21 February 2024
4 menit baca

Daftar Kuliner Khas Dieng Wonosobo, Wajib Dicoba!

4 menit baca

kuliner dieng

 

Dieng, sebuah dataran tinggi yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga dengan kuliner khasnya yang lezat dan unik. Berikut adalah daftar lengkap makanan dan oleh-oleh dari daerah Dieng, Wonosobo yang harus Anda coba.

 

Oleh-oleh Khas Dieng Wonosobo

 

Dieng menawarkan berbagai oleh-oleh tradisional yang memikat lidah wisatawan yang berkunjung dan tidak akan ditemukan di tempat lain. Berikut adalah beberapa kuliner oleh-oleh khas Dieng Wonosobo.

 

  • Kacang Dieng

Kacang Dieng, atau sering disebut sebagai “kacang babi” oleh penduduk setempat, merupakan oleh-oleh khas yang terkenal dari Dieng. Kacang ini digoreng dengan balutan tepung dan bumbu-bumbu yang membuatnya sangat lezat. Cocok sebagai oleh-oleh kering yang praktis dari Wonosobo.

 

  • Purwaceng

Tanaman purwaceng adalah salah satu oleh-oleh khas Dieng Wonosobo yang paling dicari. Alasannya, tanaman ini dipercaya sebagai obat herbal yang dapat menghangatkan tubuh dan menghilangkan pegal-pegal. Purwaceng juga dikenal sebagai “obat kuat tradisional” dan sering dipilih sebagai oleh-oleh khas dari Wonosobo.

 

  • Keripik Jamur

Wonosobo dikenal sebagai penghasil jamur, dan keripik jamur adalah salah satu oleh-oleh khasnya. Dibuat secara rumahan, keripik jamur dari Wonosobo memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari yang lain.

 

  • Sagon

Sagon, yang terbuat dari tepung sagu, kelapa parut, dan gula, adalah oleh-oleh khas yang sangat terkenal dari Wonosobo. Sagon dimasak dengan cara dibakar menggunakan arang atau kayu bakar, memberikan cita rasa yang unik dan lezat.

 

  • Opak Singkong

Opak singkong adalah olahan kerupuk tradisional dari Wonosobo yang dicampur dengan kucai dan garam. Rasanya yang asin dan gurih membuatnya menjadi pilihan oleh-oleh yang pas dari Wonosobo.

 

  • Carica

Carica adalah buah khas Dieng yang sering diolah menjadi manisan atau sirup. Mudah dibawa dan disukai banyak orang sebagai oleh-oleh khas dari Wonosobo.

 

  • Terong Belanda

Buah terong belanda adalah oleh-oleh khas lainnya dari Wonosobo yang sering dibawa oleh wisatawan. Selain bisa dibawa mentah, terong belanda juga diolah menjadi berbagai produk seperti sirup.

 

  • Dendeng Gepuk

Dendeng gepuk, yang terbuat dari daging sapi pilihan, merupakan oleh-oleh andalan Wonosobo yang lezat dan mudah ditemukan. Cocok disajikan dengan nasi dan sambal bajak.

 

  • Teh Tambi

Teh tambi merupakan produk teh unggulan dari Dieng yang ditanam di ketinggian 4500 kaki di atas laut. Bagi pecinta teh, teh tambi merupakan oleh-oleh yang harus dicoba saat berada di Wonosobo.

 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Dieng, Wajib Dikunjungi!

 

Makanan Khas Dieng

 

Dengan bumbu-bumbu tradisional yang khas dan cita rasa yang autentik, makanan khas Dieng telah memikat banyak lidah dan hati para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  • Mi Ongklok

Mi ongklok adalah salah satu jenis bakmi khas Wonosobo yang lezat. Biasanya dijual dalam bentuk mentah untuk dibawa pulang, mi ongklok menjadi oleh-oleh favorit dari Wonosobo.

 

  • Tempe Kemul

Tempe kemul adalah varian gorengan unik ala Wonosobo yang terbuat dari tempe, bumbu rempah-rempah, dan sayuran. Kuliner khas Dieng ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh dan camilan sehat.

 

  • Dendeng Gepuk

Salah satu makanan khas Dieng yang wajib dicoba adalah dendeng gepuk. Kuliner ini berupa daging gurih yang dipadukan dengan nasi putih hangat. Dagingnya empuk dan lembut, sehingga setiap gigitannya akan meleleh di mulut dan meninggalkan sensasi yang tak terlupakan.

 

  • Nasi Megono

Nasi megono terbuat dari potongan nangka muda dengan perpaduan parutan kelapa. Disajikan dengan nasi dan aneka lauk bakal membuat kuliner khas Dieng ini makin nikmat. Kombinasi rasa manis dari nangka dan kelapa serta rempah-rempah yang meresap membuat nasi megono menjadi sajian yang kaya akan cita rasa.

 

  • Soto Golak

Kuliner khas Dieng yang satu ini juga tak kalah lezatnya. Golak sendiri adalah jajanan dari singkong dan parutan kelapa. Kuah soto yang gurih dan hangat, disajikan dengan irisan singkong dan parutan kelapa, menciptakan paduan rasa yang unik dan menggugah selera.

 

  • Kue Pepe

Kue pepe adalah makanan manis yang terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan santan dan gula. Teksturnya lembut dan kenyal, dan rasanya manis gurih. Tak jarang, kuliner khas Dieng ini sering dijadikan dessert ataupun oleh-oleh yang dicari banyak orang.

 

Bingung Cari Tempat Menginap di Dieng? Bobocabin Dieng Saja!

 

Bobocabin adalah cabin hotel yang menggabungkan pengalaman glamping (glamour camping) di alam dengan sentuhan Internet of Things (IoT) berteknologi tinggi. Dengan kata lain, Bobocabin menjadi jawaban bagi Anda yang ingin berkemah di tengah hutan dengan mewah, nyaman,dan terkoneksi dengan teknologi terbaru.

 

Hingga kini, Bobocabin yang sudah berekspansi di belasan lokasi di seluruh Indonesia. Salah satunya yang paling baru adalah Bobocabin Dieng, yang terletak di Jalan Deles, Losari, Dieng, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.

 

Bobocabin Dieng tidak hanya menawarkan lokasi yang strategis, tetapi juga fasilitas penginapan yang memukau. Penginapan ini memiliki kurang lebih 30 kabin, yang terdiri dari 7 cabin executive dan 23 cabin deluxe. Setiap kabin telah dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemewahan bagi para tamu.

 

Tak hanya menginap, pengalaman di Bobocabin Dieng tidak lengkap tanpa mencicipi kegiatan menyenangkan lainnya. Anda dapat memesan api unggun atau fasilitas barbeque di teras kamar untuk menikmati momen berharga bersama keluarga atau teman. 

 

Kerennya lagi, Bobocabin Dieng berlokasi sangat strategis, berdekatan dengan berbagai tempat wisata yang ada di sekitar Dieng, Wonosobo. Dengan kata lain, Anda bisa mengeksplor kuliner khas Dieng sebebas mungkin.

 

Baca Juga: Serunya Menginap di Bobocabin Dieng, Pesona di Kaki Gunung Prau

 

Bobo di Bobocabin Milik Sendiri? Bisa, Yuk Investasi Saham Bobocabin Dieng di Bizhare Sekarang!

 

Pernahkah Anda membayangkan bisa menginap di kabin high-tech milik sendiri di tengah hutan? Yap, milik sendiri! Semuanya bisa diwujudkan melalui Bizhare. Bagaimana caranya?  

 

Saat ini, Bobocabin membuka penawaran saham melalui platform securities crowdfunding Bizhare untuk pembukaan cabang terbarunya di Dieng, Wonosobo. Menariknya, Anda bisa membeli saham bisnis tersebut dengan harga yang sangat terjangkau, yakni minimal Rp10 juta saja.

 

Idealnya, jika tertarik untuk berbisnis outlet atau franchise sendiri, seorang investor harus mengeluarkan dana pribadi hingga ratusan juta Rupiah. Tentu saja, tidak semua orang memiliki dana sebesar ini.

 

Bayangkan, hanya dengan nominal Rp10 juta, Anda sudah bisa memiliki satu cabang Bobocabin di kawasan wisata Dieng. Apalagi, Dieng menjadi salah satu destinasi alam dan budaya yang dikunjungi puluhan ribu wisatawan tiap bulan. 

 

Jadi tunggu apalagi, Teman Bizharian, segera #AmankanSahamBisnisMu dan dapatkan keuntungan maksimal dengan berbisnis Bobocabin! 

 

Klik info lengkapnya di button berikut.

 

Investasi Sekarang

143 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
33 Suka