01 March 2024
5 menit baca

Waspada Quishing, Phishing Melalui QR Code

5 menit baca

quishing adalah

 

Dalam era digital yang terus berkembang, keamanan menjadi aspek krusial yang harus dijaga. Salah satu ancaman terbaru yang patut diwaspadai adalah quishing. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai apa itu quishing, serta bagaimana kita dapat melindungi diri dari serangan ini.

 

Apa itu Quishing?

 

Quishing adalah bentuk serangan siber di mana penipu mencoba mengecoh dan memanipulasi individu untuk memindai QR code yang sebenarnya merujuk ke situs atau aplikasi berbahaya. Setelah dipindai, korban dapat diminta untuk memberikan informasi pribadi atau diarahkan ke halaman web yang dapat membahayakan keamanan mereka.

 

Baca Juga: Cyber Threat: Pengertian, Jenis Ancaman, & Cara Mengatasinya

 

Bagaimana Quishing Bekerja?

 

Penipu menciptakan QR code palsu dan menyebarkannya melalui pesan, email, atau media sosial. QR code ini seringkali terlihat sah, mengarahkan korban ke situs palsu yang dirancang untuk mencuri informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau data pribadi lainnya. Berikut ulasan lengkapnya.

 

  • Pembuatan QR Code Palsu

Penipu membuat QR code palsu yang seringkali terlihat sah dan meyakinkan. QR code tersebut dapat dihasilkan untuk mengarahkan korban ke situs palsu atau aplikasi yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi atau keuangan.

 

  • Penyebaran Melalui Pesan atau Media Sosial

QR code palsu dapat disebarkan melalui pesan teks, surel, atau platform media sosial. Penipu sering menggunakan teknik penipuan, menyajikan QR code dengan tawaran atau informasi yang menarik agar korban tertarik untuk memindainya.

 

  • Pemanfaatan QR Code untuk Penipuan

Setelah korban memindai QR code, mereka mungkin diarahkan ke situs web atau aplikasi palsu yang dapat meminta informasi sensitif, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau data pribadi lainnya. QR code juga dapat digunakan untuk menginstal malware atau virus pada perangkat korban.

 

  • Penggunaan Tautan Pendek

Penipu sering menggunakan tautan pendek atau QR code untuk menyembunyikan tujuan sebenarnya. Hal ini membuat korban sulit untuk memverifikasi keaslian QR code sebelum memindainya.

 

  • Pengelabuhan Keamanan QR Code

Beberapa penipu quishing dapat menciptakan QR code dengan tampilan yang menipu, memanfaatkan desain mirip dengan QR code resmi dari perusahaan atau organisasi tertentu.

 

  • Pencurian Informasi Pribadi

Setelah mendapatkan akses ke informasi korban, penipu dapat menggunakan data tersebut untuk melakukan penipuan, pencurian identitas, atau kegiatan kriminal lainnya.

 

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Platform Investasi yang Aman dan Transparan

 

Langkah-langkah untuk Melindungi Diri dari Quishing

 

Langkah-langkah untuk Melindungi Diri dari Quishing Melalui QR Code

Quishing melalui QR code menjadi ancaman serius di era digital saat ini. Untuk melindungi diri dari potensi penipuan dan kehilangan informasi pribadi, berikut adalah beberapa langkah-langkah yang dapat diambil:

 

  • Verifikasi Sumber QR Code

Sebelum memindai QR code, pastikan bahwa itu berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Hindari memindai QR code yang diterima dari pesan atau email yang mencurigakan.

 

  • Gunakan Aplikasi Keamanan

Instal aplikasi keamanan yang dapat memeriksa dan memverifikasi QR code sebelum memindainya. Aplikasi ini dapat membantu mengurangi risiko terpapar pada QR code palsu dan memberikan peringatan jika terdeteksi potensi ancaman.

 

  • Hindari Tautan Pendek yang Tidak Dikenal

Waspadai tautan pendek atau QR code yang ditemukan di pesan, surel, atau media sosial yang tidak dapat diverifikasi. Penipu sering menggunakan taktik ini untuk menyembunyikan tujuan sebenarnya dari QR code.

 

  • Perbarui Aplikasi Pemindai QR Code

Pastikan bahwa aplikasi pemindai QR code di perangkat Anda selalu diperbarui. Pembaruan tersebut mungkin mencakup peningkatan keamanan dan deteksi terhadap QR code palsu.

 

  • Perhatikan Desain QR Code

Pelajari desain QR code yang umum digunakan oleh perusahaan atau organisasi resmi. Jika QR code terlihat mencurigakan atau berbeda dari yang biasanya, waspadalah terhadap potensi penipuan.

 

  • Educate Yourself

Tingkatkan pemahaman Anda tentang cara kerja quishing melalui QR code. Kenali ciri-ciri QR code palsu dan terapkan kehati-hatian ekstra ketika memindainya.

 

  • Berbagi Informasi dengan Bijak

Hindari membagikan QR code pribadi atau mengandung informasi sensitif secara sembarangan. Pastikan untuk hanya memindai QR code dari sumber yang dapat dipercaya.

 

  • Aktifkan Peringatan Saat Memindai QR Code

Aktifkan peringatan pada aplikasi pemindai QR code untuk memberi tahu Anda jika QR code yang akan dipindai mencurigakan atau berpotensi berbahaya.

 

Quishing melalui QR code menjadi ancaman nyata di era digital saat ini. Dengan memahami cara kerja serangan ini dan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat melindungi diri dari potensi penipuan dan kehilangan informasi pribadi. Kewaspadaan dan edukasi diri menjadi kunci utama dalam menjaga keamanan digital kita.

 

Baca Juga: Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali

 

Ancaman Quishing terhadap Platform Investasi

 

Quishing dapat menjadi ancaman serius dalam investasi karena. Alasannya, quishing dapat digunakan untuk menyasar investor, lalu mengarahkannya ke situs palsu atau aplikasi yang meniru platform investasi yang sah. 

 

Penipu dapat menggunakan QR code palsu untuk mengarahkan investor ke situs phishing yang dirancang untuk mencuri informasi keuangan sensitif, seperti informasi login atau detail kartu kredit. Setelah mendapatkan akses ke informasi tersebut, penipu dapat melakukan pencurian identitas atau mengakses akun investasi korban untuk mencuri dana atau melakukan transaksi ilegal.

 

Selain itu, quishing juga dapat digunakan untuk mengecoh investor dengan menawarkan kesempatan investasi palsu atau skema ponzi yang tidak sah. Investor yang tidak waspada atau kurang berpengalaman dapat terjebak dalam penipuan ini dan kehilangan uang mereka.

 

Oleh karena itu, penting bagi investor untuk selalu waspada terhadap teknik quishing dan mengikuti praktik keamanan cyber yang baik, seperti memverifikasi keaslian QR code sebelum memindainya, tidak memberikan informasi pribadi atau keuangan kepada pihak yang tidak dikenal, dan menggunakan platform investasi yang terpercaya dan aman. Dengan demikian, mereka dapat melindungi diri mereka dari potensi kerugian finansial dan penipuan dalam investasi.

 

Baca Juga: AWAS! Inilah 341 Daftar Pinjol Ilegal Terbaru Januari 2024

 

Bizhare, Platform Investasi yang Transparan dan Aman

 

Sebagai langkah preventif terhadap ancaman quishing dalam investasi, penting bagi para investor untuk memilih platform investasi yang terpercaya dan aman. Salah satu contoh platform investasi yang telah terbukti transparan, aman, dan tepercaya adalah Bizhare

 

  • Terdaftar Resmi di OJK

Bizhare telah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding dengan Nomor SK: 38/D.04/2021. Ini menegaskan bahwa Bizhare adalah platform urun dana yang legal dan diawasi oleh otoritas yang berwenang.

 

  • Keamanan Data Dijamin Berkat Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013

Bizhare telah mengaudit sistem keamanan datanya dan mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), yang merupakan auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Ini menunjukkan komitmen Bizhare untuk menjaga keamanan informasi, termasuk data pribadi pengguna aplikasi Bizhare. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa data pengguna aman dan tidak akan bocor.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan menjadi platform yang tepercaya, Bizhare membantu para investor untuk berinvestasi dengan lebih percaya diri dan meminimalkan risiko penipuan atau kehilangan dana, khususnya akibat serangan quishing atau praktik penipuan lainnya.

 

Dengan menjadikan Bizhare platform investasi, para investor dapat merasa lebih aman dan yakin bahwa investasi mereka berada dalam lingkungan yang terlindungi dan terjamin. Ini merupakan langkah yang cerdas untuk melindungi diri dari potensi kerugian finansial akibat serangan siber seperti quishing, sambil tetap memanfaatkan peluang investasi yang dapat menghasilkan keuntungan yang menguntungkan.

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

506 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
90 Suka