04 July 2024
4 menit baca

Cara Blokir Pesan SMS Spam di HP Android dan iPhone

4 menit baca

Cara Blokir SMS Spam

 

Saat ini, SMS spam telah menjadi salah satu gangguan paling umum yang dialami pengguna ponsel. Pesan-pesan ini sering kali berisi penawaran yang tidak diinginkan, promosi, atau bahkan penipuan. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, penting bagi kita untuk mengetahui cara memblokir SMS dari nomor tidak dikenal di iPhone maupun Android seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, dan sebagainya.

 

Tentang SMS Spam

 

SMS spam adalah pesan teks yang dikirimkan tanpa persetujuan penerima, biasanya dengan tujuan pemasaran atau penipuan. Pesan-pesan ini dapat mengganggu dan bahkan berpotensi berbahaya jika berisi tautan phishing atau permintaan informasi pribadi. 

 

Pengirim SMS spam sering kali menggunakan teknik seperti pengiriman massal atau pemalsuan identitas untuk menyebarkan pesan mereka ke sejumlah besar penerima. Penggunaan SMS spam oleh perusahaan atau individu yang tidak bertanggung jawab sering kali bertujuan untuk mendapatkan keuntungan cepat, baik melalui penjualan langsung, pengumpulan data, atau aktivitas ilegal lainnya. 

 

Tak jarang, pesan-pesan yang dikirim juga berkutat pada aneka investasi bodong yang belakangan ini memakan korban di Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk melindungi diri kita sendiri dari ancaman ini.

 

Baca Juga: 5 Cara Cek Rekening Penipu, Dijamin Kredibel

 

Cara Blokir SMS Spam Tanpa Aplikasi

 

Pengguna ponsel, baik Android maupun iPhone, memiliki beberapa opsi untuk memblokir SMS spam. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk kedua jenis perangkat tersebut.

 

Bagi pengguna HP Android seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, dan sebagainya, berikut cara memblokir SMS spam dari nomor tidak dikenal:

 

  1. Buka aplikasi Pesan.
  2. Pilih pesan yang ingin diblokir.
  3. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas.
  4. Pilih “Blokir” atau “Tambahkan ke daftar spam“.
  5. Konfirmasikan pemblokiran dan pesan dari nomor tersebut tidak akan muncul lagi.

 

Sementara itu, bagi pengguna iPhone, berikut cara memblokir SMS spam dari nomor tidak dikenal:

 

  1. Buka aplikasi Pesan.
  2. Pilih pesan dari pengirim yang ingin diblokir.
  3. Ketuk nama atau nomor pengirim di bagian atas pesan.
  4. Pilih “Info” dan kemudian ketuk “Blokir Kontak“.
  5. Pesan dari nomor tersebut akan otomatis diblokir dan tidak akan muncul di inbox Anda.

 

Baca Juga: AWAS! Inilah 341 Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2024

 

Apa yang Kita Lakukan Saat Menerima SMS Spam?

 

Menerima SMS spam bisa menjadi pengalaman yang menjengkelkan, tetapi ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menangani situasi ini dengan efektif.

 

  • Jangan Balas Pesan SMS Spam!

Mengirim balasan ke SMS spam hanya akan mengonfirmasi bahwa nomor Anda aktif, yang bisa mengakibatkan lebih banyak spam di masa mendatang. Balasan Anda bisa saja memberikan informasi tambahan yang bisa dimanfaatkan oleh pengirim spam untuk lebih banyak penipuan.

 

  • Jangan Klik Tautan!

Tautan dalam SMS spam sering kali mengarah ke situs phishing atau malware. Jangan pernah mengklik tautan dari pengirim yang tidak dikenal. Mengklik tautan tersebut bisa mengakibatkan perangkat Anda terinfeksi malware yang berbahaya.

 

Baca Juga: Waspada Penipuan Investasi Skema Ponzi, Kenali Ciri-Cirinya & Cara Kerjanya

 

  • Blokir Pengirim!

Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya untuk memblokir nomor yang mengirim SMS spam. Dengan memblokir pengirim, Anda mencegah mereka mengirimkan pesan lebih lanjut di masa mendatang.

 

  • Laporkan ke Otoritas yang Berwenang

Beberapa negara memiliki badan yang menangani masalah spam. Laporkan SMS spam ke otoritas yang berwenang untuk membantu mencegah penyebarannya. Di Indonesia, Anda bisa melaporkan SMS spam ke Kemenkominfo melalui website resmi https://layanan.kominfo.go.id/ atau nomor pelaporan 159.

 

Baca Juga: Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali

 

Mengapa SMS Spam Berbahaya?

 

SMS spam yang berasal dari nomor tidak dikenal bisa berbahaya, baik bagi data diri maupun perangkat pribadi Anda. Berikut ulasannya!

 

  • Rawan Penipuan

Banyak SMS spam berisi tautan yang mengarahkan pengguna ke situs phishing yang mencoba mencuri informasi pribadi atau keuangan. Penipuan semacam ini sering kali terlihat sangat meyakinkan dan bisa menipu pengguna yang tidak berhati-hati.

 

  • Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Terus-menerus menerima pesan yang tidak diinginkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pengguna mungkin merasa terganggu atau stres akibat banyaknya pesan spam yang diterima.

 

  • Sedot Biaya 

Beberapa SMS spam mungkin menyebabkan biaya tambahan jika pengguna tanpa sengaja membalas atau mengklik tautan yang ada di dalamnya. Beberapa pesan spam juga bisa mengarahkan pengguna ke layanan berbayar yang tidak diinginkan.

 

  • Ancam Keamanan Data

Informasi pribadi yang dimasukkan melalui tautan phishing bisa digunakan oleh penipu untuk berbagai kegiatan ilegal. Data yang dicuri bisa digunakan untuk pencurian identitas atau akses tidak sah ke akun keuangan.

 

Baca Juga: Apa itu Binary Option? Waspadai dan Simak Penjelasan Lengkapnya!

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam aneka bisnis franchise dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang terverifikasi dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

112 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
17 Suka