01 March 2024
5 menit baca

10 Tips Liburan Hemat & Seru bersama Keluarga

5 menit baca

 

Tips Liburan bersama Keluarga

 

Liburan bersama keluarga adalah momen yang sangat dinantikan untuk bersenang-senang dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Namun, seringkali liburan dapat menjadi beban karena biaya yang harus dikeluarkan. Agar liburan tetap menyenangkan tanpa perlu menguras dompet, berikut adalah sederet tips liburan hemat dan seru bersama keluarga.

 

  • Pilih Destinasi Dekat

 

Liburan tidak selalu harus jauh untuk menyenangkan. Pilih destinasi liburan yang tidak terlalu jauh dari rumah, misalnya destinasi wisata yang berjarak beberapa jam perjalanan saja. Destinasi yang dekat biasanya lebih ekonomis karena biaya transportasi lebih terjangkau. Selain itu, liburan dekat juga mengurangi risiko kelelahan karena perjalanan yang terlalu panjang, terutama bagi anak-anak.

 

Destinasi dekat juga memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata lokal yang mungkin belum pernah dikunjungi sebelumnya. Anda bisa mencari tahu tentang destinasi wisata di sekitar kota atau kabupaten Anda yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

 

Baca Juga: Daftar Kuliner Khas Dieng Wonosobo, Wajib Dicoba!

 

  • Pilih Penginapan yang Ramah Keluarga

 

Saat memilih penginapan, pastikan untuk mencari yang ramah keluarga. Pilihlah penginapan yang menyediakan fasilitas untuk keluarga, seperti kamar keluarga atau villa dengan dapur. Fasilitas ini akan membantu menghemat biaya makan karena Anda dapat memasak sendiri makanan untuk keluarga.

 

Selain itu, dengan memilih penginapan yang ramah keluarga, Anda juga bisa mendapatkan suasana yang lebih intim dan nyaman. Anak-anak juga akan merasa lebih senang dan bebas bermain di tempat yang dirasa seperti rumah sendiri.

 

Baca Juga: Serunya Menginap di Bobocabin Dieng, Pesona di Kaki Gunung Prau

 

  • Pilih Waktu Liburan yang Tepat

 

Waktu liburan juga mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. Hindari liburan saat musim liburan sekolah atau saat liburan panjang. Pada saat-saat tersebut, biasanya harga akomodasi dan transportasi akan lebih tinggi dari biasanya karena permintaan yang tinggi.

 

Sebaliknya, pilihlah waktu liburan di luar musim liburan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Biasanya pada saat-saat seperti itu, harga-harga akan lebih rendah dan Anda bisa mendapatkan promo atau diskon dari hotel, maskapai penerbangan, atau tempat wisata.

 

  • Cari Promo dan Diskon

 

Sebelum berangkat, luangkan waktu untuk mencari promo dan diskon dari berbagai penyedia layanan, seperti maskapai penerbangan, hotel, dan tempat wisata. Promo dan diskon ini dapat membantu menghemat biaya liburan Anda. Pantau juga promo dari aplikasi perjalanan atau situs khusus promo liburan untuk mendapatkan penawaran terbaik.

 

Selain itu, Anda juga bisa mencari paket liburan yang sudah termasuk tiket pesawat, akomodasi, dan bahkan tiket masuk ke tempat wisata. Paket semacam ini biasanya lebih ekonomis dibandingkan dengan memesan secara terpisah.

 

Baca Juga: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

  • Bawa Bekal dan Air Minum

 

Agar lebih hemat, persiapkan bekal makanan ringan dan air minum dari rumah. Bawa bekal ini ketika bepergian sehingga tidak perlu membeli makanan di tempat wisata yang harganya biasanya lebih mahal. Selain itu, bawa juga botol minum untuk menghindari membeli air minum kemasan di tempat wisata.

 

Jika destinasi liburan Anda memungkinkan, Anda juga bisa memasukkan bekal makan siang yang lebih substansial, seperti nasi kotak atau sandwich. Dengan membawa bekal, Anda tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga dapat menikmati makanan yang lebih sehat dan sesuai dengan selera keluarga.

 

  • Gunakan Transportasi Umum

 

Saat berlibur di destinasi wisata, gunakan transportasi umum untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi umum, seperti bus atau kereta, biasanya lebih ekonomis dibandingkan dengan menggunakan taksi atau mobil sewaan. Selain itu, menggunakan transportasi umum juga dapat mengurangi stres karena tidak perlu mencari tempat parkir atau menghadapi kemacetan lalu lintas.

 

Jika destinasi wisata memerlukan mobil pribadi, pertimbangkan untuk menyewa mobil. Bandingkan harga sewa mobil dari beberapa perusahaan penyewaan dan pilihlah yang menawarkan harga terbaik. Pastikan juga untuk menghindari biaya tambahan yang tidak perlu, seperti asuransi tambahan yang mungkin sudah tercakup dalam kartu kredit Anda.

 

  • Rencanakan Itinerari dengan Matang

 

Sebelum berangkat, buatlah rencana perjalanan atau itinerari dengan matang. Rencanakan kegiatan atau tempat wisata yang ingin dikunjungi setiap harinya. Dengan merencanakan itinerary, Anda dapat menghindari pemborosan waktu dan biaya. Selain itu, dengan itinerary yang jelas, Anda juga bisa memaksimalkan waktu liburan Anda untuk menikmati semua kegiatan yang direncanakan.

 

Manfaatkan aplikasi perencana perjalanan atau situs web yang menyediakan informasi tentang tempat-tempat wisata, jam buka, harga tiket masuk, dan rute perjalanan. Dengan informasi yang lengkap, Anda dapat merencanakan perjalanan dengan lebih efisien dan menghindari kebingungan saat berada di lokasi.

 

  • Manfaatkan Tiket Masuk Paket

 

Jika ada tempat wisata yang menawarkan tiket masuk paket, manfaatkanlah. Tiket masuk paket biasanya lebih ekonomis daripada membeli tiket masuk secara terpisah. Selain itu, dengan membeli tiket masuk paket, Anda juga bisa mendapatkan akses ke beberapa tempat wisata sekaligus dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Sebelum membeli tiket masuk paket, pastikan untuk memeriksa apa saja yang termasuk dalam paket tersebut dan pastikan bahwa tempat-tempat wisata tersebut sesuai dengan minat dan kebutuhan keluarga Anda.

 

Baca Juga: 17 Tips Sukses dan Mapan Sebelum Usia 30 Tahun

 

  • Cari Aktivitas Gratis

 

Selama liburan, cari juga aktivitas atau tempat wisata yang tidak memerlukan biaya masuk atau memiliki biaya masuk yang sangat terjangkau. Misalnya, Anda bisa mengunjungi taman-taman kota, pantai, atau museum-museum yang memiliki hari-hari tertentu dengan harga tiket masuk gratis atau diskon.

 

Selain itu, carilah acara-acara atau festival lokal yang mungkin berlangsung selama Anda berlibur. Acara-acara semacam itu biasanya menawarkan hiburan gratis atau dengan biaya yang sangat terjangkau dan dapat menjadi pengalaman liburan yang berkesan untuk keluarga Anda.

 

  • Gunakan Poin Bizhare untuk Beli GarudaMiles

 

Tahukah Anda bahwa hanya dengan berinvestasi saja, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat gratis? Betul! Dengan melakukan investasi di platform securities crowdfunding Bizhare, Anda bisa mengumpulkan Poin Bizhare sebanyak-banyaknya. Nah, Poin tersebut nantinya bisa ditukarkan ke GarudaMiles. Dengan demikian, kesempatan Anda untuk dapat tiket pesawat gratis jadi sangat mungkin!

 

Sebagai informasi, program ini berhasil terselenggara berkat kerja sama Bizhare dengan UltraVoucher. Selain GarudaMiles, Poin Bizhare juga bisa ditukarkan ke voucher spesial berbagai merchant yang tersedia, mulai dari KFC, MAP, hingga CGV.

 

Baca Lengkap: Investasi di Bizhare Bisa Dapat GarudaMiles! Berikut Panduannya!

 

Sejauh ini, cara mendapatkan tiket pesawat murah atau bahkan gratis yang paling mungkin Anda lakukan adalah melakukan investasi saham atau sukuk di platform securities crowdfunding Bizhare. 

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dengan memanfaatkan tips-tips di atas, Anda dapat merencanakan liburan hemat dan seru bersama keluarga tanpa perlu merasa khawatir akan biaya yang besar. Selamat berlibur, Teman Bizharian!

 

Untuk panduan lebih lengkap tentang Poin Bizhare, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

289 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
91 Suka