11 October 2023
6 menit baca

25 Cara Dapat Penghasilan Tambahan, Auto Cuan!

6 menit baca

cara dapat penghasilan tambahan

 

Apakah Anda sedang mencari cara untuk dapat penghasilan tambahan? Jangan khawatir, di artikel ini, Anda akan mendapatkan sederet inspirasi pekerjaan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Panduan ini berlaku bagi mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga.

 

Penghasilan Tambahan dari HP

 

Tahukah Anda bahwa hanya bermodalkan HP, Anda sudah bisa mendapatkan uang tambahan? Dengan demikian, Anda tidak perlu susah-susah keluar rumah. Berikut daftarnya!

 

  • Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah cara untuk menghasilkan uang dengan mempromosikan produk orang lain. Nantinya, seseorang bisa bergabung dengan program afiliasi dari berbagai perusahaan. Makin banyak yang mengeklik dan membeli produk lewat tautan yang diberikan, makin banyak pula komisi yang bisa diterima.

 

Baca Juga: Bisnis Afiliasi: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan dari Internet

 

  • Mengisi Survei Online

Banyak perusahaan yang membuka survei online untuk mengumpulkan data dari konsumennya. Tak jarang, mereka menawarkan imbalan berupa pulsa ataupun uang tunai bagi siapapun yang mau mengisinya. Ini bisa jadi kesempatan emas bagi Anda yang membutuhkan penghasilan tambahan.

 

  • Baca Artikel di Aplikasi Penghasil Uang

Ada beberapa aplikasi penghasil uang yang akan memberikan penggunanya fee jika mau melakukan beberapa tugas, salah satunya adalah membaca artikel. Makin banyak artikel yang Anda baca, makin banyak pula fee yang bisa dikantongi.

 

  • Jadi Influencer

Ketika menjadi influencer, Anda bisa rajin-rajin mengunggah konten yang sesuai dengan minat atau passion Anda hanya dari HP. Jika nama Anda sudah besar, Anda bisa menjalin kerja sama dengan berbagai brand ternama dan mengerjakan jasa endorsement. Penghasilannya lumayan, loh, bahkan bisa mencapai jutaan Rupiah!

 

  • Jualan Pulsa

Untuk memulai usaha jualan pulsa, seseorang dapat mendaftar sebagai agen atau reseller dari provider telekomunikasi yang sudah terdaftar. Anda dapat menjual pulsa atau paket data kepada pelanggan dengan harga yang ditentukan sendiri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

 

Penghasilan Tambahan dari Internet

 

Seiring berkembangnya zaman, berbagai macam pekerjaan ringan bisa ditemukan secara online. Bayarannya pun juga tidak sedikit. Berikut daftarnya!

 

  • Freelancer Writer 

Anda suka menulis? Nah, Anda bisa menjadikan hobi ini sebagai ladang uang dengan menjadi freelance writer. Menulis lepas menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Bahkan, kini banyak perusahaan yang mencari jasa penulisan dengan menggunakan teknik SEO. Bayarannya cukup mahal, loh!

 

  • Online Teaching

Online teaching atau bimbingan online menjadi semakin populer belakangan ini. Alasannya karena kepraktisan dan fleksibilitas yang dimilikinya. Seorang tutor tidak perlu pergi ke tempat mengajar jauh-jauh karena bisa dilakukan daring. Ada beberapa jenis bimbingan online, seperti tutoring, coaching, dan kursus privat.

 

  • Content Creator

Punya passion di dunia kreatif dan suka tampil di depan kamera? Anda bisa mencoba menjadi content creator untuk berbagai media sosial, mulai dari Instagram, TikTok, hingga YouTube. Penghasilan yang didapat sangat bergantung pada viewers konten, adsense, hingga endorsement produk.

 

  • Menjadi Seorang Online Trader

Menjadi online trader adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Nantinya, seseorang membeli dan menjual instrumen keuangan seperti saham, forex, atau komoditas. Transaksinya dapat dilakukan secara cepat dan mudah melalui platform trading online yang disediakan oleh broker.

 

Baca Juga: Perbedaan Investasi dan Trading, Apa Saja?

 

  • Menulis eBook

Anda juga bisa mulai menulis buku elektronik atau ebook, di mana hasil penjualan atau readers bisa menambah uang saku Anda. Untuk menjadi penulis ebook, tukan topik atau niche yang ingin ditulis. Pilihlah topik yang sesuai dengan minat atau keahlian Anda. Setelah itu, mulailah meriset dan menulis semuanya ke dalam bentuk buku.

Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

 

Anda karyawan yang ingin mendapat penghasilan tambahan? Bisa banget! Cara ini sering dipakai untuk memulai karier sebagai wirausaha. Berikut daftarnya!

 

  • Bisnis Reseller

Bagi Anda yang tertarik mencari penghasilan tambahan, menjadi reseller adalah opsi terbaik. Usaha ini cocok bagi karyawan yang memiliki waktu luang setelah bekerja. Anda dapat menjual produk-produk tertentu seperti fashion, peralatan makeup, hingga merchandise pop idol. Bisnis online juga dapat dilakukan dari rumah sehingga lebih fleksibel dengan jadwal kerja.

 

  • Usaha Dropshipping

Dropshipping adalah salah satu usaha sampingan online yang sedang populer. Konsepnya sangat sederhana, yaitu menjual produk tanpa harus membeli dan menyimpan stok barang terlebih dahulu. Dalam bisnis dropshipping, Anda hanya perlu mencari supplier yang bersedia mengirimkan produk langsung ke pelanggan Anda.

 

  • Jasa Financial Advisor

Karyawan yang ahli di bidang keuangan dapat membuka bisnis jasa financial advisor. Anda dapat memandu klien dalam pengelolaan keuangan dan investasi agar tujuan finansialnya tercapai. Modal yang dikeluarkan pun kecil. Cukup perbanyak wawasan dan pengalaman di bidang investasi dan finansial.

 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat Sesuai Kebutuhan

 

  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Punya keahlian di bidang programming? Anda bisa membuka jasa programming dan pembuatan aplikasi dengan biaya yang kompetitif. Apalagi, jasa ini sedang on-demand di mana-mana, sehingga fee yang didapat bisa lebih besar.

 

  • Agen Asuransi

Pernah terpikir untuk menjadikan agen asuransi sebagai profesi sampingan? Bisa, loh! Saat ini, banyak karyawan swasta yang juga bekerja sebagai agen asuransi. Alasannya, bisnis ini tidak mengikat, tidak butuh modal, namun memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam program asuransi. 

 

Penghasilan Tambahan untuk Ibu Rumah Tangga

 

Para ibu rumah tangga juga bisa menambah penghasilan lewat serangkaian kegiatan produktif. Berikut daftar lengkapnya!

 

  • Jasa Katering

Jika Anda mempunyai keahlian memasak, membuka bisnis katering sangat cocok untuk dijalani. Anda dapat menawarkan jasa tata boga untuk acara-acara kecil seperti ulang tahun, pernikahan, atau acara kantor. Bisnis ini dapat dikerjakan di rumah atau menyewa tempat memasak.

 

  • Translator atau Penerjemah Bahasa Asing

Menjadi translator atau penerjemah bahasa asing sangat cocok digeluti orang-orang yang sudah memiliki keahlian khusus dalam bidang bahasa. Jangan salah, fee yang didapat cukup tinggi, loh. Anda bisa memulai pekerjaan ini dengan menerjemahkan artikel penelitian atau ikut dalam freelance project.

 

  • Virtual Assistant

Sebagai seorang virtual assistant, Anda akan membantu orang atau bisnis dalam menyelesaikan tugas-tugas administratif atau operasional. Berbagai tugas tersebut bisa berupa pengaturan jadwal, penulisan email, atau pengelolaan data.

 

  • Admin Media Sosial

Sebagai admin media sosial, Anda bertanggung jawab dalam mengelola dan mengoptimalkan aktivitas media sosial untuk merek atau perusahaan. Keuntungannya adalah mampu menjangkau audiens yang lebih luas melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. 

 

  • Buka Toko Kelontong

 

Toko kelontong menjadi salah satu bisnis offline yang masih bertahan di tengah era digitalisasi seperti sekarang. Bisnis ini juga paling mudah balik modal karena biasanya, orang-orang akan lebih memilih membeli dari toko kelontong daripada harus pergi jauh-jauh ke supermarket.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2023

 

Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa

 

Biasanya, para pelajar atau mahasiswa mencari penghasilan tambahan untuk menambah uang saku. Berikut beberapa opsi yang bisa diprospek.

 

  • Jasa Pengetikan

Bisnis modal kecil khusus pemula ini sangat cocok untuk pelajar atau mahasiswa yang terampil mengetik dan memiliki waktu luang. Anda dapat menawarkan jasa pengetikan untuk tugas-tugas sekolah atau kuliah, tugas akhir, skripsi, atau makalah lainnya. Bisnis ini cukup mudah dijalankan karena hanya membutuhkan laptop atau komputer serta keahlian mengetik yang baik.

 

  • Jualan Online

Jualan online merupakan bisnis yang sedang tren saat ini. Pelajar/mahasiswa dapat menjual produk-produk yang diminati oleh teman-temannya seperti baju, aksesoris, atau produk digital seperti ebook atau video tutorial. Anda dapat menggunakan platform jual-beli online seperti Shopee atau Tokopedia untuk memulai bisnis ini.

 

  • Jasa Desain Grafis

Pelajar/mahasiswa yang memiliki kemampuan desain grafis dapat membuka layanan desain grafis untuk mendapatkan uang saku tambahan. Anda dapat menawarkan jasa desain logo, kartu nama, poster, atau desain lainnya. Bisnis ini cocok bagi mereka yang ingin mengasah kemampuan desain grafis dan dapat dilakukan di waktu luang.

 

  • Bisnis Fotografi

Bisnis fotografi sangat cocok bagi pelajar/mahasiswa yang menyukai fotografi dan mempunyai kamera. Anda dapat menawarkan jasa fotografi untuk acara-acara kecil seperti ulang tahun, wisuda, atau prewedding. Bisnis ini juga cocok untuk mengembangkan kemampuan fotografi dan dapat menjadi karir yang menjanjikan di masa depan. 

 

  • Jasa Private Tutor

Pelajar atau mahasiswa yang pandai dalam beberapa mata pelajaran dapat mencari penghasilan tambahan dengan membuka layanan private tutor. Anda dapat menawarkan jasa les privat untuk mata pelajaran tertentu seperti matematika, fisika, atau bahasa Inggris. Bisnis ini cocok bagi mereka yang ingin mengasah kemampuan mengajar dan mempunyai waktu luang yang cukup.

 

Baca Juga: 10 Bisnis Modal Kecil bagi Mahasiswa dan Karyawan, Untung Besar!

 

Penghasilan Tambahan dengan Berinvestasi Crowdfunding di Bizhare

 

Tahukah jika Anda bisa memiliki franchise secara online? Betul! Dengan berinvestasi melalui platform securities crowdfunding Bizhare, Anda sudah memiliki franchise impian dengan modal mulai dari Rp1 juta saja. Tinggal install aplikasinya di HP, isi biodata diri, lalu tinggal investasikan dana ke franchise pilihan Anda.

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Crowdfunding sendiri merupakan sistem di mana para investor dapat memberikan dukungan keuangan untuk sebuah proyek atau bisnis melalui internet secara patungan. Tak heran, banyak yang memilih skema investasi tersebut karena tak perlu mengeluarkan modal besar. 

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis franchise pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini

1617 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
173 Suka