26 April 2023
3 menit baca

10 Bisnis Modal Kecil bagi Mahasiswa dan Karyawan, Untung Besar!

3 menit baca

 

Anda mahasiswa atau karyawan yang ingin membuka bisnis modal kecil? Bisa banget! Cara ini sering dipakai untuk memulai karier sebagai wirausaha sambil mendapatkan penghasilan tambahan. Tentu, bisnis yang dibuka harus menyesuaikan dengan budget serta kemampuan yang dimiliki.

 

Bisnis Modal Kecil untuk Pelajar atau Mahasiswa

 

Biasanya, para pelajar atau mahasiswa membuka bisnis kecil-kecilan untuk menambah uang saku. Karena mereka belum memiliki penghasilan tetap, maka membuka bisnis modal kecil jadi satu-satunya pilihan. Berikut beberapa bisnis yang bisa diprospek.

 

  • Jasa Pengetikan

Bisnis modal kecil khusus pemula ini sangat cocok untuk pelajar atau mahasiswa yang terampil mengetik dan memiliki waktu luang. Anda dapat menawarkan jasa pengetikan untuk tugas-tugas sekolah atau kuliah, tugas akhir, skripsi, atau makalah lainnya. Bisnis ini cukup mudah dijalankan karena hanya membutuhkan laptop atau komputer serta keahlian mengetik yang baik.

 

  • Jualan Online

Jualan online merupakan bisnis yang sedang tren saat ini. Pelajar/mahasiswa dapat menjual produk-produk yang diminati oleh teman-temannya seperti baju, aksesoris, atau produk digital seperti ebook atau video tutorial. Anda dapat menggunakan platform jual-beli online seperti Shopee atau Tokopedia untuk memulai bisnis ini.

 

  • Jasa Desain Grafis

Pelajar/mahasiswa yang memiliki kemampuan desain grafis dapat membuka bisnis jasa desain grafis. Anda dapat menawarkan jasa desain logo, kartu nama, poster, atau desain lainnya. Bisnis ini cocok bagi mereka yang ingin mengasah kemampuan desain grafis dan dapat dilakukan di waktu luang.

 

  • Bisnis Fotografi

Bisnis fotografi sangat cocok bagi pelajar/mahasiswa yang menyukai fotografi dan mempunyai kamera. Anda dapat menawarkan jasa fotografi untuk acara-acara kecil seperti ulang tahun, wisuda, atau prewedding. Bisnis ini juga cocok untuk mengembangkan kemampuan fotografi dan dapat menjadi karir yang menjanjikan di masa depan.

 

  • Jasa Private Tutor

Pelajar atau mahasiswa yang pandai dalam beberapa mata pelajaran dapat membuka bisnis jasa private tutor. Anda dapat menawarkan jasa les privat untuk mata pelajaran tertentu seperti matematika, fisika, atau bahasa Inggris. Bisnis ini cocok bagi mereka yang ingin mengasah kemampuan mengajar dan mempunyai waktu luang yang cukup.

 

Bisnis Modal Kecil untuk Karyawan

 

Tak hanya pelajar atau mahasiswa, bisnis modal kecil juga biasa dilakukan oleh para karyawan. Biasanya, mereka membuka bisnis tersebut untuk berbagai keperluan, mulai dari mencari pemasukan tambahan hingga menjadi sarana investasi yang menjanjikan. Berikut daftarnya!

 

  • Bisnis Reseller

Bisnis modal kecil pertama yang bisa Anda coba adalah reseller. Usaha ini cocok bagi karyawan yang memiliki waktu luang setelah bekerja. Anda dapat menjual produk-produk tertentu seperti fashion, peralatan makeup, hingga merchandise pop idol. Bisnis online juga dapat dilakukan dari rumah sehingga lebih fleksibel dengan jadwal kerja.

 

  • Jasa Financial Advisor

Karyawan yang ahli di bidang keuangan dapat membuka bisnis jasa financial advisor. Anda dapat memandu klien dalam pengelolaan keuangan dan investasi agar tujuan finansialnya tercapai. Modal yang dikeluarkan pun kecil. Cukup perbanyak wawasan dan pengalaman di bidang investasi dan finansial.

 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat Sesuai Kebutuhan

 

  • Jasa Katering

Jika Anda mempunyai keahlian memasak, membuka bisnis katering sangat cocok untuk dijalani. Anda dapat menawarkan jasa tata boga untuk acara-acara kecil seperti ulang tahun, pernikahan, atau acara kantor. Bisnis ini dapat dikerjakan di rumah atau menyewa tempat memasak.

 

  • Bisnis Franchise

Bisnis franchise sangat cocok untuk karyawan yang ingin membuka usaha tetapi tidak ingin memulainya dari awal. Anda dapat memilih bisnis franchise yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Biasanya bisnis telah memiliki nama besar sehingga memudahkan dalam pemasaran produk.

 

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise di Bawah Rp5 Juta, Auto Cuan!

 

  • Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi adalah suatu model bisnis di mana Anda bekerja sama dengan perusahaan atau penjual untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Nantinya, Anda akan diberikan tautan afiliasi berupa kode referral. Setiap kali ada seseorang yang melakukan pembelian melalui tautan afiliasi tersebut, maka Anda akan mendapatkan fee atau komisi.

 

Baca Juga: Bisnis Afiliasi: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan dari Internet

 

Investasi Bisnis Modal Kecil di Bizhare

 

Selain membuka bisnis sampingan, ternyata Anda juga bisa menginvestasikan dana pada berbagai platform crowdfunding atau urun dana. Modal yang dikeluarkan pun sangat kecil sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

 

Nah, salah satu platform investasi urun dana terbaik yang bisa Anda coba adalah Bizhare. Berdiri sejak tahun 2018, Bizhare berkomitmen untuk menjadi platform securities crowdfunding terkemuka di Indonesia. 

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis UMKM pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini.  

867 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
233 Suka