mulai sekarang. Dengan demikian, masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang!

 

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dalam memilih reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda. Ingatlah untuk selalu melakukan riset yang cermat dan berkonsultasi dengan profesional keuangan jika diperlukan sebelum membuat keputusan investasi.

111 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
20 Suka